Keuntungan Reksadana Pasar Uang Lebih Banyak Daripada Deposito, Benarkah?

  • 3 min read
  • Oct 04, 2021
Reksadana Pasar Uang
Table Of Content [ Close ]
  • 1. Keuntungan Reksadana Pasar Uang
    • 1.1 1. Suku Bunga Lebih Tinggi
    • 1.2 2. Reksadana Pasar Uang Bebas Pajak
    • 1.3 3. Likuiditas Yang Tinggi  Dan Jangka Waktu Lebih Fleksibel
  • 2. Investasi Reksadana Pasar Uang Melalui DBS Treasures

Dalam melakukan investasi ada banyak pilihan instrumen investasi yang bisa anda pilih. Namun saat ini perlu dengan bijak memilih instrumen investasi yang tepat, salah satunya dengan memilih Reksadana pasar uang. Ada banyak keuntungan Reksadana pasar uang yang bisa anda dapatkan jika memilih instrumen investasi ini. 

Meskipun di sisi lain banyak juga yang memilih opsi investasi deposito karena dinilai aman, namun Reksadana pasar uang punya kelebihan yang sama dan juga lebih menguntungkan. Selain aman, tentu saja potensi keuntungannya juga lebih besar jika dibanding dengan deposito. 

Keuntungan Reksadana Pasar Uang

Jika Anda penasaran dengan apa saja keuntungan Reksadana pasar uang. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat.

1. Suku Bunga Lebih Tinggi

Dengan menaruh dana Anda di produk deposito, maka suku bunga yang bisa Anda dapatkan saat ini hanya sekitar 4% sampai 6% saja per tahun. Sedangkan jika memilih Reksadana pasar uang, maka anda akan mendapatkan suku bunga yang berpotensi lebih tinggi. 

Alasannya sangat jelas, karena perputaran uang saat anda melakukan investasi jenis ini tidak hanya terpaku untuk satu jenis produk investasi. Otomatis keuntungan yang anda dapatkan bisa lebih besar, apalagi ketika pasar sedang stabil dan cenderung naik. 

2. Reksadana Pasar Uang Bebas Pajak

Perlu juga diketahui bahwa  keuntungan Reksadana pasar uang adalah bebas pajak. Ini karena keuntungan Reksadana didapat dari pertumbuhan nilai aset dalam portofolio. Jadi Reksadana bukan objek yang bisa dikenai pajak. 

Tidak hanya untuk jenis Reksadana pasar uang saja, objek bebas pajak juga berlaku untuk semua jenis instrumen investasi di reksadana. Sementara untuk investasi dengan jenis tabungan deposito maka anda akan dikenakan pajak sebesar 20%. Dengan kata lain, jika instrumen investasi yang Anda pilih tidak dikenakan pajak maka profit yang didapatkan juga akan lebih banyak. 

3. Likuiditas Yang Tinggi  Dan Jangka Waktu Lebih Fleksibel

Likuiditas merupakan kemampuan perusahaan untuk dapat memenuhi kewajiban yang harus dibayarkan dengan harta yang dimiliki. Jika likuiditas semakin tinggi, angka imbalan hasil investasi akan lebih cepat dikeluarkan. Untuk jenis Reksadana pasar uang, memiliki likuiditas yang terbilang tinggi dengan minim risiko. 

Terlebih keuntungan Reksadana pasar uang juga didapat dengan fleksibilitas  dari sisi jangka waktu. Anda tidak perlu khawatir susah untuk mencairkan dana investasi reksadana karena bisa dicairkan kapan saja. Terlebih lagi, Anda tidak perlu takut akan terikat kontrak waktu dengan ikatan jangka waktu tertentu. 

Ini tentu tidak akan anda temukan pada investasi untuk jenis deposito. Karena menyimpan uang di instrument deposito tentu Anda harus berkomitmen dengan jangka waktu tertentu. Untuk jangka waktunya juga berbeda-beda, mulai dari 3 bulan, 6 bulan sampai 1 tahun. 

