Ini Dia Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam

  • 2 min read
  • Jan 22, 2020
Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam

Rambut merupakan mahkota manusia, terutama untuk para perempuan. Dengan berbagai cara akan dilakukan untuk merawat rambut agar tetap sehat dan tidak mengalami kerusakan yang dapat mengganggu penampilan. Yuk simak cara menghilangkan ketombe dengan cepat.

Biasanya orang-orang akan merasa terganggu dengan salah satu masalah kulit kepala yang tak lain ketombe yang dapat merusak penampilan. Masalah ini merupakan masalah yang paling sering dialami.

Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati yang berlebih dan akan menumpuk dalam jumlah yang besar dengan bentuk seperti serpihan-serpihan berwarna putih atau kelabu pada kulit kepala.

Hal tersebut akan dikatakan normal jika pengelupasan kulit hanya sedikit, namun jika berlebih hal ini akan menimbulkan gejala jamur atau kutu rambut. Maka perlu dilakukan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan juga menjaga penampilan agar tidak risih karena ketombe berjatuhan.

Garam dapat membantu menghilangkan ketombe serta dapat meringankan gejalanya. Bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasannya di bawah ini.

  • Garam dan Lidah Buaya

Kombinasi dari lidah buaya dan garam ini sudah banyak digunakan di Korea sebagai perawatan rambut. Garam dengan kandungan mineralnya dipercaya dapat menghilangkan ketombe dan meresap minyak berlebih di kulit kepala. Lidah buaya mengandung protein, kalsium, fosfor, karbohidrat, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Tak heran jika lidah buaya memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk merawat rambut seperti menghitamkan rambut, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, serta menghilangkan ketombe. Lidah buaya akan melindungi rambut dari efek samping penggunaan garam.

Taburkan garam pada batang lidah buaya yang kemudian akan digosokkan perlahan pada kulit kepala. Penggunaan ini harus rutin dilakukan dengan aturan yang sesuai untuk membuat hasil yang baik.

  • Garam dan Cuka Apel

Garam juga dapat dicampurkan dengan cuka apel sebagai scrub yang dapat menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Kedua bahan ini dapat menjaga kelembaban kulit kepala dengan mencampurkan garam dan cuka apel hingga menjadi scrub.

Campuran ini digosokkan pada kulit kepala yang berketombe yang kemudian didiamkan sebentar. Bilas menggunakan air bersih untuk menghilangkan bekas scrub yang menempel.

  • Garam dan Air Lemon

lemon dipercaya ampuh menghilangkan ketombe kering dan rambut rontok. Manfaat lemon dengan garam akan menjadi kombinasi yang baik pula untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Garam dapur sebanyak kurang lebih dua hingga lima sendok makan dicampur dengan air lemon dan air hangat. Larutan ini dapat digosokkan pada kulit kepala sambil memijat perlahan, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu kulit kepala dibilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa larutan.

  • Garam dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat menjadi conditioner alami untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala. Kombinasi garam dengan kandungan mineralnya dan minyak zaitun yang esensial dapat mengatasi masalah rambut yang mengganggu seperti kulit kepala kering akibat ketombe.

Garam dapur sebanyak 2 sendok makan dapat dicampurkan dengan minyak zaitun secukupnya untuk kemudian dipakaikan pada kulit kepala sambil dipijat secara perlahan hingga merata dan dibiarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas seluruh permukaan kulit kepala dengan shampo untuk menghilangkan sisa campuran garam dan minyak zaitun. Cara ini dipercaya mampu membantu menghilangkan ketombe membandel.

Itulah informasi tentang Ini Dia Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam, dan  Semoga bermanfaat.