Mengenal Map Folder yang ada di Perkantoran

  • Riaupos
  • Aug 08, 2022
map folder

Apa sih map folder itu? Mungkin sebelumnya Anda pernah mendengar maupun membaca istilah tersebut. Lantas, apa saja jenis map yang bisa digunakan untuk perusahaan, intansi maupun organisasi dan apa fungsinya? Tentu akan sangat menarik kita mengetahui lebih lanjut tentang peralatan kantor yang satu ini.

Apa sih Map Folder Itu?

Map folder adalah sebuah kertas atat yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam berkas-berkas berharga yang bukan merupakan sebuah buku. Misalkan berbagai macam sertifikat, kliping majalan maupun koran, kontrak kerjasama dan berkas-berkas lainnya.

Map ini juga berfungsi sebagai wadah berkas-berkas yang akan dikirimkan pada suatu perusahaan maupun instansi seperti berkas lamaran kerja. Anda bisa juga mendeskripsikannya sebagai “sampul buku” karena memang berfungsi seperti sampul buku yaitu menyampuli berkas-berkas tersebut. Bagian dalam map ini terdapat pengait maupun kantong yang berfungsi untuk mengaitkan folder-folder tersebut agar rapid dan ketika map folder diambil, berkas-berkas di dalamnya tidak berserakan.

Bahan dan Ukuran Map Folder

Terdapat 2 jenis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda yaitu map kertas dan map plastik. Tentunya kedua jenis map ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sedangkan ukuran map sangat beragam, rata-rata ukuran yang beredar di pasaran menyesuaikan ukuran kertas yang kerap digunakan untuk mencetak berkas contohnya adalah kertas HVS dan folio.

Map dari Bahan Kertas

Map folder kertas terbuat dari beberapa jenis kertas seperti kertas buffalo dan art paper. Jenis map dari kertas buffalo memiliki ketebalan yang mirip dengan kertas manila dan memiliki karakteristik agak kaku. Permukaannya kesat, cukup halus dan memiliki beragam pilihan warna.

Sedangkan Map art paper memiliki ketebalan yang sama dengan map kertas buffalo, tetapi permukaannya mengkilap, lebih halus dan berwarna dasar putih. Selain itu, ada juga map kertas yang dibuat dari kertas daur ulang yang lebih tipis dibandingkan map kertas buffalo maupun art paper, permukaannya kasar dan warnanya pucat.

Map kertas biasanya memiliki 2 macam pengait yaitu pengait dari besi dan pengait dari kertas. Berkas-berkas yang akan disimpan pada map kertas dengan pengait besi perlu dilubangi dahulu agar bisa dimasukkan ke dalam pengait tersebut. Sementara berkas-berkas yang akan disimpian pada map kertas yang pengaitnya juga dari kertas tidak perlu dilubangi.

Map dari Bahan Plastik

Map folder plastik terbuat dari berbagai macam plastik seperti plastik PVC dan plastik mika.  Jenis map yang terbuat dari plastik PVC bentuknya seperti buku, memiliki karakteristik yang tebal, sangat kaku hingga tidak bisa ditekuk dan menggunakan pengait dari besi.

Pengait pada map plastik ini ada dua macam yaitu pengait yang mengharuskan penggunanya melubangi berkas-berkas da nada pengait yang tidak mengharuskan penggunanya melubangi berkas-berkas.

Map plastik yang terbuat dari mika bentuknya seperti tas tangan yaitu ada tutup dan kancingnya dan tidak memiliki pengait. Map foldr plastik ini lebih tipis dibandingkan map plastik PVC dan masih bisa ditekuk maupun dilipat.

Related Post :