Pengertian Hybrid Working Serta Kelebihannya

  • Riaupos
  • Jul 21, 2022

Kerja Hybrid dalam pengertiannya diartikan sebagai suatu pekerajan yang pengerjaannya tidak dikaitkan dalam tempat khusus. Atau bisa diartikan pekera dapat mnegerjakan pekerjaannya diberi kebebasan dimana dia harus mengerjakannya. Karena itu konsep hybrid working ini sendiri sering dikaitkan dengan WFH (work from home). Banyak juga orang yang mengartikannya sebagai penggabungan antara bekerja dikantor, dirumah dan atau dilokasi mana saja.

Dalam kata lain perusahaan tempatnya bekerja memberikan kebebasan kepada karyawan untuk melakukan kinerjanya dimana. Dengan adanya pandemi waktu ini membuat konsep kerja yang sudah lama ini menjadi kembali menjadi tren. Namun perusahaan akan tetap menetakan hari –hari tertentu untuk karyawan masuk ke kantor.

Biasanya jadwal masuk ini lebih digunakan untuk mentoring, pengembangan diri atau orientasi karyawan. Selebihnya karyawan dapat mengerjakan pekerjaannya dirumah.

Kelebihan

Konsep ini dirasa semakin tren karena memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan kinerja seperti biasanya. Berikut ini adalah kelebihan – kelebihan yang ada dalam penerapan konsep ini :

Fleksisbilitas

Kelebihan utama dari adanya konsep ini adalah fleksibilitas yang didapatkan oleh karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Dengan adanya kebebasan yang diberikan oleh perusahaan untuk karyawan melakukan kerjanya. Hal ini membuat kerja karyawan lebih fleksibel dengan bisa memilih kerja di kantor ataupun di rumah.

Hal ini juga mampu membuat karyawan dapat menghabiskan waktu dirumahnya dengan lebih banyak dibandingkan konsep karyawan pada umumnya. Dan juga membuat karyawan tidak dituntut untuk melakukan kerjanya dalam waktu yang sama, melainkan dapat menyesuaikan dengan jam produktif masing – masing.

Meningkatkan Kesejahteraan

Bagaimana bisa demikina ? karena dengan adanya konsep ini membuat kayawan dapat memiliki work life balance yang mana pada kahirnya dapat memberikan kesejahteraan bagi karyawan. Pasalnya hal ini disebabkan karyawan dapat bekerja di rumah masing – masing. Apabila kesejahteraan karyawan terpenuhi hal ini akan menyebabkan kinerja atau produktifitas mereka akan mengalami peningkatan.

Mengurangi Biaya Operasional Kantor

Karena karyawan yang tidak diharuskan berkerja di kantor maka hal ini berdampak pada biaya operasionalnya yang semakin sedikit. Teruntuk perusahaan yang baru merintis usaha atau bisnisnya dari kecil pengurangan biaya ini pastinya sangat bermanfaat. Terutama biasa perusahaan perintisan baru belum mempunyai tempat atau kantor yang memadai hal ini sangat berguna. Biaya operasional perusahaan semakin kecil karena adanya pemangkasan utnuk makanan ringan, sewa, dan lain lainnya.

Related Post :