Coba Software Akuntansi Dasar untuk Mempermudah Bisnis Anda

  • 3 min read
  • Jul 29, 2020
Software Akuntansi

Memulai sebuah bisnis di tengah pandemi virus COVID-19 menjadi salah satu opsi yang kini banyak dilakukan. Beberapa orang yang sulit mencari pekerjaan atau diberhentikan karena pandemi memilih opsi tersebut untuk dikerjakan. Berbagai jenis bisnis pun dilakukan dengan menjual makanan, kerajinan tangan atau sekedar menjadi dropshipper.

Meskipun opsi memulai bisnis di tengah pandemi banyak dipilih, tak sedikit pula yang mampu bertahan. Hal ini dikarenakan ada proses pengaturan keuangan yang tidak efisien. Salah satu penyebab yang membuat hal tersebut dan bisnis tidak bertahan lama dikarenakan kurangnya kemampuan manajemen arus kas yang dimiliki. Padahal, kemampuan tersebut sangat penting dimiliki untuk efisiensi bisnis agar mendorong kesuksesan dalam berbisnis.

Sebagai pelaku bisnis pemula, tidak perlu lagi  khawatir dengan kemampuan dalam manajemen arus kas untuk bisnis. Kemajuan teknologi saat ini telah memunculkan software akuntansi online yang bisa membantu siapa pun dalam menjalankan bisnis. Software accounting memudahkan penggunanya untuk mengelola segala arus pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis yang sedang kamu jalani. Selain itu, aplikasi keuangan juga mampu menganalisis arus kas dari bisnis yang mempermudah pembuatan laporan keuangan. Oleh karena itu, bisnis dapat bertahan meskipun pandemi tak kunjung usai.

Sebelum menggunakan software akuntansi untuk memperlancar bisnis yang sedang dirintis, ada baiknya mengenal beberapa fungsi dasar yang dimiliki. Langkah ini dilakukan agar pebisnis yakin dengan kemampuan software akuntansi yang dapat menunjang keberlangsungan bisnis yang sedang dijalani. Sebagai pelaku bisnis yang sedang merintis, tak perlu ragu dengan kebutuhan software akuntansi ini untuk efisiensi bisnismu.

Berikut beberapa fungsi dasar yang mampu dilakukan oleh aplikasi akuntansi terbaik untuk keperluan bisnismu.

  • Perkiraan Aliran Kas

Dalam fungsi ini, software akuntansi bisa memperkirakan aliran kas dari bisnis sehingga pelaku bisnis bisa membelanjakan uang tunai sesuai kebutuhan dan memastikan uang yang terdapat di bank cukup untuk memenuhi kebutuhan itu. Hal ini tentu memudahkan penggunanya menjalankan bisnis dalam hal perencanaan keuangan di masa depan. 

  • Analisis Arus Kas

Accounting software juga bisa memastikan keuangan bisnis tetap sehat dengan melakukan analisis arus kas bisnis. Sebagai pelaku bisnis baik yang sedang merintis ataupun sudah berkembang, fungsi ini tentu sangat diperlukan. Dengan fungsi ini, pemetaan area-area dalam bisnis yang sekiranya perlu kontrol lebih agar kinerja bisnis dapat meningkat. 

  • Pembukuan

Dalam pembukuan, biasanya dibutuhkan seseorang yang teliti untuk mencatat segala aktivitas keuangan perusahaan mulai dari hutang, piutang, dan buku besar. Dengan adanya software akuntansi, tugas tersebut dalam terselesaikan dengan fitur yang dimiliki dalam software ini. Tentunya, hal ini sangat menjaga efisiensi bisnis khususnya bisnis berbasis UMKM.

  • Menghasilkan Laporan Keuangan

Fungsi ini dalam software akuntansi melengkapi fungsi sebelumnya. Dengan memakai software akuntansi online ini, bisnis dapat terbantu dalam menghasilkan laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan ini tentu membantu pelaku bisnis dalam menentukan keputusan-keputusan sesuai status keuangan perusahaan.

  • Kelola Semua Arus Kas Masuk dan Keluar

Fungsi ini tentu yang penting demi keperluan bisnis dan dapat dilakukan oleh software akuntansi online. Aktivitas arus kas masuk dan keluar yang beragam dapat dikelola dengan mudah oleh software akuntansi terbaik. Selain itu, pencatatan tersebut bisa dilihat setiap harinya sehingga pelaku bisnis dapat mengelolanya dengan baik.

  • Menangani Transaksi Multi Perusahaan

Software akuntansi juga mampu menyederhanakan proses transaksi yang terjadi dalam bisnis. Dalam hal ini, software akuntansi bisa merangkum segala informasi yang diperlukan dalam menangani transaksi multi perusahaan.

  • Kelola Penjualan dan Faktur

Software akuntansi terbaik pasti juga memiliki kemampuan untuk mengelola dan mencatat segala transaksi yang dilakukan dalam bisnis. Hal ini tentu akan memudahkan pelaku bisnis khususnya pemilik UMKM  untuk mengelola faktur dan membayar tagihan.

  • Memberi Solusi

Fungsi ini membuktikan bahwa software akuntansi terbaik dalam membantu bisnis tetap berjalan. Pelaku bisnis yang memiliki kemampuan akuntansi yang minim tak perlu menyewa manajer akuntansi untuk mengelola keuangan bisnismu. Software akuntansi bisa mengambil peran tersebut dengan memberi berbagai solusi demi kemajuan bisnis yang dimiliki.

Jika Anda sebagai pelaku bisnis merasa membutuhkan fitur-fitur di atas untuk memudahkan keberhasilan bisnis, software akuntansi perlu digunakan secepatnya. Salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia yang cocok menjadi pilihan adalah Jurnal by Mekari.

Tak hanya mampu menjalankan fungsi-fungsi akuntansi dasar, Jurnal by Mekari juga memiliki beberapa fitur yang akan membantu dalam mengelola bisnis untuk lebih efisien. Ada juga beberapa pilihan yang menyesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalani. So, bisnis Anda akan berseri dengan Jurnal by Mekari.