Keunggulan Tabungan Berbasis Syariah

  • 2 min read
  • May 29, 2021
Tabungan syariah

Tabungan berbasis syariah memang terbilang masih belum umum di tengah masyarakat saat ini. Hal tersebut lantaran program tabungan ini belum dijalankan oleh semua bank di Indonesia. Baru beberapa bank saja yang menjalankannya dan biasanya adalah bank syariah. Tabungan syariah sebenarnya sangat menguntungkan, terutama bagi para muslim. Pasalnya tabungan ini menggunakan konsep syariah sehingga bebas dari riba. Di samping itu, ada beberapa keunggulan lainnya di antaranya yaitu:

Bebas Biaya Administrasi

Beberapa tabungan dari bank konvensional terkadang memang menghadirkan fasilitas bebas biaya administrasi. Namun hal tersebut masih sangat sedikit dan jarang ditemukan. Selain itu, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh nasabah untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Berbeda dengan tabungan berbasis syariah di mana fasilitas bebas biaya administrasi bisa didapatkan tanpa adanya persyaratan khusus.

Tidak Menggunakan Sistem Bunga

Keunggulan tabungan berbasis syariah yang paling utama adalah tidak adanya sistem bunga. Pada tabungan konvensional, biasanya Anda akan mendapatkan bunga tabungan setiap bulan. Semakin banyak dana yang ditabung maka akan semakin besar bunga yang didapatkan. Sebagai gantinya, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil yang besarnya ditentukan sesuai pendapatan bank.

Memiliki Produk Khusus

Bank konvensional pada umumnya hanya menawarkan beberapa jenis tabungan saja. Hal tersebut berbeda dengan bank syariah yang menghadirkan produk khusus untuk membantu nasabah dalam mendapatkan tujuan finansial. Beberapa produk khusus tersebut seperti tabungan umroh bank syariah untuk biaya umroh, tabungan haji, tabungan wakaf, dan tabungan qurban. Pilihan produk ini disesuaikan dengan syariat agama Islam sehingga bisa dimanfaatkan oleh para muslim.

Akad Disesuaikan dengan Syariah Islam

Akad merupakan hal yang membedakan antara produk syariah dan produk konvensional. Ada beberapa akad yang biasa digunakan pada tabungan berbasis syariah seperti akada mudharabah, akad wadiah, dan lain-lain.

Itulah beberapa keunggulan tabungan berbasis syariah yang harus Anda ketahui. Jadi Anda tidak perlu takut lagi dengan riba apabila menyimpan uang di bank. Apalagi saat ini memang tidak ada pilihan selain menyimpan di bank karena prosesnya lebih aman dibandingkan menyimpan uang sendiri di rumah. Semoga dengan tabungan yang bebas dari riba, Anda bisa mendapatkan ketenangan seperti yang diinginkan.