Ini Dia Keunggulan Domba Dorper

  • Riaupos
  • May 18, 2022
Domba Dorper

Akhir-akhir ini usaha dalam bidang peternakan bisa dibilang cukup menarik dan tidak kalah dengan usaha yang lainnya. Apalagi jika diterapkan pada daerah yang memiliki lahan cukup luas dan biaya tenaga kerja terjangkau. Salah satu usaha ternak yang dapat dicoba yakni budidaya domba dorper asli Australia.

Domba ini merupakan salah satu jenis hewan yang menghasilkan daging berkualitas dan kaya akan nutrisi. Disamping itu, cara merawat domba ini juga terbilang cukup mudah sebab merupakan salah satu hewan yang cocok hidup di area tropis. Nah, bagi anda yang penasaran dengan hewan  yang satu ini, berikut kami berikan ulasan mengenai sejarah dan keunggulan domba dorper untuk anda ketahui.

Sejarah Domba Dorper

Domba dorper adalah  ras domba yang menghasilkan daging dengan pertumbuhan cukup cepat. Jenis domba ini dikembangkan pertama kali di Afrika Selatan tahun 1930-an oleh Departemen Pertanian Afrika Selatan.

Ras domba ini adalah hasil perkawinan silang dari domba dorset dan domba blackhead persian. Pemilihan domba jenis blackhead persian sebab ras domba tersebut mempunyai karakter kuat, tahan banting, tergolong tidak selektif dalam konsumsi pakan khususnya ketika digembalakan dan juga mempunyai kemampuan mengasuh anak dengan baik.

Adapun pemilihan jenis domba dorset adalah karena kemampuannya dalam menghasilkan karkas berkualitas serta memiliki pertumbuhan relatif cepat. Domba dorper sendiri merupakan domba yang memiliki kepala  hitam dan tubuh yang keseluruhannya berwarna putih.
Saat ini, kehadiran domba dorset adalah yang terbesar nomor dua di Afrika Selatan. Domba ini sudah menyebar hampir di seluruh dunia. Sejumlah negara yang juga mengembangkan jenis domba ini yakni New Zeland, Australia, Kanada, Inggris, Jerman, China, Amerika Selatan, Amerika Serikat, Swiss dan beberapa negara yang lain.

Keunggulan Domba Dorper

Pemilihan jenis domba dorper sebagai breed unggulan bahkan di beberapa negara tentu bukan tanpa alasan. Di bawah ini beberapa keunggulan domba dorper yang sebaiknya anda ketahui.

1. Mudah Beradaptasi

Domba ini bisa hidup serta bertahan di berbagai kondisi iklim terutama iklim tropis. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Indonesia juga cocok untuk menjadi habitat hidup bagi jenis domba tersebut.

2. Ekonomis

Dompa dorper mudah untuk dipelihara sebab mempunyai pertambahan bobot tubuh sangat cepat dengan konsumsi pakan terjangkau sekaligus efisien.

3. Penggembalaan Mudah

Jenis domba dorper bisa dibilang sebagai hewan yang tidak selektif untuk mengkonsumsi pakan apalagi jenis rumput yang dimakan ketika penggembalaan.

4. Produktivitas Daging Sangat Baik Serta Tumbuh Dengan Cepat

Keunggulan lain yang dimiliki oleh domba dorper yakni hasil karkas serta kualitas daging  yang fantastis. Kandungan lemak dagingnya bisa dibilang cukup rendah. Breed domba dorper sendiri banyak dibudidayakan di dunia sebab mempunyai pertambahan bobot tubuh sangat cepat.

5. Kesuburan yang Tinggi

Domba dorper adalah salah satu jenis domba paling subur dan lazin melahirkan keturunan kembar. Disamping itu, induk dari domba dorper ini juga mempunyai kemampuan untuk mengasuh anak dengan sangat baik.

6. Cerdas dan Tahan Banting

Salah satu hal yang menjadi alasan mengapa banyak yang tertarik untuk mengembangkan domba dorper yakni memiliki karakter tahan banting. Disamping itu, domba ini mudah beradaptasi di berbagai kondisi iklim. Hewan ini juga menunjukkan minat bertahan hidup sangat kuat. Maka dari itu, hewan ini mempunyai umur yang panjang.

Demikian ulasan mengenai sejarah serta keunggulan domba dorper yang saat ini menjadi primadona bahkan di seluruh dunia. Apabila anda masih tergolong pemula dalam beternak domba maka anda bisa mendapatkan domba dorper terbaik melalui GB Farm. Disini tersedia domba dorper berkualitas untuk anda pilih.

Related Post :