3 Cara Menghasilkan Uang dari Media Sosial, Wajib Coba!

  • 2 min read
  • Jan 22, 2021
Cara Menghasilkan Uang

Mungkin beberapa tahun lalu media sosial hanya digunakan untuk melakukan update, menemukan teman, berkomunikasi dengan orang di jarak yang jauh, dan lain sebagainya. Namun perkembangan zaman membuat fungsi media sosial berganti. Saat ini makin banyak hal yang bisa dilakukan di media sosial atau internet, salah satunya untuk mendapatkan uang sebagai penghasilan tambahan bahkan penghasilan utama.

Namun perlu diingat jika ingin mencari uang di media sosial, sebaiknya berhati-hati dan menentukan platform yang tepat serta terpercaya untuk digunakan. Sebab saat ini juga banyak beredar penipuan online yang mengincar orang yang memiliki pengetahuan minim soal media sosial.

Cara Mendapatkan Uang dari Media Sosial

Dirangkum dari Donabisnis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari media sosial, seperti YouTube, Instagram, WhatsApp, Facebook, Telegram, Twitter, LinkedIm, Line, dan masih banyak lagi. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Jual Barang Online

Mungkin Anda memiliki barang yang sudah tua dan tidak terpakai di rumah, barang-barang yang unik atau barang baru beli yang tidak jadi dipakai. Kenapa tidak dijual saja di media sosial?
Anda bisa menjual barang-barang tersebut ke teman terdekat Anda di media sosial ataupun mengunggahnya agar para followers tahu bahwa Anda tengah menjajakan barang bekas. Selain itu, Anda juga bisa menawarkannya di forum-forum jual beli di media sosial.

Tidak hanya menjual barang bekas, di media sosial Anda juga bisa menjual makanan atau minuman yang tahan lama supaya tidak basi ketika dikirim di perjalanan melalui kurir.

2. Menyewakan Barang

Selai menjual barang secara online, Anda juga bisa menyewakan barang untuk menjadi peluang menambah penghasilan melalui media sosial. Barang yang disewakan bisa berupa mobil, gaun pesta, kamera, barang-barang rumah tangga, dan lainnya.

Namun ingat ketika menyewakan barang melalui media sosial, pastikan Anda telah membuat peraturan yang tegas. Termasuk denda ketika orang tersebut terlambat mengembalikan barang, jangan lupa minta data diri lengkap si peminjam agar mudah dilacak.

3. Endorse Produk

Kamu tahu selebgram, bukan? Mereka bisa menghasilkan banyak uang hanya dengan memposting foto saja, tertarik untuk mencoba seperti mereka? Sangat mudah, syaratnya hanya memiliki banyak followers!

Para influencer atau selebgram ini biasanya meng-endorse produk dengan cara memposting foto atau video sesuai kesepakatan. Hal ini bisa Anda praktekkan di YouTube, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Namun perlu diingat biasanya pengiklan akan memilih konten media sosial yang relevan dengan produk mereka. Misalnya akun media sosial Anda bertema beauty vlogger, maka pengiklan produk kecantikan yang akan menawarkan diri, kemudian jika media sosial Anda bertema food vlogger, maka pengiklan makanan dan restoran yang akan datang pertama kali.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang melalui media sosial. Ingat, ketika ingin menghasilkan uang dari media sosial, satu catatan penting yang harus ditanamkan dalam jiwa adalah konsisten.

Entah ingin menjual produk, menyewakan produk, atau meningkatkan followers agar bisa endorse produk, Anda harus melakukannya secara konsisten. Jangan menyerah dan bahkan berhenti di tengah jalan ketika usaha yang dilakukan belum membuahkan hasil.

Ini juga kadang yang menjadi hambatan bagi orang-orang yang ingin sukses melalui media sosial. Ketidakkonsistenan kerap membuat orang tidak mencapai keberhasilan meski itu sudah di depan mata.

Sekian pembahasan singkat mengenai cara mendapatkan uang dari media sosial, semoga bermanfaat, ya!