Pentingnya Off Page SEO, Rangkaian Mata Rantai yang Tidak Boleh Lepas

  • 3 min read
  • Mar 29, 2021
Off Page SEO

Jasa SEO yang baik tentu tahu seluk beluk off page SEO yang juga tak kalah penting dengan aspek lain. Percaya atau tidak google dan berbagai mesin pencari telah mencari cara agar memberikan hasil terbaik kepada penggunanya. Salah satu hal yang tak kalah penting dari kepemilikan website adalah faktor SEO off page sebagai tolok ukur reputasi sebuah website.

SEO off-page memberikan indikasi yang sangat baik tentang bagaimana situs web dan pengguna lain memandang situs web tertentu. Situs web yang berkualitas tinggi dan bermanfaat lebih cenderung memiliki referensi (backlink) dari situs web lain, yang artinya hasil kontennya merupakan verifikasi data dari situs terpercaya. Jika kualitas kontennya bagus, tentu pembacanya akan membagikan ke sosial media atau chat room.

Hal-hal semacam inilah yang disebut faktor SEO off page, yang tidak bisa diukur melalui kunjungan ke satu situs saja tetapi tindakan-tindakan pembaca atau visitor website yang sebenarnya bisa termonitoring.

Keuntungan SEO Off-page

Strategi SEO off-page adalah strategi yang tepat untuk web seperti meningkatkan ranking lewat SERP, yang memungkinkan situs Anda mendapat traffic yang melimpah. Dengan adanya traffic yang melimpah bukan tidak mungkin situs Anda akan lebih mudah naik peringkat di mesin pencari.  Sistem ini dibangun oleh pendiri Google dan salah satu alasan mengapa Google menjadi begitu sukses dalam menampilkan hasil yang paling relevan kepada pencari.

Situs Anda bisa mendapat eksposur yang lebih besar karena ketika sebuah situs web menempati peringkat teratas, artinya ia  mendapat lebih banyak tautan, lebih banyak kunjungan, dan lebih banyak sebutan media sosial. Seperti rangkaian peristiwa yang tidak pernah berakhir di mana satu hal mengarah ke hal lain dan kemudian ke hal lain, dll.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah bisa membangun kepercayaan di mata pengunjung dari tingginya page rank di mesin pencari. Google baru-baru ini memperkenalkan konsep Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan (E-A-T), yang memainkan peran penting dalam peringkat dan terkait langsung dengan SEO off-page.

Tolok Ukur Keberhasilan Off Page SEO

Teknik off page SEO membantu meningkatkan otoritas domain situs web, yang merupakan ukuran kredibilitas situs web dan “kemampuan” untuk mendapatkan peringkat yang baik. Sementara on page SEO memposisikan situs web untuk menentukan peringkat istilah pencarian dengan baik, dengan membantu mesin pencari memahami makna semantik situs web dan halaman webnya. Off page SEO membantu meningkatkan otoritas situs web dan interpretasi Google tentang situs web apa yang harus diberi peringkat di depan dari yang lain.

Media sosial

Seperti yang sudah disinggung pada bagian awal penggunaan media sosial membantu menciptakan kesadaran merek dan potensi pengunjung situs web. Semakin banyak situs web berpartisipasi di media sosial, semakin besar kemungkinan pengguna media sosial mengunjungi situs tersebut. Karena berkaitan dengan off page SEO, prioritas Google adalah memberikan konten berkualitas kepada penggunanya. Di antara indikator kualitas konten terbaik, adalah frekuensi konten dibagikan secara online. Pemasaran media sosial adalah cara terbaik untuk mendorong berbagi konten situs web.

Inti dari algoritma peringkat Google adalah backlink. Bagi Google, backlink dari satu situs web ke situs web lain mirip dengan rujukan dari mulut ke mulut. Semakin banyak rujukan backlink yang diterima situs web, semakin Google menganggap situs web itu relevan dan, semakin besar peringkat situs web. Karena tautan balik sangat penting untuk otoritas domain dan peringkat yang baik, itu cenderung juga menjadi area dengan penyalahgunaan terbesar dalam hal spam.

Jika jasa SEO tidak menggunakan praktik terbaik SEO untuk membangun link yang benar, mereka mungkin hanya berfokus pada jumlah backlink. Akan tetapi yang lebih penting untuk meningkatkan peringkat adalah kualitas link yang baik. Kunci untuk mendapatkan backlink berkualitas baik adalah menyediakan konten berharga di situs web Anda yang mungkin dirujuk dan ingin dibagikan oleh orang lain kepada pengunjung situs web mereka. Akhirnya, konten adalah kunci keberhasilan backlink dan segala proses off Page SEO. Untuk menciptakan segala mata rantai online ini Anda bisa mempercayakannya kepada jasa SEO https://www.seodigital.co.id/jasa-seo/ terbaik agar mampu membangun branding website.