Jenis Bahan Kaos Terbaik yang Digunakan di Konveksi

  • 4 min read
  • Aug 18, 2021
Jenis Bahan Kaos Terbaik

Bagi masyarakat Indonesia, menggunakan kaos sebagai salah satu pakaian sehari-hari memang pilihan yang paling nyaman. Hal ini tidak lepas dari iklim di Indonesia yang tropis, di mana kaos mampu mendukung penyerapan keringat serta tidak panas. Maka, tidak heran jika di Indonesia ada banyak konveksi kaos yang bisa dipesan sesuai dengan bahan dan desain yang diinginkan.

Bagi Anda yang ingin memesan kaos, harus mengetahui terlebih dahulu tentang bahan yang digunakan. Dalam artikel ini akan diberikan informasi apa saja bahan kaos terbaik dan sering digunakan pada konveksi.

Jenis Bahan Kaos Terbaik

Memilih bahan yang terbaik di konveksi kaos tentu saja sangatlah penting. Apalagi kaos akan digunakan sehari-hari, sehingga perlu sekali dipilih bahan yang cocok. Berikut ini adalah bahan kaos terbaik:

1. Cotton Combed

Bahan yang satu ini adalah jenis yang paling banyak digunakan di konveksi kaos. Cotton Combed terbuat dari serat kapas halus yang tipis dan memiliki tingkat kenyamanan yang disukai masyarakat. Hal ini sendiri tidak lepas dari serat kapas yang dikenal halus dan perawatannya sangatlah rapi.

Cotton combed di bagi menjadi beberapa tipe lagi, yaitu 20s, 24s, 30s dan 40s. Hal yang membedakan dari tipe-tipe itu adalah ketebalannya. Di mana angka yang tertinggi memiliki bahan yang paling tipis. Tentu saja semakin tipis bahan dari Cotton Combed harganya pun semakin mahal.

Untuk tipe yang sering digunakan adalah 20s dan 30s, karena dua bahan ini cocok sekali digunakan di iklim Indonesia. Kelebihan lain dari bahan kaos ini adalah mampu menyerap keringat dengan baik dan juga dingin ketika digunakan.

2. Polyester

Untuk bahan Polyester ini kebanyakan digunakan untuk model kaos jersey atau olahraga. Polyester dibuat dari serat sintetis yang dibuat dari hasil minyak bumi. Kelebihan lain dari bahan ini adalah tidak mudah lecek atau berkerut, tahan terhadap air, bebas kuman dan cepat sekali kering setelah dicuci. Maka tidak heran bahan polyester lebih banyak dipilih untuk baju jersey dan olahraga karena tidak mudah rusak.

3. Spandek

Bahan spandek juga merupakan bahan yang sering digunakan untuk pembuatan kaos. Bahan yang satu ini terkenal karena sangat lentur, bahkan tingkat keelastisannya bisa mencapai 5 kali ukuran asli. Spandek juga terasa lebih berat dari bahan lainnya, tapi bahan ini mempunyai ketebalan yang paling kecil dibandingkan bahan lainnya.

Kelebihan dari bahan ini adalah kelenturannya yang membantu pemakaiannya bergerak dengan bebas. Tidak hanya itu saja, bahan spandek juga dikenal tidak mudah lecek, tidak cepat melar, sangat lembut serta mampu mengikuti lekuk tubuh pemakainya. Kebanyakan yang memilih bahan spandek adalah para wanita.

4. Rayon

Dikenal juga dengan nama Viscose, bahan rayon termasuk yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Terbuat dari serat yang bernama sintesis selulosa, bahan ini memiliki karakter yang sedikit mirip dengan cotton combad. Tapi, bahan rayon dikenal harganya yang lebih mahal dari bahan lainnya, karena memang terbilang bahan mewah.

Walaupun harganya yang lebih tinggi dan membuat bahan ini sulit ditemukan di pasaran, tapi bahan ini masih menjadi pilihan. Kelebihan paling utama dari bahan ini adalah kemampuan menyerap yang sangat tinggi, rajutannya sangat rapi serta rapat dan memiliki warna-warna yang terang.

