Kelebihan Cloud Server untuk Menyimpan Data Agar Aman

  • 2 min read
  • Dec 16, 2020
Kelebihan Cloud Server

Cloud server adalah layanan hasil penggabungan dari teknologi komputer dengan jaringan berbasis internet. Dengan adanya cloud server, Anda bisa menyimpan berbagai data digital tanpa khawatir hilang. Layanan ini mengubah cara seseorang menyimpan file, dari yang awalnya menggunakan penyimpanan fisik beralih ke penyimpanan cloud. Jenis server ini bisa diandalkan untuk Anda yang ingin merasakan fleksibilitas.

Secara umum, cloud server difungsikan sebagai tempat penyimpanan data online. Pengguna bisa kapanpun mengakses data tersebut secara online. Server yang digunakan untuk menyimpan data memang online terus menerus tanpa henti. Data yang ada pada server bisa digunakan kapanpun, itu menjadi hak dari pengguna.

Kelebihan Cloud Server Untuk Website Anda

Layanan ini bisa juga digunakan untuk server website Anda. Performanya dipastikan akan lebih baik dibandingkan jenis server lain.

  • Biaya Lebih Terjangkau

Untuk masalah biaya, Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Cloud server bisa dibeli atau bisa juga disewa. Biayanya jauh lebih murah dibandingkan Anda menggunakan media penyimpanan fisik. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk operasional hardware lagi.

Seperti yang kita tahu, hardware sangat rentan mengalami kerusakan jika digunakan terus menerus. Ini menjadi alasan mengapa layanan cloud ini banyak diminati perusahaan. Untuk mengetahui layanan contoh cloud server , Anda bisa menggunakan layanan dari Rumahhosting.

  • Mudah Dalam Penggunaan

Salah satu kelebihan dari cloud server yakni mengenai kemudahan aksesnya. Anda bisa lebih fleksibel dalam mengakses data yang tersimpan di server. Layanan ini bekerja secara online, selama Anda masih terkoneksi dengan internet maka memungkinkan untuk mengakses data.

Dengan begitu, Anda tetap bisa mengakses menggunakan laptop, smartphone ataupun komputer teman. Untuk Anda yang bekerja secara remote, layanan ini bisa dijadikan media untuk berbagi data dengan rekan kerja. Cara ini sangat efektif dan tentunya akan menghemat banyak waktu.

  • Data yang Tersimpan Lebih Aman

Sebagai pengguna, keamanan data yang tersimpan dalam cloud server menjadi fokus utama. Data yang Anda simpan dipastikan lebih aman dibandingkan menggunakan penyimpanan fisik. Anda tidak perlu khawatir dengan kerusakan server yang mungkin saja akan terjadi.

Layanan ini akan meminimalisir kemungkinan kehilangan data ketika server bermasalah. Teknologi yang digunakan juga dapat menghindarkan masalah data corrupt. Tidak masalah jika Anda menyimpan data-data penting pada layanan ini, dibandingkan menyimpannya ke harddisk.

  • Kapasitas Penyimpanan Besar

Penyimpanan fisik seperti hardisk maupun flashdisk memiliki kapasitas yang sangat terbatas. Hal ini seringkali menjadi masalah bagi Anda yang sering berurusan dengan data-data berukuran besar. Keuntungan menggunakan cloud server, Anda bisa menyimpan data sebesar apapun.

Layanan ini memberikan kemudahan dimana Anda bisa menyimpan data tanpa ada batasan. Dengan ini tentunya akan menghemat pengeluaran untuk operasional hardware penyimpanan. Tidak perlu khawatir server akan down ketika menyimpan data berukuran besar. Server ini dirancang untuk tetap bisa beroperasional setiap saat. Tingkat downtimenya juga lebih rendah dibandingkan dengan shared hosting ataupun VPS.

  • Kinerja Maksimal

Cloud server memiliki kinerja yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis server lainnya. Layanan ini memakai sumber daya yang besar untuk mendapatkan performa yang maksimal. Dengan begitu, Anda akan merasakan kecepatan ketika menyimpan maupun mengambil data yang ada pada server.

Jika digunakan untuk web hosting, website akan lebih cepat ketika diakses oleh pengunjung.

Tertarik untuk segera menggunakan cloud server ? Anda bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Rumahhosting. Dengan penggunaan sumber daya dan hardware terbaik, Anda akan merasakan server yang cepat dan tangguh.