Cara Cek Resi untuk Tracking Barang Melalui Ekspedisi

  • 2 min read
  • Sep 09, 2021
Cara Cek Resi untuk Tracking Barang Melalui Ekspedisi

Zaman modern ini, jasa pengiriman barang antar daerah menjadi salah satu layanan yang penting di masyarakat. Mudah dan cepatnya pelayanan pada jasa pengiriman barang membuatnya menjadi salah satu alasan masyarakat menggunakan jasa pengiriman barang. Di Indonesia, sudah banyak jasa pengiriman barang yang memiliki kualitas yang baik dan terjamin.

Teknologi modern sekarang, kita sudah dapat melihat status pengiriman barang yang kita kirim hanya dengan melihatnya di Hp maupun laptop. Kita dapat melacak status lokasi barang yang kita kirim maupun yang akan kita terima, sehingga akan meminimalisir resiko penipuan dan meningkatkan keamanan pengiriman barang.

Anda dapat mengecek status barang kiriman hanya dengan menggunakan nomor resi pengiriman. Lalu bagaimana cara untuk mentracking status barang kiriman dengan nomor resi? Berikut ulasannya untuk anda.

Melihat Nomor Resi

Ketika anda mengguakan jasa pengiriman barang, tentunya anda akan diberikan lembar bukti pengiriman barang. Nah, lembar tersebutlah akan mencantumkan nomor resi. Lembar bukti yang anda dapatkan terdapat nomor resi yang terletak pada kolom airway bill number/ no barcode/ no e cannote.

Nomor resi dikombinasikan oleh beberapa huruf dan angka yang berbeda-beda pada setiap ekspedisi. Anda harus teliti saat menerima dan mengecek keberadaan nomor resi pada lembar bukti pengiriman yang anda terima. Nomor resi sangat penting digunakan untuk mengecek status lokasi barang kiriman anda.

Memasukkan Nomor Resi Pada Browser Pencarian

Anda dapat menggunakan beberapa browser pencarian yang anda miliki pada perangkat anda untuk cek resi. Setelah anda menemukan nomor resi pada lembar bukti pengiriman, kemudian anda dapat memasukkannya pada browser pencarian. Anda harus teliti dalam memasukkan nomor resi pada kolom tersebut agar tidak terjadi kesalahan pencarian.

Kesalahan dalam memasukkan nomor resi dapat berakibat kesalahan pencarian barang, seperti salah barang yang ternyata milik orang lain. Kelancaran jaringan internet pada perangkat anda juga menjadi salah satu elemen yang penting untuk melancarkan anda mentracking barang kiriman yang anda butuhkan.

Hasil Tracking Barang Akan Muncul

Nomor resi yang telah anda masukkan pada mesin pencarian, maka hasil tracking barang kiriman akan muncul di bawah kolom tracking. Terdapat beberapa rincian hasil tracking barang yang dapat anda lihat di sana.

Rincian data yang ditampilkan antara lain yaitu lokasi terkini barang, status barang (apakah sudah di rekap atau belum di gudang), petugas werehouse yang bertugas saat itu juga, jenis barang yang anda kirimkan, berat barang yang anda kirimkan, dan harga layanan jasa yang harus anda bayarkan serta beberapa menampilkan perkiraan barang akan sampai lokasi.

Banyak fungsi dari nomor resi yang anda dapatkan, sehingga anda harus lebih teliti dan lebih baik untuk menyimpannya. Nomor resi sangat berguna untuk mentracking barang yang anda inginkan hanya dengan sekali klik di internet, sangat mudah bukan?

Tracking barang akan meminimalkan bentuk-bentuk kecurangan maupun penipuan bisnis online. Banyaknya pengguna onlineshop tentu saja akan mengingatkan kemungkinan seseorang terkena penipuan. Semoga dengan adanya informasi mengenai tracking barang ini dapat memberikan banyak manfaat untuk pembaca dan masyarakat luas.

Demikian merupakan beberapa ulasan mengenai cara cek resi untuk melakukan tracking barang kiriman. Semoga beberapa ulasan di atas dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk anda. Anda dapat memilih ekspedisi pengiriman barang yang anda inginkan sesuai dengan keunggulannya. selamat mencoba!