Bagaimana Cara Menjadi Agen Pulsa? Begini Caranya

  • 3 min read
  • Jun 06, 2021
Bagaimana Cara Menjadi Agen Pulsa? Begini Caranya

Bagaimana cara menjadi agen pulsa? Bagi seorang yang baru terjun ke dunia usaha semacam pulsa elektrik ini tentu masih kebingungan. Padahal jika sudah tahu caranya bisa ketagihan untuk mengembangkan usaha ini.

Menjadi agen pulsa itu gampang dan bisa dikerjakan di rumah. Bagi ibu rumah tangga sangat cocok bukan usaha seperti ini? Sebenarnya usaha ini cocok dikerjakan siapa pun. Lantas cara jadi agen pulsa murah dari nol itu gimana sih? Simak ulasan berikut?

Bagaimana Cara Menjadi Agen Pulsa?

Langkah yang harus ditempuh itu mudah sekali. Dengan cara yang sederhana Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Ingin tahu lebih lanjut tentang cara jadi agen pulsa ini? Berikut langkah-langkahnya:

1. Pelajari Dulu Prospeknya

Pengguna smartphone sekarang ini mulai merata baik anak kecil, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan bahkan pengemis di jalan. Semua sudah menggunakan smartphone. Itu artinya peluang bisnis pulsa ini benar-benar terbuka lebar dan prospeknya sangat bagus.

Sebuah smartphone tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya tanpa adanya pulsa. Tanpa pulsa smartphone seperti benda mati tanpa guna. Anda tahu belum bahwa konsumsi pulsa ini jauh lebih besar loh dibandingkan dengan listrik.

Gimana tidak, listrik bisa digunakan satu keluarga. Sedangkan pulsa digunakan perseorangan. Jika dalam satu keluarga ada 4 orang dan memiliki smartphone tentu mereka harus isi pulsa sendiri-sendiri. Dengan begitu prospek jadi agen pulsa ini memang menjanjikan.

2. Lihat Produk yang Laris

Di setiap daerah kecepatan jaringannya berbeda-beda. Jaringan tersebut berpengaruh terhadap ketersediaan produk yang nanti akan dijual. Produk pulsa elektrik ini ada Smartfren, XL, Three, Indosat dan Telkomsel.

Dari semua produk yang ada kira-kira apa saja yang dominan terhadap jaringan di tempat Anda. Jika Anda buka agen di rumah maka cukup sediakan produk yang sinyalnya lancar. Tapi, jika ingin buka di perkotaan atau lebih luas lagi ingin mengembangkan secara online maka lengkapi semua produk pulsa elektrik Anda.

Selain berupa kartu perdana Anda bisa juga tambahkan produk lainnya seperti voucher game, pulsa khusus sms, pulsa khusus telepon, pulsa khusus internet, token listrik, transfer pulsa dan berbagai pembayaran lainnya. Semakin lengkap produknya akan semakin bagus untuk bisnis Anda.

3. Coba Hitung Mekanisme Keuntungan

Untuk lebih memantapkan niatan Anda dalam menekuni bisnis ini Anda bisa coba lakukan estimasi perhitungan keuntungan jadi agen pulsa. Mungkin Anda bisa coba perhatikan ilustrasi di bawah ini:

Keuntungan per transaksi = Rp1.500.

Penjualan per hari = 40 transaksi.

Keuntungan per hari = Rp1.500 x 40 = Rp60.000.

Untuk keuntungan per bulan = Rp60.000 x 30 = Rp1.800.000.

Keuntungan yang Anda dapatkan tersebut baru dari pulsa biasa saja belum ditambahkan dengan produk lainnya. Jadi memang sangat potensial sekali kan bisnis ini.

4. Daftar ke Server yang Terpercaya

Bagaimana cara menjadi agen pulsa yang aman dan nyaman? Perlu Anda ketahui jika tadi sudah mengkaji terkait prospeknya, produknya dan estimasi keuntungan kini saatnya daftar agen pulsa resmi. Dengan daftar di agen resmi lebih aman dari penipuan.

Tentu Anda tidak ingin ada komplain atau terlibat kasus penipuan ini bukan? Jadi jika ingin daftar pastikan tempat di mana Anda mendaftar harus terpercaya. Carilah yang memiliki izin usaha. Cek kembali alamat distributor atau server pulsa tersebut lengkap atau tidak.

Antisipasi ini dilakukan bagi Anda yang melakukan daftar agen pulsa online. Jika datang langsung mungkin sudah tahu lokasi server tersebut. Hanya tinggal memastikan pengalamannya saja di bisnis pulsa ini.

Mendulang Keuntungan dengan Menjadi Agen Pulsa

Ada tips jitu bagaimana cara menjadi agen pulsa yang sukses. Untuk tipsnya adalah dengan menawarkan pelayanan lebih dibanding dengan yang lain. Contohnya saja jika pesaing Anda hanya melayani 10 jam perhari maka Anda bisa lakukan pelayanan lebih maksimal misal 24 jam non-stop.

Tetap buka di hari libur juga salah satu tips mendulang keuntungan dari bisnis ini. Agar lebih powerfull lagi dalam mendulang keuntungan maka bisa coba:

  • Membuka kios pulsa
  • Menawarkan/menjual kepada rekan kerja, sahabat, keluarga, dan teman sekolah.
  • Memprioritaskan penjualan nominal kecil
  • Tawarkan harga yang kompetitif, jangan terlalu murah
  • Membuka peluang untuk reseller dan downline.
  • Melakukan promo di momen tertentu

Dengan melakukan beberapa langkah mendulang keuntungan tersebut bukan hal yang mustahil jika kesuksesan cepat diraih. Hal yang perlu diingat selalu berdoa, usaha yang maksimal dan bekerja keras.

Sekarang sudah paham bagaimana cara menjadi agen pulsa yang menguntungkan? Jika sudah tunggu apalagi langsung saja coba lakukan pendaftaran. Hal paling berat saat ingin membuka usaha adalah memulainya. Mulailah dengan cara sederhana bisa dengan melihat prospek di sekitar rumah.