4 Cara Hemat Pulsa dan Internet Ketika Pandemi

  • 2 min read
  • Oct 27, 2020
Cara Hemat Pulsa dan Internet

4 Cara Hemat Pulsa dan Internet Ketika Pandemi! Pandemi memang mau tidak mau memaksa kita untuk tetap berada di rumah. Adakalanya ini adalah waktu yang menguntungkan, sebab dengan ini Anda miliki lebih banyak waktu bersama keluarga. Namun, bukan berarti kondisi ini sepenuhnya menguntungkan. Sebab pada kenyataannya, berlama-lama di rumah dengan kegiatan dan bertemu orang yang itu-itu saja juga membosankan.

Gawai, internet, dan sosial media adalah tiga diantara sekian pelarian yang paling banyak digunakan orang orang dewasa ini. Sebab dengan media tersebutlah, kita masih bisa terhubung dengan dunia luar yang bahkan tidak bisa diakses. Berselancar di dunia maya, atau streaming drama menjadi kegiatan yang menyenangkan, meski pun boros kuota. Sehingga kondisi ini membuat kita sesering mungkin lakukan cek kuota dan cari cara cek nomor hp di jalantikus.

4 Cara Hemat Pulsa dan Internet Ketika Pandemi

Tidak ada yang menyalahkan kita melakukan berbagai hal untuk menyenangkan diri. Namun, di tengah pandemi yang entah kapan berakhir ini, akan lebih baik jika kita menyisakan cukup uang untuk keperluan lain. Nah, salah satu caranya ialah dengan menghemat pulsa dan kuota data. Berikut ini adalah beberapa cara hemat pulsa dan internet ketika pandemi.

Gunakan aplikasi versi lite

Cara pertama yakni dengan menggunakan aplikasi versi lite. Selain menghemat penyimpanan, aplikasi versi mini ini akan menghemat penggunaan data. Karenanya, bagi Anda yang gemar berselancar di dunia maya, ada baiknya Anda mengganti beberapa aplikasi yang menyedot data besar. seperti Instagram, Twitter, Facebook, Messenger, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, secara tidak langsung Anda telah lakukan penghematan internet.

Gunakan mode offline agar lebih hemat

Cara hemat pulsa dan internet ketika pandemi berikutnya adalah dengan gunakan mode offline. Cara ini akan sangat membantu bagi Anda yang gemar menonton film maupun video-video di Youtube. Anda dapat mengunduh beberapa film maupun video ketika mendapat jaringan wifi dan menontonnya kapan saja secara offline. Dengan cara ini, Anda akan tetap bisa menikmati film dan video lainnya tanpa harus streaming yang menyedot banyak kuota.

Hemat pulsa dan internet dengan matikan koneksi jika tidak perlu

Penggunaan smartphone secara berlebihan adalah satu di antara banyak sebab kerusakan pada perangkat. Padahal, di masanya pandemi ini, seolah smatphone adalah teman yang tidak bisa jauh dari diri. Nah, untuk menghemat pemakaian pulsa dan data, bisa Anda lakukan dengan ganti kebiasaan mager dengan kegiatan yang lebih produktif. Langkah awalnya bisa Anda coba denganmatikan koneksi jika sewaktu-waktu tidak diperlukan.

Gunakan batasan penggunaan data

Selain itu, menetapkan batasan penggunaan data juga dapat bantu hemat pulsa dan internet. Cara kerjanya yakni dengan berikan peringatan ketika perangkat Anda sudah banyak makan kuota. Nah, cara ini memungkinkan Anda megira-ngira, berapa lama paket yang Anda miliki masih bisa digunakan. Hal ini mengingat seringkali, kuota sudah habis padahal masih berhari-hari masa gunanya. Karenanya, sesering mungkin Anda harus periksa paketan smartfren.

Keempat poin tersebut merupakan cara yang bisa Anda coba untuk hemat pulsa dan internet, selama masa pandemi khususnya. Ini karena efek yang ditimbulkan oleh wabah Covid-19 belum bisa diprediksi kapan akan berhenti. Sehingga menjadi langkah bijak jika Anda menghemat penggunaan kebutuhan tersier ini untuk kebutuhan yang lebih primer.