Fungsi dan Jenis Layanan Hosting Indonesia

  • 2 min read
  • Dec 14, 2020
Layanan Hosting Indonesia

Seseorang yang familiar dengan website, blog pasti tahu apa itu hosting Indonesia. Hosting memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat penyimpanan data dari website. Semua data websites di tempat yang bernama hosting. Tanpa hosting, website tidak mungkin bisa Anda akses melalui jaringan internet.

Pemilik website baik pribadi maupun perusahaan tentu wajib membutuhkan hosting. Teknologi canggih bernama hosting inilah yang memungkinkan setiap pengguna internet bisa bebas membuka website.

Hosting merupakan pengetahuan dasar yang harus dipelajari jika ingin membangun sebuah website. Pengetahuan tentang hosting meliputi fungsi utama, atau jenis-jenisnya. Jadi, bagi Anda yang berniat membangun website untuk keperluan komersil, ada baiknya ketahui dulu pengetahuan dasar hosting.

3 Fungsi Utama Layanan Hosting

Kelebihan dari mengetahui fungsi hosting adalah agar nanti dapat memaksimalkan kinerja hosting. Hosting dengan kinerja maksimal dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Berikut adalah fungsi utama dari hosting murah yang banyak ditawarkan di internet.

  1. Untuk Menyimpan Data

Saat mengakses sebuah website, pasti Anda melihat gambar, video, suara, atau file berupa teks. Pernahkan terlintas di pikiran Anda, bahwa semua file tersebut disimpan dalam suatu tempat bernama hosting? Ya, hosting memang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan beragam data dari website. Itulah yang membuat mengapa website dapat diakses secara online oleh jutaan pengguna internet.

Kalau diibaratkan, hosting itu seperti rumah yang menyimpan berbagai benda. Benda atau perabotan di dalam rumah itu seperti website dengan data-datanya. Website bisa menyediakan berbagai macam informasi kepada pengguna internet karena ada hosting di dalam servernya.

  1. Website Dapat Diakses

Mengapa seseorang bisa mengakses sebuah website melalui jaringan internet? Sebuah website dikatakan online apabila setiap pengguna internet dapat membukanya. Di sinilah peran dari sebuah hosting. Hosting membantu agar sebuah website bisa diakses oleh pengguna internet kapanpun dan dimanapun.

Penyedia jasa hosting murah yang profesional pasti tahu cara supaya website selalu online. Pihak penyedia yang berkualitas akan memberi jaminan website tetap aman, meskipun ada gangguan berupa bencana alam atau cuaca buruk.

Website yang tiba-tiba down atau tidak bisa diakses bisa mendatangkan kerugian bagi pemiliknya. Jadi, sebaiknya pilih jasa hosting Indonesia yang benar-benar profesional dan memberi jaminan website tetap online selama 24 jam setiap harinya.

Fungsi terakhir dari hosting adalah untuk pengalihan dari suatu DNS. Anda bisa mengakses sebuah situs web yang terhubung dengan DNS. Jadi, saat ada yang membuka website tersebut, tautan dari hosting yang dipakai oleh hosting akan diakses oleh server.

Jenis-jenis Layanan Hosting Indonesia

Berikut adalah beberapa jenis layanan dari hosting Indonesia. Anda bisa memakai jenis hosting sesuai dengan kebutuhan.

  • Shared Hosting

Shared Hosting atau yang juga dikenal dengan virtual hosting merupakan jenis layanan yang paling sering digunakan. Dinamakan Shared Hosting karena server menyediakan lebih dari satu hosting yang bisa dipakai bersama-sama oleh banyak pengguna. Biaya sewa shared hosting lebih murah dari jenis layanan hosting lainnya.

  • Hosting Gratis

Anda tidak perlu mengeluarkan untuk memakai hosting gratis. Jenis layanan hosting ini lebih cocok digunakan oleh pemula atau yang baru belajar main blog atau website. Namanya juga layanan gratis, pasti lebih banyak kekurangan daripada hosting berbayar. Kekurangannya meliputi; banyak iklan yang bermunculan, kapasitas penyimpanan tidak besar, jumlah bandwidth yang terbatas, dan fitur-fiturnya kurang lengkap.

Demikian informasi mengenai fungsi beserta jenis-jenis layanan hosting Indonesia. Pilihlah jenis layanan yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan yang Anda perlukan. Jika niar awal membuat website untuk mendapat uang, sebaiknya gunakan Shared hosting murah. Ada beberapa penyedia layanan hosting yang sesuai dengan kriteria hosting terbaik.