7 Langkah untuk Menghemat Biaya Website Bisnis Anda

  • Riaupos
  • Mar 10, 2022
Website Bisnis

Pemilik website bisnis telah mengetahui bahwa, untuk mengoptimalkan fungsi website diperlukan adanya anggaran website. Seperti anggaran untuk mendesain website, anggaran untuk melakukan perbaikan terhadap website yang bermasalah, dan anggaran untuk biaya perawatan serta pengembangan website bisnis. Sehingga diperlukan beberapa langkah yang tepat, untuk menghemat biaya website bisnis Anda. Dengan berhemat diharapkan anggaran bisnis Anda menjadi tidak membengkak dan keinginan Anda mendapatkan hasil bagus untuk website bisnis tetap terlaksana. 

1. Memilih Jasa Custom Website yang Tepat

Saat ini banyak penyedia jasa custom website yang memberikan beberapa jenis paket layanan pembuatan website. Layanan yang biasa ditawarkan jasa custom website mulai dari pembuatan desain website, nama domain, hosting website, pembuatan konten, strategi SEO website, dan beberapa spesifikasi lainnya. Anda tinggal memilih jenis layanan yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan website bisnis Anda.

Dengan menggunakan jasa pembuatan website custom tersebut, Anda akan dapat lebih menghemat daripada Anda membuatnya sendiri dan mencicil seluruh perangkat website bisnis satu persatu, terlebih jika Anda tidak memiliki keahlian khusus dalam pengembangan website bisnis.

2. Menggunakan Desain Template Siap Pakai

Desain template pada suatu website biasanya dapat menggunakan template siap pakai, yang sudah tersedia saat proses pembuatan website. Desain template ini biasanya hanya membutuhkan perubahan beberapa warna, teks, dan gambar yang sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Jika Anda tidak keberatan dengan desain website bisnis yang sederhana, maka menggunakan desain template siap pakai tidak ada salahnya.

Dengan menggunakan desain template siap pakai Anda akan menghemat biaya website bisnis. Karena Anda tidak harus mengeluarkan uang untuk membuat custom website bisnis. Anda tinggal mencari cara untuk menggunakan strategi SEO agar menghasilkan ROI yang bagus.

3. Bangun Website Bisnis Anda dengan SEO

Membangun website bisnis menggunakan strategi SEO adalah sebuah proses, bukan pekerjaan satu kali. Dengan mengetahui cara kerja SEO yang tepat, akan membuat website Anda ramah mesin pencari. Artinya, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan sejumlah uang untuk mengiklankan website bisnis Anda. SEO mungkin dapat menjadi jauh lebih lama prosesnya, namun hasil yang diberikan akan membuat website bisnis Anda menjadi bagus. Dengan usaha yang ekstra, namun biaya yang Anda keluarkan tidaklah banyak dan suatu hari website bisnis Anda akan mendatangkan peluang baik untuk bisnis Anda.

4. Manfaatkan Website Bisnis dengan CMS

Sistem Manajemen Konten (CMS) memungkinkan pemilik website yang bukan ahli dalam membuat kode website, untuk menambahkan dan mengedit konten di website bisnis Anda. CMS ini merupakan mirip dengan perangkat lunak pengolah kota salah satunya adalah WordPress. WordPress adalah contoh CMS yang memungkinkan pemilik website untuk masuk ke dasbor website, untuk menambah dan mengedit halaman atau memposting blog di website Anda. Di WordPress juga dapat memiliki akses dan izin masuk yang dapat dimiliki berbagai orang dalam tim Anda, untuk melibatkan orang lain dalam proses pembuatan konten maupun desain website bisnis Anda.

5. Buat ROI yang Positif

Cara paling efektif untuk menghemat biaya website bisnis Anda adalah dengan melakukan apa pun yang diperlukan untuk menghasilkan ROI positif atas investasi yang Anda lakukan. Jika dilakukan dengan benar, website bisnis Anda akan menghasilkan uang, bukan menguras uang Anda. Anda dapat meningkatkan ROI dan efektivitas website Anda dengan mempromosikan website bisnis Anda dan menggunakan tools analitik, untuk mengukur hasil dan mendapatkan wawasan tambahan.

6. Menggunakan Stok Foto atau Gambar Gratis

Banyak perusahaan yang mengeluarkan banyak uang untuk membayar citra atau gambar untuk digunakan di website mereka karena terlihat bersih dan profesional. Anda mungkin bisa melakukan itu, tetapi ini bukan pilihan yang paling hemat biaya website bisnis jika Anda sedang berkeinginan untuk mencoba mengurangi biaya website bisnis Anda secara keseluruhan.

Jika Anda telah memiliki stok foto sebelumnya, Anda dapat menggunakannya kembali, dengan memastikan gambar tersebut berkualitas tinggi dan sesuai dengan brand bisnis Anda. Tetapi jika tidak memiliki stok foto, Anda dapat menggunakan situs web stok gambar gratis yang dapat digunakan untuk mendesain ulang website bisnis Anda, seperti Unsplash dan Pexels. Gambar-gambar yang tersedia di sana bersifat gratis dan tanpa royalti, sehingga Anda bebas menggunakannya di website Anda sebanyak apapun.

Untuk hasil yang terbaik, Anda dapat memadukan gambar yang akan dicari di website gratis, dengan konten yang ingin Anda berikan gambar. Ini untuk mendukung konten Anda menjadi lebih relevan dan lebih enak dilihat  untuk pengunjung yang datang ke website Anda. Sehingga Anda memberikan pengalaman pengunjung yang terbaik untuk mendukung kualitas website bisnis Anda yang baik juga. 

7. Gunakan Jumlah Halaman pada Website Sesuai Kebutuhan

Setiap halaman yang Anda buat untuk website bisnis Anda, pasti membutuhkan waktu. Seperti untuk penulisan konten, sumber gambar, dan pengembangan template, semuanya memakan waktu dan biaya. Jadi ketika merencanakan desain website Anda, pertimbangkanlah penggunaan jumlah halaman pada website. Anda dapat membuat beberapa halaman yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk menggunakan jumlah halaman, agar hanya menyertakan halaman yang paling penting, Anda dapat membuat halaman:

  • Beranda
  • Halaman produk atau layanan
  • Halaman kontak
  • Halaman blog

Dengan jumlah halaman yang tidak terlalu banyak, Anda dapat mengoptimalkan setiap penggunaan halaman agar informasi yang dimuat lebih padat dan lebih membantu pengunjung yang datang. Sehingga pengunjung mudah mengetahui tentang brand Anda, mudah menggunakan website Anda, dan mendapatkan informasi yang mereka mau tanpa perlu pusing mencari bolak balik di setiap halaman.

Jika suatu hari Anda memerlukan halaman penting lainnya, Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak halaman. Karena perkembangan website itu tidak pernah selesai hari ini, mungkin esok hari akan selalu ada pembaharuan setiap saat. Sehingga penting untuk Anda, saat ini, mempertimbangkan halaman-halaman yang diperlukan saja, sambil menjalankan bisnis Anda. Jika sudah besar, mengeluarkan biaya untuk mengoptimalkan website bukanlah hal sulit. Pantau kinerja setiap halaman untuk mengetahui, halaman mana yang memiliki rasio pentalan tinggi, halaman mana yang tidak mendapat peringkat di mesin pencari sama sekali, dan halaman mana yang tidak berkinerja dengan baik. Ini untuk membantu Anda melihat apakah Anda benar-benar membutuhkan halaman tersebut atau tidak.

Related Post :