Jika anda ingin mencairkan dana sebelum di luar jangka waktu jatuh tempo deposito Anda, maka Anda akan dikenakan yang namanya penalti. Artinya Anda harus membayar sejumlah biaya untuk denda. Biasanya jumlah yang harus dibayarkan yaitu 2% dari jumlah deposito anda. 

Investasi Reksadana Pasar Uang Melalui DBS Treasures

DBS Treasures merupakan priority banking yang dapat membantu anda untuk melakukan investasi reksadana pasar uang dengan sangat mudah. Tidak hanya investasi jenis pasar uang saja, ada beberapa instrumen investasi reksadana lainnya yang juga bisa dilakukan. 

Seperti misalnya reksadana investasi saham, Reksadana pendapatan tetap, dan Reksadana campuran. Untuk lebih jelasnya, berikut keuntungan Reksadana pasar uang melalui DBS Treasures. 

  • Dilakukan oleh profesional, perlu diketahui bahwa investasi lewat Reksadana dilakukan oleh manajer investasi. DBS Treasures sebagai priority banking dan bukan sebagai manajer investasi, tetap membantu anda untuk kelola investasi dengan menganalisa pasar untuk menemukan produk investasi yang tepat untuk anda. DBS Treasures juga bermitra dengan manajer investasi profesional dan terkemuka untuk mengelola dana anda. 
  • Adanya wawasan tambahan untuk memandu melakukan investasi, saat berinvestasi tentu anda butuh panduan terbaik. DBS Treasures memberikan dukungan tim ahli finansial yang proaktif. Anda akan dibantu dengan adanya analisa pasar paling update dan juga peluang-peluangnya. Sehingga keuntungan maksimal bisa didapatkan.
  • Meningkatkan diversifikasi, investasi reksadana di DBS Treasures membantu untuk peningkatan diversifikasi karena tentu saja dana anda akan dikelola ke banyak instrumen. Melakukan diversifikasi tujuannya adalah untuk mengurangi risiko investasi. Siapapun yang melakukan investasi reksadana atau instrumen lain, pasti sangat menyukai jika risiko investasi bisa diminimalisir sekecil mungkin.
  • Likuiditas harian, perlu diketahui pula bahwa anda sebagai pemegang Reksadana bisa menjual kepemilikan dana berdasarkan harga nilai aktiva bersih. Dan tentu saja sangat menarik karena  bisa dijual pada hari yang sama. 
  • Aman, Umumnya Reksadana yang dijual melalui bank, adalah produk reksadana dari manajer investasi yang profesional dan memiliki rekam jejak yang jelas. Sudah pasti Manajer Investasi ini terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi dipastikan bahwa investasi dengan Reksadana cukup aman
  • Pengembangan kekayaan lebih mudah, jika ingin mengembangkan kekayaan lewat investasi reksadana pasar uang sangat tepat jika memilih DBS Treasures. DBS Treasures sebagai priority bank akan membantu anda untuk melakukan partisipasi dalam investasi dengan dana yang lebih besar. Dengan dana yang besar, tentu akan berpotensi memberikan keuntungan yang tinggi pula. Salah satunya bisa juga dengan memilih instrumen reksadana  investasi saham untuk keuntungan yang lebih banyak. Tentunya pemilihan instrumen investasi harus disesuaikan dengan profil risiko Anda, tujuan keuangan Anda dan jangka waktunya. 

Dari beberapa penjelasan diatas, tentu Anda sudah tahu bahwa ada poin-poin yang menegaskan keuntungan Reksadana pasar uang lebih banyak dibanding deposito. Anda sebagai pemilik dana, dapat memilih partner manajemen keuangan DBS Treasures untuk mengembangkan dana dan kekayaan Anda, dengan mengeksplorasi banyak produk investasi lainnya, seperti  investasi Reksadana pasar uang.