Inilah Sekilas Tentang Tips Kecantikan Cara Merawat Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat!

  • 3 min read
  • Jul 07, 2021
Tips Kecantikan Cara Merawat Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat

Tips Kecantikan – Wajah yang bersih dan tentunya sehat menjadi idaman banyak sekali orang. Hanya saja, beberapa orang yang menginginkan hal tersebut kerap di ganggu oleh kemunculan jerawat yang sangat membandel. Ya, jerawat atau disebut juga dengan acne merupakan gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) secara berlebihan.

Produksi minyak berlebihan ini tentu bisa menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Nah, peradangan inilah yang akan menjadi cikal bakal munculnya jerawat di atas permukaan kulit.

Selain karena adanya produksi sebum berlebihan, tidak jarang hormon juga menjadi salah satu faktor tumbuhnya jerawat. Perubahan androgen merangsang kelenjar sebaceous untuk menghasilkan mir banyak. Itulah sebabnya mengapa beberapa orang berisiko mengalami jerawat terutama untuk kalangan kaum remaja.

Jika berbicara tentang jerawat, tentunya kita tahu juga bahwa saat ini terdapat banyak sekali produk perawatan wajah yang diklaim bisa menghempaskan jerawat. Namun penggunaan produk saja tentunya tidak cukup. Agar jerawat tersebut tidak kembali lagi, anda tentu perlu melakukan perawatan wajah yang maksimal. Apa saja perawatannya? Simak ulasannya berikut ini!

Berikut Ini Tips Kecantikan Cara Merawat Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat

Jerawat memang salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami oleh sebagian besar orang terutama untuk para kaum remaja. Namun, dengan tips kecantikan berikut ini setidaknya akan ada solusi dimana anda bisa menghempas jerawat anda. Berikut ini tips kecantikan cara merawat wajah agar tidak mudah berjerawat:

  1. Rutin Mencuci Wajah

Salah satu faktor utama yang memicu munculnya jerawat yaitu malas mencuci wajah. Nah jika anda memang tidak ingin jerawatt terus muncul maka pastikan rutinlah mencuci wajah anda setiap pagi dan malam hari sebelum dan setelah beraktivitas.

Gunakanlah sabun wajah yang memang sesuai dengan jenis kulit anda. Hindari sabun yang mengandung zat wewangian ataupun alkohol karena hal ini bisa membuat kulit wajah anda kering serta iritasi. Bersihkan wajah anda dari kotoran maupun debu dengan cara memijatnya secara perlahan selama 30 – 45 detik saja.

  1. Jangan Terlalu Sering Menyetuh Wajah

Hal yang satu ini memang sederhana namun sangatlah penting. Menyentuh wajah dengan tangan memudahkan bakteri yang menempel di tangan untuk menginfeksi kulit wajah. Ahasil, hal ini akan memicu tumbuhnya jerawat. Nah, oleh sebab itu untuk mencegah kulit agar tidak mudah berjerawat selanjutnya yaitu jangan terlalu sering menyentuh wajah anda.

Jika sesekali anda ingin menyentuh wajah, maka pastikan tangan anda dalam keadaan bersih untuk mengurangi resiko menempelnya kotoran maupun debu pada kulit. Selain bisa menyebarkan bakteri, kebiasaan menyentuh wajah juga bisa mengiritasi kulit yang telah meradang akibatnya jumlah jerawat akan semakin bertambah.

  1. Hindari Memencet Jerawat

Terkadang ketika kulit wajah sedang berjerawat, anda selalu gemas dan ingin segera memencetnya. Hal ini silahkan saja anda lakukan jika ingin jerawat anda terus tumbuh! Kebiasaan memencet jerawat bisa menyebabkan inflamasi pada kulit wajah anda. Akibatnya, bakteri akan semakin menyebar luas dan jerawat yang timbul sudah pasti akan semakin banyak. Jadi, pastikan hindari memencet jerawat!

  1. Jangan Asal Menggunakan Obat Jerawat

Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan obat jerawat merupakan salah satu rangaian perawatan wajah berjerawat yang paling penting. Anda bisa mengoleskan obat jerawat secara langsung pada kulit wajah yang berjerawat setelah menggunakan serangkaian skincare.

Hanya saja, pastikan anda berhati-hati dalam pemilihan obat jerawat tersebut. Pilihlah obat totol jerawat yang memang memiliki kandungan yang cocok untuk kulit wajah anda.

  1. Selalu Gunakan Pelembab Dan Sunscreen

Terakhir, pastikan anda selalu menggunakan pelembab dan sunscreen agar kulit anda tidak mudah kering dan mengelupas. Untuk anda yang memiliki kulit mudah berjerawat maka pastikan pilihlah pelembab dengan kandungan yang ringan dengan tekstur gel atau losic. Tidak lupa anda juga perlu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit wajah anda dari paparan sinar matahari.

Nah itulah tips kecantikan tentang bagaimana cara merawat kulit wajah agar tidak mudah berjerawat. Anda juga perlu mengatur pola hidup anda dengan tepat seperti mengkonsumsi makanan bernutrisi, menghindar stress, perbanyak minum air putih dan jangan bergadang. Selamat mencoba!