Pinjaman Uang 25 Juta Cicilan Ringan dan Proses Cepat

  • Riaupos
  • Apr 07, 2022
Pinjaman Uang 25 Juta
Table Of Content [ Close ]

Pinjaman jangka panjang memiliki kelebihan yaitu jangka waktu pinjaman yang panjang, angsurannya ringan atau pelunasannya lama. Ada 2 kategori pinjaman jangka panjang, yaitu yang pertama apabila pinjaman dikategorikan jangka panjang apabila waktu pinjamannya lebih dari satu tahun. Yang kedua yaitu jika waktu pinjamannya lebih dari 5 tahun.  Apabila kamu ingin pinjaman uang 25 juta cicilan ringan, berarti mempunyai waktu angsurannya lebih lama.

Apabila kamu mengambil pinjaman dengan jangka pendek, dalam waktu setahun dengan bunga flatnya 1%, jadi jumlah pinjaman yang didapatkan sekitar 5 juta saja. Sedangkan apabila mengambil pinjaman dalam waktu 10 tahun bunga flat 1%, maka jumlah pinjaman yang didapatkan bisa mencapai sekitar 25 juta. Makanya pinjaman jangka panjang bisa juga meminjam dana yang lebih besar lagi.

Dengan inflasi yang terus ada dalam setiap tahunnya, maka nilai uang akan menjadi lebih kecil dari tahun ke tahun. Misalnya nilai 500 ribu hari ini mungkin terasa cukup besar, tetapi sepuluh tahun lagi bisa jadi 500 ribu sudah tidak bernilai dikarenakan harga-harga sudah naik cukup tinggi. Untuk itu apabila kamu mendapatkan kontrak pinjaman flat dalam waktu yang panjang, maka beban kamu akan terasa ringan dari tahun ke tahun. Untuk mendapatkan pinjaman uang 25 juta cicilan ringan tidak mudah, karena pihak penyedia pinjaman atau bank harus membutuhkan bukti-bukti yang kuat dalam kesiapan kamu membayar angsuran.

Beberapa jaminan yang bisa untuk mengajukan pinjaman

Sertifikat tanah

Pihak penyedia pinjaman juga akan membutuhkan agunan atau jaminan yang kuat dalam waktu yang lama apabila nilainya akan berkembang baik dari tahun ke tahun. Adapun jenis jaminan yang terbaik adalah sertifikat tanah, maka waktu pinjaman bisa sampai 10 tahun lebih.

BPKB

BPKB juga bisa dijadikan jaminan, namun jangka waktunya tidak terlalu panjang. Karena nilai kendaraan bermotor setiap tahun akan berkurang seiring berkurangnya kondisi badan kendaraan maupun kondisi mesin. Jaminan dengan BPKB umumnya hanya sekitar 5 tahun, umur kendaraan juga sangat mempengaruhi pinjaman.

Ada beberapa kekurangan pinjaman jangka panjang

Kekurangan pinjaman jangka panjang adalah sulit untuk didapatkan, kekurangan yang lain dari pinjaman jangka panjang adalah semakin banyaknya bunga yang harus dibayarkan. Dengan pinjaman uang 25 juta cicilan ringandan angsuran yang lebih banyak, maka total bunga yang harus dibayar dikalikan dengan jumlah angsuran tersebut. Contohnya apabila kamu mengangsur hanya satu tahun, maka bunga yang dibayarkan hanya 12 kali, sedangkan 5 tahun menjadi 60 kali.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing, kamu juga harus memperhitungkan jumlah angsuran, biaya-biaya, maupun besarnya bunga. Jangan sampai salah perhitungan, karena akan membuat kamu menyesal dikemudian hari agar kebutuhan kamu tetap terpenuhi.

Hal-hal yang harus kamu perhatikan

Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal saat mengajukan pinjaman bank, salah satunya adalah jumlah cicilan dan jangka waktu yang akan kamu pilih. Untuk itu sebelum mengambil pinjaman uang 25 juta cicilan ringan untuk kredit mobil, rumah, dana tunai, dan lainnya harus dihitung dulu jumlah cicilan yang sesuai dengan kemampuan kamu. Karena saat mengajukan pinjaman dengan jangka waktu yang lebih pendek waktunya, misal 1 tahun, cicilannya akan lebih besar dibanding mengambil pinjaman dengan tenor yang lebih lama, seperti 3 tahun. Secara sederhana, nilai baginya pun berbeda.

Dan pada waktu mengajukan pinjaman, tidak bisa seenaknya menginginkan jumlah besar. Karena ketika seorang debitur mengajukan pinjaman, bank akan menilai kemampuan kredit yang dimiliki seseorang dari berbagai sisi. Salah satunya adalah perbandingan antara jumlah pendapatan dan jumlah kredit yang sebelumnya dimiliki. CekAja telah memiliki kalkulator yang bisa untuk menghitung jumlah pinjaman dan jumlah cicilan yang dapat dilakukan.

Beda jangka waktu pinjaman yang akan kamu ambil, maka akan berbeda pula bunga yang akan diterapkan. Pinjam uang 25 juta cicilan ringan jangka waktunya panjang, maka akan semakin besar bunga yang akan diterapkan pada pinjaman. Untuk itu sebelum menggunakan kalkulator pinjaman, kamu harus menentukan 3 hal terlebih dahulu, yaitu: Nominal Pinjaman, Bunga Pinjaman dan Jangka Waktu. Dan dalam pinjaman selalu ada biaya provisi, administrasi, dan asuransi sebesar 3% – 3,5% dari total pinjaman. Tentunya kebijakan setiap bank berbeda untuk biaya ini.

Related Post :