Cara Membangun Kolam di Halaman Belakang

  • 2 min read
  • Mar 12, 2021
Cara Membangun Kolam di Halaman Belakang

Luangkan lebih banyak waktu untuk menikmati kolam halaman belakang untuk membangun mindset positif di area rumah Anda. Ikan yang berenang dengan tanaman bunga tentu memberi sensasi tersendiri untuk memberi ketenangan. Anda bisa bekerja sama dengan tukang bangunan untuk membuat kolam impian di rumah.

Kolam taman halaman belakang dengan air yang mengalir dapat membuat ruang kekosongan menjadi area yang segar. Menjaga agar tetap menarik dan bebas masalah membutuhkan kerja keras, tetapi dengan sedikit perhatian ekstra pada tahap perencanaan dan pembangunan, Anda dapat membuat kolam yang hampir bebas perawatan.

Pilih Titik Cerah

Jika halaman Anda hanya memiliki satu tempat yang dapat menampung kolam, jangan khawatir Anda dapat membuat kolam taman yang bagus di hampir semua lokasi. Tetapi jika Anda memiliki dua atau tiga area, pertimbangkan faktor sinar matahari.

Jika Anda menempatkan kolam Anda di area yang mendapat setidaknya mendapat enam jam sinar matahari langsung setiap hari, artinya akan lebih mudah membuat tanaman semakin hidup. Sinar matahari juga merupakan area yang tepat untuk berjemur saat pagi hari.

Buatlah Batas Rumput di Sekitar Kolam

Batu datar yang dipasang di permukaan tanah menciptakan transisi yang ramah untuk mesin pemotong rumput antara kolam dan halaman Anda. Alih-alih memangkas rumput yang bertemu dengan bebatuan atau tanaman yang mengelilingi kolam, Anda dapat menjalankan mesin pemotong rumput tepat di atas perbatasan batu.

Saluran Air yang Mudah

Saluran air sering menjadi masalah pada kolam ikan, karena durasi waktu pembuangan yang cukup lama apalagi jika terdapat penyumbatan. Upayakan merancang kolam ikan dengan baik terutama pada saluran air agar nantinya waktu Anda tidak terbuang hanya untuk menunggu air yang tak kunjung surut.

Tempatkan Skimmer di Area yang Mudah Diakses

Skimmer, filter, dan tangki air terjun mengumpulkan daun dan bagian tanaman lainnya dan perlu dibersihkan agar tidak menjadi masalah. Jika Anda berencana menggunakannya, jangan letakkan di tempat yang sulit terjangkau karena akan menyulitkan saat Anda membersihkannya. Menempatkan skimmer di area yang rumit juga membuat kita malas mengecek gumpalan dan mengakibatkan kolam yang mudah kotor.

Pencegahan

Rongga di bawah lapisan yang telah dibentuk sebelumnya pada akhirnya mudah retak sewaktu-waktu karena volume air. Kemas tanah atau pasir yang gembur pada bagian bawah dan di sekitar liner saat Anda memasangnya dan saat Anda bisa mengisinya dengan air. Kebocoran kecil pada liner dapat menjadi masalah besar, bukan karena kebocoran sulit diperbaiki, tetapi karena kebocoran tersebut sulit ditemukan. Dalam kasus terburuk, Anda harus mengeringkan kolam, membuang bebatuan, atau bahkan membuang seluruh lapisan untuk memeriksanya. Perawatan ekstra selama pemasangan harus direncanakan dengan baik dan Anda bisa mempercayakannya pada tukang bangunan Batam. Selain kerusakan itu, Anda bisa mengantisipasi kerusakan pada aspek-aspek lain seperti:

Lapisi kolam taman Anda dengan EPDM

Karet EPDM adalah satu-satunya bahan yang digunakan oleh sebagian besar pemasang kolam profesional. Biaya EPDM lebih mahal daripada kebanyakan bahan lainnya, tetapi para profesional telah belajar bahwa lebih baik mengeluarkan sedikit uang ekstra daripada mencari dan memperbaiki kebocoran nanti. Dapatkan barang tebal (45 mil) hanya dari pemasok tambak. EPDM juga digunakan untuk atap, tetapi versi yang dijual oleh pemasok atap sering mengandung fungisida yang dapat merusak tanaman atau ikan.

Hindari Penambalan

Bagian EPDM dapat direkatkan dengan perekat khusus, selotip dan sealant. Jika ini dilakukan dengan benar, ikatannya akan kuat. Tetapi lapisan pengikat memakan waktu, dan lapisan lebih mungkin bocor daripada bagian pelapis lainnya. Jika memungkinkan, hindari penambalan. Sebaiknya beli segulung EPDM yang luas untuk melapisi seluruh kolam. Anda bisa menjualnya lagi kepada tetangga/ kawan saat mereka ingin membuat kolam ikan.