5. CVC

CVC atau Chief Value Cotton adalah bahan yang terbuat dari campuran cotton dan polyester, di mana jumlah cotton lebih banyak dibandingkan dengan polyester. Dari gabungan bahan tersebut, CVC ini memiliki kelebihan dari keduanya yaitu memiliki daya serap tinggi dan tidak mudah rusak.

Maka dari pada itu, CVC juga dikenal memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan cotton combad. Kelebihan lain dari bahan CVC ini adalah tidak mudah lecek dan juga warnanya tidak akan luntur ketika dicuci.

6. Cotton Bamboo

Mungkin sebagian dari Anda baru pertama kali mendengar tentang Cotton bamboo. Di mana tertanyata bahan ini memiliki kelebihan dari teksturnya yang sangat halus dan lembut. Seperti namanya bahan ini terbuat dari gabungan bamboo sebanyak 30% dan cotton sebanyak 70%.

Kebanyakan yang menggunakan bahan ini adalah anak-anak karena ada kemampuan dari Cotton Bamboo yang anti bakteri. Tidak hanya itu saja, kemampuannya dalam menyerap keringat juga sangat tinggi serta daya tahannya juga sangat baik. Bahkan bahan ini sangat ramah lingkungan karena bisa didaur ulang.

Bahan-bahan tersebut sering kali digunakan dalam konveksi kaos, meskipun cotton combed masih paling banyak dicari karena harganya lebih murah dan juga sangat nyaman digunakan.

Tips Memilih Bahan Kaos yang Tepat

Setelah mengetahui jenis bahan kaos yang ada, maka selanjutnya adalah mengetahui tips memilih bahan yang tepat. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Ketebalan kaos

Ketika ingin memilih bahan kaos yang tepat, sangat disarankan untuk memperhatikan ketebalannya. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin jenis bahan kaos, setiap bahannya memiliki ketebalan yang beragam.

Bagi yang ingin menggunakan kaos untuk sehari-hari lebih baik memang memilih cotton combad yang lebih murah dan juga mendukung aktivitas dengan lebih baik. Apalagi bahan ini mempunyai tipe yang dibagi berdasarkan tebal tipisnya. Ketebalan pada bahan kaos penting untuk mendukung kenyamanan ketika berpakaian.

2. Kelenturan

Tidak hanya dari ketebalannya saja, setiap bahan kaos juga mempunyai tingkat keelastisan yang berbeda-beda. Kelenturan pada bahan kaos penting untuk mendukung gerak tubuh agar lebih bebas. Tidak hanya itu saja, bahan yang lebih lentur juga akan memperlihatkan lekuk tubuh agar tingkat kepercayaan semakin tinggi. Untuk bahan yang lebih lentur bisa memilih spandek atau rayon.

3. Harga

Harga juga perlu Anda perhatikan dalam memilih bahan kaos. Setiap bahan biasanya mempunyai harga yang berbeda tergantung dari kualitas yang diberikan. Ada baiknya menyesuaikan harga ini dengan kemampuan Anda. Hingga saat ini bahan cotton combad dan polyester masih masuk kategori yang cukup terjangkau.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tips selanjutnya adalah dengan memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan. Setiap bahan kaos pun memiliki karakteristik yang berbeda-beda, seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Jika memang membutuhkan kaos untuk olahraga, maka bahan polyester adalah pilihan yang tepat. Apabila membutuhkan kaos yang memiliki tampilan yang lebih elegan, maka rayon adalah pilihan yang cocok.

5. Warna

Bahan kaos juga memiliki ragam warna yang bisa dipilih. Dalam pemilihan warna bisa dipilih berdasarkan selera, tapi ada baiknya disesuaikan dengan bentuk tubuh dan juga aktivitas yang akan dilakukan. Contohnya adalah jika aktivitas sering dilakukan di luar, ada baiknya menghindari warna gelap.

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa dengan mengetahui bahannya maka akan lebih mudah untuk memilih kaos yang tepat. Jika Anda membutuhkan konveksi kaos, lebih baik untuk pesan di https://captainkonveksi.com/. Di situs tersebut Anda akan mendapatkan kaos dengan kualitas tinggi serta harga yang berani bersaing.