Jenis-jenis Kerusakan AC

  • 2 min read
  • Aug 27, 2021
Kerusakan AC

Kerusakan pada AC merupakan masalah yang cukup serius dan bisa mengganggu berbagai aktivitas keseharian. Mungkin anda pernah mengalami AC di ruangan anda tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Kerusakan pada AC bukan hanya menjadikan ruangan terasa tidak nyaman saja, namun bisa jadi anda harus merogoh kocek sebagai biaya perbaikan oleh Jasa Service AC Bintaro.

Biaya yang anda keluarkan untuk perbaikan AC memang sangat beragam tergantung dengan jenis kerusakan mesin pendingin tersebut. Nah, dalam kesempatan ini kami ingin menjelaskan mengenai jenis-jenis kerusakan AC yang perlu anda kenali. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

  • AC mengeluarkan udara yang tidak segar

Jenis kerusakan AC yang pertama yaitu AC mengeluarkan udara yang tidak segar serta panas yang menjadikan ruangan terasa tidak nyaman. Penyebab kerusakan AC ini yaitu kondisi kotor karena jarang dibersihkan yang akhirnya menyumbat saluran udara yang berfungsi sebagai penyejuk ruangan.

Udara yang panas dan tidak segar tentu memiliki kualitas udara yang buruk. Umumnya jika masalah ini terjadi, anda perlu membersikan bagian filter, kipas atau evaporator. Bagi anda yang tidak ingin membersihkannya sendiri maka bisa memanggil Jasa Service AC Bintaro untuk menanganinya.

  • Kehabisan freon

Jenis kerusakan AC ini sangat sering ditemukan pada AC yang dipasang di kantor maupun rumah. Freon bertugas untuk membuat AC terasa dingin dan sejuk. Apabila freon habis maka ini akan menjadikan AC tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Bukan hanya itu saja, jika freon AC anda habis akan tetapi anda tetap memaksa untuk menyalakannya maka ini bisa memberikan dampak yang buruk bagi kerusakan AC anda. Pastikan AC yang anda pasang tidak kehabisan freon sebab dapat menjadikan AC tidak berfungsi secara optimal.

  • Kerusakan unit outdoor

AC yang dipasang di rumah terdiri atas dua unit sistem, yaitu outdoor dan indoor. Seperti namanya, unit outdoor terletak di bagian luar ruangan akan tetapiĀ  tetap terhubung melalui pipa dengan unit indoor.

Kerusakan AC ini umumnya sangat menyusahkan sebab cukup rumit sehingga anda membutuhkan Jasa Service AC Bintaro untuk menanganinya. Adapun bagian outdor umumnya terjadi kerusakan akibat bebarapa hal seperti kompresor yang mengakibatkan AC tidak terasa dingin.

  • Kebocoran AC

Kerusakan AC ini juga tidak kalah mengganggu. Pendingin ruangan yang mengalami kebocoran pasti akan sangat menyusahkan. Penyebab dari jenis kerusakan AC ini dapat terjadi karena tabung penampung atau popa mengalami kerusakan.

Kebocoran pada AC ini bisa terjadi karena adanya kotoran AC yang akhirnya menyumbat bagian selang pembuangan air di bagian luar ruangan. Apabila selang tersebut mengalami kerusakan, maka air bisa menumpuk pada popa atau tabung penampung unit ruangan.

Kemampuan untuk menampung air yang sangat terbatas apabila tidak dibersihkan dengan segera maka akan menyebabkan air mengalir keluar serta merusak berbagai peralatan yang ada di bawahnya. Kebocoran AC juga bisa terjadi karena pipa yang pecah atau bocor. Adapun cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggantinya dengan pipa yang baru dari Jasa Service AC Bintaro.

Demikian uraian mengenai jenis-jenis kerusakan AC yang biasanya terjadi. Saat AC anda mengalami masalah seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka anda harus segera memperbaikinya. Menggunakan Jasa Service AC Bintaro merupakan pilihan tepat yang akan membantu anda dalam memperbaiki AC yang rusak. Tentunya anda akan mendapatkan pelayanan yang terbaik dengan harga yang ramah di kantong.