Apa ‘Meminta Izin’ dalam Bahasa Inggris? Cek Disini!

  • Riaupos
  • Jul 23, 2022
Meminta Izin dalam Bahasa Inggris

Dalam kehidupan Anda sehari-hari, pastilah Anda pernah meminta izin kepada seseorang atau orang lain. Meminta izin untuk hal-hal yang dianggap sepele misalnya izin untuk ke kamar kecil, meminjam barang kepada orang lain dan sebagainya.  Meminta izin merupakan salah satu bentuk sopan santun kepada orang lain agar dapat persetujuan untuk melakukan sesuatu yang Anda inginkan.

Dalam Bahasa Inggris meminta izin dapat disebut sebagai “asking permission”. Meminta izin dalam bahasa Inggris terdapat beberapa cara tergantung dalam konteks yang akan Anda lakukan. Untuk lebih dapat memahami, mari simak penjelasan berikut.

May I?

Penggunaan cara ini merupakan kalimat meminta izin dalam bahasa Inggris dengan formal serta sopan. Anda bisa menggunakannya kepada orang yang lebih tua. Akan lebih sopan lagi jika ditambahkan kata please di akhir kalimat.

Contoh:

May I go to my friend’s house later?

(Bolehkah saya pergi ke rumah teman saya nanti?)

Can I…please?

Selanjutnya menggunakan cara ini masih tergolong formal untuk meminta izin dalam bahasa Inggris. Namun, tingkat kesopanan masih dibawah penggunaan “May I..”.

Contoh:

Can I leave early today, please?

(Bisakah saya pulang lebih awal hari ini?)

Do you mind if I…?

Penggunaan cara ini dapat Anda gunakan dalam situasi informal untuk teman maupun orang terdekat. Cara ini digunakan untuk meminta persetujuan orang lain yang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan orang tersebut. Namun, Anda dapat meminta izin agar orang tersebut tidak terganggu.

Contoh:

Do you mind if I turn on the television?

(Apakah Anda keberatan jika saya menyalakan televisi?)

Do you think I should…?

Digunakan Ketika Anda ingin menunjukkan pendapat orang lain penting dan ketergantungan pada pendapat orang tersebut karena Anda masih belum yakin dan memerlukan pendapat.

Contoh:

Do you think I should take up the job offer?

(Apakah menurutmu saya sebaiknya mengambil tawaran kerja tersebut?)

Nah, itulah berbagai cara untuk meminta izin dalam bahasa Inggris. Untuk lebih memahami mengenai bahasa Inggris, Anda dapat mengikuti kelas dalam program EF Adults yang terbuka untuk berbagai kalangan dan level. Yuk, gabung bersama kelas bersama EF Adults dan ikuti kursus kilat bahasa Inggris!