5 Format Pemasaran Konten Interaktif untuk Menginspirasi Keterlibatan

  • 2 min read
  • Dec 14, 2020
Format Pemasaran Konten Interaktif

Konten interaktif sangat sering digunakan sebagai strategi pemasaran. Konten interaktif seringkali dipilih karena membuat pedagang dan calon konsumen lebih dekat, sehingga lebih menarik. Selain itu, konsumen akan lebih memahami pesan yang ingin disampaikan oleh pengusaha.

Dengan konten interaktif, anda juga akan terbantu untuk melihat respon audiens terhadap produk anda. Meski tidak bisa secara langsung untuk melihat hasilnya, tetapi konten secara tidak langsung sudah menggiring keinginan konsumen.

Menurut data yang ada, konten interaktif bisa lebih memberikan edukasi pada konsumen hampir 50 persen daripada konten pasif. Mulai dari tahapan mencari perhatian dan pengenalan, hingga pengambilan keputusan.

Semakin dikenal suatu produk, maka semakin tinggi tingkat kepercayaan publik pada produk tersebut.

Konten interaktif memiliki beberapa bentuk, mulai dari kuis, survey, video, hingga infografik. Kuis sudah sering dikenal sejak dulu, dan masih menduduki tingkat tertinggi dari aspek efektivitas.

Kini sudah jamak dilihat konten interaktif membanjiri jagat layar gawai kita. Di berbagai platform gratis, iklan berseliweran mencari konsumennya.

Banyak aplikasi yang bisa mendukung pembuatan konten ini. Mulai dari aplikasi edit gambar hingga video. Testimoni dari pelanggan, tes kepribadian, hingga kuis berhadiah tidak hanya bisa ditaruh di media sosial, tapi juga di website. Tentu disertai artikel yang menarik dan informasi yang lengkap.

Ini dia 5 format pemasaran konten interaktif yang bisa anda praktekkan.

  • Siaran langsung Instagram atau Facebook

Seringkali teknik ini digunakan oleh penjual online shopping untuk memperkenalkan produk baru. Tak jarang, diberikan tips cara merawat produk maupun tanya jawab dengan konsumen. Bisa juga anda gunakan untuk memberitahukan promo yang sedang anda adakan.

Jika ingin sangat interaktif, anda bisa mengadakan kuis maupun permainan bersama pelanggan. Tentu selain interaktif, konten anda jadi menyenangkan.

  • Menggunakan fitur di instastory

Bagi anda yang memiliki pelanggan di instagram, anda bisa memanfaatkan fitur bawaan yang disediakan seperti polling dan kuis. Anda bisa memberikan kuis mengenai pengetahuan seputar produk anda ataupun yang berkaitan dengan itu.

Bisa juga memberikan pertanyaan lain di luar persoalan produk, sehingga anda bisa lebih mengenal pelanggan lebih dekat. Nantinya, ini akan sangat berguna untuk pembuatan strategi pemasaran.

  • Membuat quotes

Saat ini, netizen lebih tertarik untuk mengikuti atau melihat konten yang memberikan kutipan motivasi. Konten semacam ini akan membuat pasar anda lebih luas, karena pembahasan yang dipilih biasanya yang ramah semua kalangan.

Pilih foto dan diksi yang menarik untuk nantinya ditampilkan di media social bisnismu. Buat konten yang membuat orang tidak akan sungkan untuk me-repost, sehingga akun bisnis anda semakin dikenal luas.

  • Membuat infografis

Infografis berisi rangkuman informasi yang dirangkum dan disampaikan dengan singkat dan gambar. Infografik ini menarik perhatian mata konsumen untuk membaca. Buat infografik yang berkaitan dengan produk anda, sehingga orang bisa lebih tertarik dan memberikan interaksi.

  • Menggunakan artikel informatif

Selain membuat konten dalam bentuk gambar dan video, artikel web masih dinilai efektif untuk memperkenalkan dan menjual produk. Anda bisa memulai dari bahasan yang dekat dengan bisnis anda.

Dengan demikian, pengunjung web yang tadinya hanya ingin melihat dan mencari informasi, jadi bisa mengetahui produk anda. Dengan didukung strategi pemasaran yang lain, pengunjung akan memutuskan untuk membeli produk anda.

Jika dalam hal ini anda merasa kesulitan, cukup serahkan pada saungwriter.com, konten kreator yang sudah berpengalaman dan dipercaya ratusan pengusaha untuk membuat artikel SEO dan semacamnya.

Itu dia 5 format pemasaran konten interaktif yang bisa anda pilih atau praktekkan seluruhnya. Karena pemasaran yang baik adalah salah satu faktor keberhasilan usaha.