Inilah 6 Contoh Penerapan IoT dalam Industri

  • 2 min read
  • Dec 17, 2020
Inilah 6 Contoh Penerapan IoT dalam Industri

Internet mempunyai manfaat yang beragam. Termasuk juga dapat untuk dimanfaatkan membantu dalam berbagai sektor. Koneksi internet menggunakan IoT dapat menjadi solusi dalam berbagai bidang. Inovasi ini dapat membuat akselerasi pertumbuhan bisnis dalam berbagai sektor industri. Sehingga dengan penerapan IoT akan dapat membuat industri lebih berkembang. Inovasi ini dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari untuk industri logistik, transportasi, layanan publik, retail, perbankan, dan juga berbagai sektor industri lainnya. Adapun untuk berbagai penerapan IoT dalam industri bisa di berbagai bidang berikut ini:

  • Pertanian

Bidang pertama yang dapat memanfaatkan IoT adalah dalam bidang pertanian. Pengaplikasian Internet of Things untuk sektor pertanian juga akan sangat bermanfaat dan memaksimalkan keuntungan. Dimana untuk fungsinya dapat untuk mengumpulkan data mengenai suhu, curah hujan, kecepatan angin, hingga muatan tanah. Ada banyak data yang perlu dikumpulkan dan juga digunakan untuk membuat teknik dan juga inovasi di dalam sektor pertanian. Hal tersebut akan dapat untuk membantu mengelola tanaman dengan lebih baik. Selain itu juga akan bermanfaat untuk minimalkan resiko dan limbah yang dihasilkan.

  • Energi

Sektor selanjutnya yang bisa memanfaatkan IoT adalah dalam bidang energi. Berbagai perangkat akan dapat untuk memanfaatkan energi yang sudah bisa disambungkan dengan internet. Seperti misalnya lampu, outlet listrik, televisi, dan juga berbagai hal lainnya. Hal ini mempunyai manfaat utama untuk membuat kemudahan dalam menggunakan dan memanfaatkan perangkat tersebut. Selain itu juga akan lebih mudah untuk mengaksesnya menggunakan remote control dari pengguna. Energi juga akan bermanfaat menggunakan IoT karena berfungsi sebagai penjadwalan. Mulai dari menghidupkan dan juga mematikan sesuai dengan waktu yang diinginkan.

  • Lingkungan

Manfaat selanjutnya adalah dapat dimanfaatkan untuk penerapan industri lingkungan. IOT akan dapat mempunyai sensor yang membantu untuk perlindungan lingkungan. Sehingga hal tersebut akan bermanfaat karena dapat membuat kinerja akan lebih mudah dan juga cepat. Selain itu IoT juga menggunakan data real time, sehingga akan mudah untuk mengambil keputusan lebih tepat. IoT mempunyai banyak manfaat untuk lingkungan. Seperti dapat untuk memantau kualitas udara dan juga air. Selain itu juga dapat untuk memantau binatang liar, digunakan untuk peringatan dini Tsunami dan gempa bumi. Sehingga fungsi IoT akan sangat bermanfaat dan sangat membantu dalam lingkungan.

  • Otomatisasi rumah

Penerapan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dapat untuk otomatisasi rumah. Perangkat yang sudah terhubung dengan IoT dapat untuk memantau dan juga mengontrol sistem mekanis, elektronik, dan juga elektrik yang ada dan digunakan di dalam rumah. Misalnya saja dapat untuk mengatur jadwal lampu, sehingga bisa untuk menghidupkan dan mematikannya sesuai dengan kebutuhan.

  • Kesehatan

Internet of Things juga dapat untuk bermanfaat untuk sektor medik dan kesehatan. Dimana untuk IoT akan dapat untuk merekam kesehatan sehingga dapat menjadi hal yang membantu untuk perawatan pasien. Selain itu IoT juga akan bermanfaat untuk mendapatkan teknologi canggih yang dapat dimanfaatkan oleh perawat dan juga dokter untuk memberikan layanan kesehatan terbaik.

  • Transportasi

Penerapan terakhir dari Internet of Things juga dapat dimanfaatkan untuk transportasi. IoT dapat untuk mempunyai fungsi mempunyai sistem transportasi yang membantu kehidupan sehari-hari. Seperti dapat untuk mempunyai kendaraan yang bisa parkir lebih mudah dan cerdas. Selain itu juga dapat untuk mempunyai kendaraan yang bisa untuk menyetir sendiri, dan juga akan bermanfaat untuk membantu keselamatan lebih baik ketika di jalan.

Dan itulah keenam sektor industri yang bisa di terapkan untuk teknologi IoT ini. Keren bukan ? Bahkan dengan menerapkannya selain efisiensi dari segi waktu dan resource tentu teknologi ini memiliki ketepatan dan kecepatan yang baik sehingga akan memberikan keuntungan dan pertumbuhan untuk bisnis Anda.