Hal-hal yang Harus Disiapkan Sebelum Melangsungkan Pernikahan

  • 2 min read
  • May 06, 2021
wedding venue

Menikah merupakan momen sakral yang umumnya dilakukan sekali dalam seumur hidup. Maka tidak heran jika setiap calon pasangan yang akan menikah mengharapkan momen pernikahan yang sempurna dan menyentuh. Oleh sebab itu, harus dibutuhkan persiapan pernikahan yang sangat matang. Ada beberapa hal yang wajib ada dalam persiapan pernikahan ini, yaitu persiapan pernikahan secara mental, fisik, serta tentunya pada, biaya.

Tidak jarang juga telah banyak pasangan yang menghabiskan kocek yang cukup besar untuk mewujudkan momen pernikahan yang agar hasilnya sempurna dan berkesan seumur hidup. Akan tetapi bagaimana jika budget untuk melangsungkan pernikahan terbatas, atau malah sengaja dibatasi, agar bisa mempersiapkan biaya setelah menikah nantinya?

Tenang, jangan khawatir karena masih ada banyak cara untuk mewujudkan pernikahan sempurna meski jika hanya memiliki budget yang rendah tapi tidak mustahil mewujudkan pernikahan yang indah dan berkesan. Karena nyatanya, jika kamu termasuk pasangan yang pandai mengelola atau memanajemen, bisa juga akan punya pesta pernikahan yang berkesan meski dengan budget yang pas-pasan.

Tahapan-tahapan sebelum melangsungkan pernikahan

Sebelum kamu mulai menghitung kebutuhan pernikahan sesuai dengan budget, kamu perlu, melakukan persiapan pernikahan yang lainnya juga.

Karena persiapan yang sebetulnya sangat penting, akan tetapi sering kali terlewatkan karena sibuknya mempersiapkan pernak-pernik pernikahan saja. Berikut yang harus disiapkan sebelum melangsungkan pernikahan.

Kesiapan mental

Apakah kamu pernah mendengar nasihat atau kata-kata, seperti ini (Not just prepare your wedding, but your marriage also), jika pernah maka menikah tidak hanya berhenti pada sebuah pesta pernikahan saja, akan tetapi masih ada kehidupan yang sangat panjang setelahnya, maka dari itu sangat dianjurkan jika masing-masing calon harus menyiapkan dahulu mentalnya.

Restu keluarga

Budaya yang ada di Indonesia, yaitu menikah tidak hanya menyatukan dua pribadi yang berbeda saja, namun juga dua keluarga besar yang sebelumnya tidak pernah kenal. Maka dari itu, setelah kedua pasangan yakin ingin membangun rumah tangga bersama, segera sampaikan niat tersebut kepada orang tua.

Medical check up

Selanjutnya yang harus disiapkan adalah tes kesehatan untuk pasangan yang akan menikah hal ini lumayan penting, baik untuk calon pengantin ataupun untuk calon anak kelak. Tes kesehatan juga sebagai persiapan pernikahan biasanya terdiri dari beberapa hal seperti Golongan darah dan rhesus, TORCH, Tingkat gula darah, USG Ginekologi, dan Penyakit menular seksual.

Ikut bimbingan pranikah

Bimbingan pernikahan sudah ada di Indonesia sejak tahun 2020 ini, dalam Undang-undang RI Nomor 16 Tahun 2019 mengenai Perubahan Atas UU Nomor 1 Tahun 1974 mengenai Perkawinan, yang menganjurkan setiap calon pengantin diwajibkan untuk mengikuti bimbingan pranikah.

Memanfaatkan jasa wedding organizer

Untuk kamu yang tidak mau ribet dan sekarang waktunya untuk mulai menyusun rencana pesta pernikahan agar sesuai dengan keinginan. Tapi kamu jangan lupa, ambil dulu kesepakatan dengan calon pasangan mengenai berapa budget yang akan digunakan.

Karena dalam menyewa jasa wedding organizer tentu lebih mudah, karena mereka daftar nama relasi seperti katering, tempat nikah yang bagus, dekorator yang bagus, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mempercayakan kepada wedding venue dari HARRIS Hotel, yang sudah banyak membantu para calon pasangan mengadakan pesta pernikahan yang meriah dan berkesan. Bukan hanya itu wedding venue ini juga bisa dipesan melalui online yang bisa kamu lihat di website resminya langsung di www.harishotels.com.