5 Media Monitoring Tools Terbaik di Indonesia

  • Riaupos
  • Mar 17, 2022
Media Monitoring Tools

Penggunaan media monitoring tools belakangan ini banyak digunakan oleh perusahaan besar maupun pemula dalam menjalankan strategi bisnisnya. Tools tersebut membantu brand menjangkau konsumen dan calon konsumen untuk tetap dekat untuk membangun keterikatan.

Media Monitoring

Apa yang dimaksud dengan media monitoring? Pengertian dari media monitoring adalah proses untuk menganalisis, membaca, dan melihat konten yang berhubungan erat dengan sebuah brand. Untuk memudahkan aktivitas tersebut ada tools yang dapat membantu Anda dalam pengerjaan analisis data konten dari media.

Rekomendasi Aplikasi Media Monitoring

Berikut rekomendasi media monitoring Indonesia terbaik yang dapat Anda gunakan layanannya. 

  1. Nolimit.id

Nolimit.id berbasis web, sehingga Anda tidak perlu mengunduh aplikasi dari tools ini. Tools buatan anak bangsa ini akan mengumpulkan data-data terkait dari seluruh situs terkemuka dan menyajikannya secara lengkap dalam sebuah hasil analisis. 

Karena buatan Indonesia, tools ini dapat mencari kata kunci unik yang sesuai dengan perkembangan zaman dan frasa unik yang ada pada media. Pencarian data dilakukan dengan tolak ukur engagement dan interaksi. Anda dapat menggunakan secara gratis untuk demo atau memilih akun premium seharga Rp1.500.000,00 per bulan.

  1. Indonesia Indicator

Selaras dengan namanya, Indonesia Indicator dapat menampilkan berbagai jenis analisis mentions yang berhubungan dengan brand Anda. Tools asli Indonesia ini juga dapat menyarankan strategi marketing terbaik kepada Anda yang sesuai dengan masing-masing konsumen.

Tools ini sangat cocok untuk Anda yang baru merintis bisnis. Tampilan yang simple dan ringkas, dapat memudahkan Anda dalam memahami hasil analisis.

  1. IMMC News

IMMC News menawarkan sebuah fitur unik dimana Anda dapat menganalisis konsumen berdasarkan etnografi atau perilaku konsumen. Tools ini berpusat pada topik dan tokoh-tokoh yang menjadi bahan perbincangan hangat di media sosial. Tools Indonesia ini juga dapat memantau saluran televisi, media cetak, dan situs berita.

  1. Digivla

Digivla merupakan salah satu pionir atau pencetus awal tools media monitoring yang ada di Indonesia. Digivla akan membantu Anda menganalisis lebih dari 1200 media, termasuk media cetak, media online, dan saluran televisi. Tools ini sudah dipercaya lebih dari 500 instansi pemerintahan Indonesia hingga sektor pribadi.

Hasil analisis dan saran strategi marketing dari Digivla dapat ditampilkan pada aplikasi mobile, pc, desktop, sampai command center

  1. Mediawave

Yang ke-5 adalah Mediawave, sebuah tools untuk memonitor media dan mempertahankan brand Anda eksis. Mediawave mampu mengidentifikasi sebuah tren yang memiliki jangka waktu lama, sehingga Anda dapat mengikuti tren tersebut. Tentu saja tools ini juga dapat mendeteksi performa brand Anda di masyarakat dengan pengecekan secara realtime. Untuk mengetahui harga layanan Mediawave, Anda dapat mengunjungi situs resmi mereka.

Rekomendasi media monitoring tools terbaik di Indonesia tersebut dapat membantu meningkatkan performa brand Anda. Selanjutnya dengan strategi marketing yang tepat akan menjadikan brand Anda merajai pasar. 

Related Post :