Cara Mudah Kirim Barang ke Malaysia

  • 2 min read
  • Jan 25, 2021
Kirim Barang ke Malaysia

Mengirim barang keluar Negri mungkin perkara baru bagi Anda. Meski hanya kirim barang ke Malaysia tapi jika salah melangkah mungkin akan menjadi ribet. Jangankan keluar Negri, kirim paket antar provinsi saja bisa menjadi masalah jika kita tidak mempercayakan jasa paket yang benar.

Bahkan sebelum mempercayakan pada jasa paket yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kirim barang ke Malaysia bisa berjalan dengan lancar.

Cerdas memilih harga

Setiap perusahaan memiliki ongkos kirim yang berbeda-beda untuk kirim barang ke Malaysia. Kilo.id adalah perusahaan yang sudah bermitra dengan TNT, FedEx, DHL, dan Air Cargo. Anda bisa memilih jasa paket yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Tanpa harus membandingkan harga dari situs yang pertama ke situs lain, kilo.id sudah memberikan informasi lengkap hingga berat barang melebihi 20 kilogram.

Kemas barang dengan baik

Bagaimanapun paket adalah barang yang akan diantarkan dari pos satu ke pos lain, artinya akan ada banyak karyawan yang mengangkat barang Anda. Kita tidak tahu apakah mereka akan memperlakukan barang dengan baik. Intinya sebagai pengirim kita harus cerdas mengemas barang agar tidak mudah rusak. Pilihlah buble wrap atau bahan pelapis berbusa untuk melindungi barang agar tidak mudah pecah.

Beri Label

Label berfungsi untuk mengingatkan petugas agar berhati-hati saat mengangkat barang Anda. Logo-logo tertentu wajib Anda ketahui sebagai alat komunikasi yang baik dengan petugas. Tempatkan label di area strategis agar dilihat oleh petugas, tapi jangan sampai menutupi alamat penerima dan pengirim.

Gunakan biaya asuransi

Agar semakin aman, sebaiknya Anda memilih pengiriman dengan asuransi. Pihak kilo.id akan bertanggungjawab penuh jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

Dokumentasikan paket sebelum dikirim

Untuk memastikan paket yang dikirim sampai dengan selamat, lakukan dokumentasi pada paket tersebut. Dengan memfoto paket, Anda juga mudah menyamakan barang tersebut sampai dengan selamat ke alamat yang dituju.

Langkah-langkah mengirim paket

  1. Booking online

Tidak perlu jauh-jauh keliling kota untuk mencari jasa paket yang tepat. Hanya berbekal smartphone atau PC, kini Anda bisa menjelajah situs terpercaya untuk membuat janji dengan staf yang bertugas mengirimkan paket. Klik link kilo.id, untuk mencari tahu informasi lebih lanjut.

  1. Pilih paket pengiriman

Pilih jenis barang, perhitungkan berat dan perhitungan volume barang. Berat dan ukuran barang sangat mempengaruhi tarif kirim barang ke Malaysia.

  1. Lengkapi formulir pemesanan layanan

Isi data diri serta data formulir yang diperlukan. Pastikan barang yang Anda kirim tidak melanggar ketentuan pengiriman. Karena kami bekerja sama dengan beberapa perusahaan paket, pilih jasa pengiriman yang sesuai dengan barang yang Anda kirim.

  1. Lakukan pembayaran

Setelah itu biasanya halaman akan mengarahkan Anda untuk membayar tagihan. Jasa paket yang terpercaya pasti akan memberikan rekening perusahaan, bukan perorangan. Transaksi melalui transfer bank dapat dipertanggungjawabkan karena datanya jelas.

  1. Penjemputan paket oleh kurir

Kalau pembayaran telah berhasil, biasanya akan ada notifikasi dari petugas. Bahwa akan ada staf yang berkunjung ke rumah untuk mengambil barang. Biasanya mereka memiliki berkas atau surat keterangan bahwa mereka berwenang untuk mengambil barang Anda di rumah. Kali ini Anda harus selektif dengan email yang dikirimkan oleh kilo.id dan menyamakan dengan berkas yang mereka bawa.

  1. Cek status

Saat barang yang ada di tangan kurir, tak perlu takut dengan status barang. Karena kilo.id menyediakan fitur tracking yang bisa Anda manfaatkan sebagai alat monitoring kirim barang ke Malaysia. Hanya dengan mengetik https://kilo.id/site/tracking-shipment kemudian input nomor shipping pada kolom yang tersedia, memilih kurir, dan klik tombol ‘track’. Riwayat pengiriman akan terlihat secara otomatis pada layar.