Sebagai seorang yang baru memulai bisnis atau membaut sebuah website, pasti sangat asing jika kita di tanya tentang SEO atau search engine optimization, lalu apa itu SEO, secara singkat SEO bisa di katakan sebagai usaha untuk optimalisasi sebuah website sehingga dapat memudahkan website anda untuk mendapatkan rengking tertinggi di mesin pencari google.

Ok langsung saja kita bahas SEO, search engine optimization atau bisa di singkat dengan SEO adalah upaya, usaha cara pengotimasi  webite guna mendapatkan peringkat tertinggi pada hasil pencarian dan memudahkan Anda untuk memperoleh rangking teratas di hasil pencarian, maka secara otomatis, potensi organik grafik anda pun akan meningkat.

Lalu apa saja manfaat dari SEO? Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari SEO atau search engine optimization, di antaranya yaitu:

  • Mendapatkan trafik yang potensial atau tinggi, website yang telah melakukan optimasi dengan baik maka akan mendapatkan peringkat yang teratas pada mesin pencari, maka peluang dalam memperoleh trafik atau pengunjung pasti akan semakin besar.
  • Meningkatkan brand awarenes, brand awareness yaitu kemampuan calon pembeli dalam mengenali atau mengingat sebuah merek, ketika sebuah merek semakin terkenal, maka intensitas penjualan juga akan semakin juga akan semakin meningkat.
  • Mendapatkan data customer atau pembeli secara gratis, banyak sekali pengusaha Online yang bersedia mengeluarkan banyak biaya hanya untuk memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak calon pembeli maupun para pembeli dari bisnis mereka.
  • Dapat membantu anda dalam mendapatkan trafik yang tepat.

Lalu apa saja jenis jenis dari SEO? SEO memiliki dua jenis yaitu SEO on page dan SEO off page, keduanya memiliki kepentingan yang sama dan saling berkaitan, dan berikut ini adalah pembahasan mengenai dua jenis SEO tersebut, yaitu:

  1. SEO on page, merupakan langkah optimasi SEO yang di lakukan di dalam Website anda, langkah langkah yang dalam optimasi SEO on page yaitu: permalink, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, tema responsif, hingga linking.
  2. SEO Off page, merupakan langkah langkah optimasi SEO dari luar website, optimasi konten dan website saja belum cukup untuk membuat website anda muncul di atas halaman pencarian, ada banyak sekali faktor di luar website yang dapat berpengaruh terhadap kualitas website anda, salah satunya yaitu backlink atau inboun link, backlink yang menjadi indikator bahwa konten anda menjadi rujukan website lain, semakin banyak website yang berkualitas maka akan semakin banyak pula yang akan merujuk ke website anda.

Alasan mengapa SEO di wajibkan untuk website Anda:

  • Mesin pencari adalah sumber informasi.
  • Trafik di dominasi konten di halaman pertama, SEO akan membuat konten anda muncul di halam utama, ini bisa membuat trafik konten anda semakin besar.
  • Website anda di temukan melalui berbagai kata kunci, hal ini bisa membuat website anda mudah untuk di temukan, sehingga anda bisa menjangkau lebih banyak audiensi atau pengunjung.
  • Brand awareness dan kredibilitas meningkat, sebanyak 88 persen konsumen memiliki riset Online sebelum melakukan pembelian, hal ini bisa bisa memiliki brand awareness yang baik.
  • Trafik organik lebih mudah di konversi.

Itulah beberapa manfaat dan juga jenis dari pada SEO, semoga bermanfaat.