Doa Di Pagi Hari Agar Senantiasa di Lindungi Oleh Allah SWTDoa Di Pagi Hari Agar Senantiasa di Lindungi Oleh Allah SWT

  • 2 min read
  • Sep 01, 2021

Doa cara manusia untuk berkomunikasi dengan sang pencipta, allah SWT. Dari berdoa, kita dapat mengucap syukur, dengan memanjatkan permohonan dan juga hal-hal lain sebagai pembingbing kehidupan di dunia. Ada banyak sekali doa yang sebaiknya rutin di amalkan, seperti misalnya doa sehari-hari saat hendak melakukan sesuatu, bahkan Rasullullah SAW juga telah mengajarkan kan kita yang meriwayatkan sejumlah doa yang di baca Ketika pagi hari. Membaca doa di pagi hari juga merupakan salah satu sebuah amalan yang di anjurkan. Sebab di pagi hari merupakan waktu yang sangat begitu istimewa yang berdasarkan permintaan Rasullallah SAW kepada Allah SWT. Yang sebagaimana dalam sebuah hadist dari sabat Shokhr Al Ghomidiy, Rasullullah SAW bersabda :

Yang arinya “ ya allah, berikanlah umatku di waktu paginya”

Doa di pagi hari merupakan amalan yang dapat dikerjakan oleh umat muslim. Dengan hal ini yang menunjukan dari kebiasaan Rasullullah SAW. Yang semasa hidup, Rasullulah SAW senantiasa selalu memanjatkan sebuah dosa di setiap kegiatannya, yang salah satunya saat beranjak dari tempat tidur dan juga bangun dari isirahatnya. Tak banyak bacaan doa di pagi hari yang harus di hafalkan usai terbangun dari bangun tidur. Karena demikian, banyak sekali keuntungan dan juga manfaat yang dapat diperoleh jika memanjatkan doa di pagi hari. Yang sepertinya ketenangan batin lantaran mendekatkan diri kepada tuhan kita saat membuka mata pertama kali.

Selain doa di pagi hari, saat bangun tidur juga terdapat sebuah beberapa amalan yang dapat di kerjakan untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT

Doa Bangun di Pagi Hari

Sebelum membaca sebuah Doa, yang hendak ada niat yang sungguh-sungguh untuk mendapatkan ridho dari allah SWT dengan membuka kedua telapak tangan, jika mampu.

Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihin nusyur

Yang artinya kurang lebih :

“Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari Kiamat.” (Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Al-‘aidrus)

Keutamaan Membaca Doa di Pagi Hari

Meski cukup sedikit singkat, namun ada banyak sekali keutamaan di balik doa di pagi hari yang dapat di hafalkan

Bentuk Rasa Syukur

Dengan membaca sebuah doa di pagi hari yang merupakan salah satu bentuk rasa syukur yang di panjatkan kepada tuhan kita yaitu Allah SWT atas segala nikmat tidur di malam hari. Pada saat kedua mata terbangun Kembali, allah telah memberikan kesempatan hidup kepada hambanya untuk senantiasa berusaha.

Dan oleh dialah yang menjadikan sebuah malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangkit berusaha.” (QS. Al Furqan: 47).

Lebih Dekat degan Allah SWT

Dengan berdoa di pagi hari juga membuat hambanya selalu merasa lebih sangat dekat dengan penciptanya. Dengan persaaan yang sangat tenang dan juga sangat damai di pagi hari, segala aktivitas pun tak terasa akan menjadi mudah dan selalu ringan. Hal ini juga di lantaran berdoa di pagi Hari yang membuat hambanya senantiasa selalu mengingat Allah SWT di setiap Aktivitasnya sehingga taka da ketakutan yang berarti saat berhadapan dengan hal di dunia yang hanya bersifat sementara di alam dunia ini. setiap manusia yang hidup di dunia ini, pasti memiliki keinginan dan juga hrapan.