Kelebihan Cloud Gaming, Bisa Bermain Game Berat Di Komputer Biasa

  • 2 min read
  • Dec 13, 2020
Kelebihan Cloud Gaming

Cloud Gaming merupakan sebuah platform yang akan membantu gamers memainkan game berat dari komputernya. Secara umum, ada dua jenis cloud gaming yang tersedia saat ini yakni video streaming dan file streaming. Cloud gaming akan sedikit mengubah cara seseorang bermain game. Teknologi ini menjadi solusi masalah spesifikasi komputer yang kurang memadai untuk bermain game.

Layanan ini tidak berbeda jauh dengan streaming video di Youtube ataupun Netflix. Namun, Anda benar-benar bisa mengendalikan game yang dimainkan. Game secara keseluruhan berlangsung di server cloud gaming. Sementara Anda bisa melihat grafis dan mengendalikan game secara streaming.

Kelebihan Cloud Gaming Akan Mudahkan Penggemar Game

Anda hanya butuh koneksi internet yang lancar untuk menikmati game-game berat yang menjadi favorit. Lalu apa saja kelebihan dari cloud gaming ?

  • Bisa Bermain Tanpa Menginstal

Pada umumnya, ukuran file game saat ini bisa mencapai 10GB bahkan lebih. Besarnya file tersebut akan memaksa Anda untuk menunggu lebih lama proses penginstalannya. Hal itu tentunya akan menjadi masalah, terlebih ketika mengalami eror. Cloud gaming menjadi solusi dari masalah ini, Anda tidak perlu melakukan penginstalan mandiri untuk bisa bermain game.

Cloud gaming telah mendukung Instant game launch. Anda bisa dengan cepat memulai sebuah game yang memang sudah tersedia. Komputer Anda tidak akan terbebani oleh file game yang dimainkan. Semua data tersimpan di server cloud gaming.

  • Tidak Perlu Beli Perangkat Komputer Mahal

Jika Anda tidak memiliki uang untuk meningkatkan spesifikasi komputer, cloud gaming akan menjadi solusi. Pemain tidak perlu membeli perangkat game yang mahal. Anda hanya memerlukan komputer dengan spesifikasi standar pada umumnya. Karena kunci dari cloud gaming ini ada pada koneksi internetnya.

Kenapa tidak butuh perangkat komputer mahal ? Jawabannya karena seluruh proses ketika bermain game berlangsung di server. Komputer Anda hanya bertugas untuk menampilkan layar permainan dan juga mengirim perintah kontrol, sehingga tugasnya jauh lebih ringan.

  • Bisa Bermain Dimanapun

Pada saat liburan, Anda tentu tidak akan membawa komputer yang menjadi andalan untuk bermain game. Dengan cloud gaming, Anda tetap bisa bermain game favorit  menggunakan laptop maupun smartphone. Teknologi komputasi yang hebat saat ini menjadikan proses yang berat menjadi lebih ringan, begitupun dengan game.

Anda tentu tidak ingin ketinggalan event dalam game hanya karena tidak tersedia komputer dengan kemampuan tinggi. Saat ini ada banyak platform cloud gaming yang bisa Anda coba. Mulai dari Vortex, Nware, Stadia dan masih banyak lagi.

  • Multi platform

Apakah Anda beranggapan cloud gaming hanya tersedia untuk komputer ? Tentu tidak. Anda bisa memainkan game PC maupun konsol dari smartphone yang dimiliki.  Ini menjadikan pilihan game menjadi lebih beragam, dan tentunya menambah keseruan dalam bermain. Anda tidak akan merasa jenuh saat harus berlama-lama berhadapan dengan komputer.

Dengan tersedianya cloud gaming untuk smartphone, Anda akan lebih leluasa dalam bermain. Bermain di dekat pantai sambil menikmati suasana yang indah menjadi pilihan terbaik.

  • Tidak Perlu Pembaruan Mandiri

Dengan cloud gaming, Anda benar-benar akan dimanjakan untuk bermain game. Tugas melakukan pembaruan game tidak perlu dilakukan lagi. Semua game yang tersedia di cloud gaming dipastikan dalam kondisi versi terbaru. Anda bisa langsung memainkan game apapun tanpa perlu menunggu lama.

Itulah beberapa kelebihan dari cloud gaming yang akan memudahkan para penggemar game. Jika Anda ingin mengetahui informasi mengenai teknologi lebih lengkap, bisa mengunjungi wakdroid.com. Jangan sampai ketinggalan artikel-artikel bermanfaat yang menarik.