Cara Mencegah Sariawan dan Pengertian Sariawan

  • 2 min read
  • Jun 11, 2021
Cara Mencegah Sariawan

Pengertian sariawan pastinya telah terdengar akrab di telinga orang, akan tetapi apa itu sariawan yang benar? Memang ada bedanya  dengan ulkus di mulut, ataupun dengan canker sore? Kemudian apa sih penyebab sariawan serta bagaimana cara mencegah sariawan tersebut? Nah pada artikel ini saya juga menjelaskan tentang sariawan dan juga cara mencegah sariawan agar tidak sering muncul.

Pengertian Sariawan

Meskipun keduanya sebenarnya berhubungan yaitu antara sariawan dan ulkus namun kita seringnya mendengar kata sariawan ketimbang ulkus. Penyakit sariawan serta ulkus di mulut yaitu berupa luka ataupun lesi yang terasa nyeri dan dapat disebabkan oleh kondisi yang disebut dengan stomatitis. Namun ada sedikit perbedaan utama sariawan dan ulkus di mulut ialah penyebab dan juga letaknya. Jika sariawan dapat berupa ulkus di mulut seperti halnya sariawan yang ada di bawah lidah, gusi, atau bagian dalam pipi, ataupun juga bisa berupa ulkus di luar mulut seperti halnya sariawan di bibir luar ataupun sariawan di dagu. Secara singkat ulkus di mulut tentunya merupakan sariawan, akan tetapi sariawan ini belum tentu berupa ulkus di mulut.

Penyebab dari Timbulnya Sariawan

Dibawah ini ada beberapa penyebab utama sariawan ialah stomatitis, yaitu peradangan di mulut. Hal ini juga dua jenis utama stomatitis diantaranya adalah:

1. Jenis Canker sores

Stomatitis pada jenis ini juga menyebabkan tipe sariawan yang paling umum terjadi dan biasanya akan sembuh sendiri sekitar 1-2 minggu. Jenis ini juga memiliki sifat tidak menular dan juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor-faktor misalnya defisiensi nutrisi seperti vitamin ataupun zat tertentu, terjadinya oversensitivitas pada makanan tertentu, ataupun ada luka akibat tergigit.

2. Jenis Cold sores

Kemudian stomatitis jenis ini juga disebabkan oleh virus herpes tipe 1 dan jenis ini juga dapat menular. Penyakit ulkus ataupun sariawan yang timbul umumnya terletak di luar mulut seperti di dagu, dan juga di bagian bawah hidung, atau juga terletak di sariawan di bibir luar.

Cara Mencegah Sariawan

Cara mengatasi sariawan jenis canker sores pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya, akan tetapi untuk mengurangi nyerinya kamujuga bisa berkumur dengan air garam ataupun mouthwash, dan bisa juga mengoleskan madu pada luka sariawan tersebut.  Pepsodent Mouthwash Herbal Natural  punya formulasi tanpa alkohol yang efektif untuk membantu melawan bakteri dan dapat memberikan rasa nyaman di mulut. Sementara untuk mengatasi cold sores , ada baiknya periksakan ke dokter terkait agar mendapatkan obat antivirus.

Dibawah ini juga ada beberapa saran di bawah ini yang dapat membantu kamu mencegah sariawan:

  • Kamu juga harus menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menggosok gigi.
  • Kemudian dilengkapi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, asam folat, dan juga zat besi.
  • Namun kamu juga harus berhati-hati saat kamu mau mengunyah makanan ataupun menyikat gigi agar jaringan lunak dalam mulut tidak terluka. Kamu juga bisa gunakan sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan kamu, contohnya dengan bulu sikat yang lembut.
  • Dengan banyak minum air putih maka bakteri juga akan sedikit yang masuk ke mulut.
  • Jika ada salah seorang yang menderita cold sores maka kamu hindari kontak fisik dengannya.

Nah, setelah kamu tahu tentang seluk beluk sariawan, maka kamu sudah tahu tindakan apa yang harus diambil dan dilakukan ketika sariawan datang.