Salah satu kenikmatan dari Alloh yang sering manusia lupakan untuk mensyukuri dan menjaganya adalah kesehatan. Kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai bagi manusia. Karena dengan tubuh yang sehat, kita bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari tanpa ada kendala apapun. Dengan tubuh yang sehat kita bisa beribadah dengan khusyu. Dengan tubuh yang sehat kita bisa bercengkrama dengan keluarga tercinta, dan lain sebagainya. Oleh karena itu anda harus benar-benar menjaga kesehatan ini.

Salah satu cara menjaga kesehatan dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Dalam hal ini, pilihlah makanan berwarna cerah sebagai antioksidan. Dalam hal ini, buah-buahan dan sayuran dengan warna-warna cerah biasanya memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi. Dimana, antioksidan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena berfungsi untuk menghilangkan serta menangkal radikal bebas dalam tubuh yang bisa merusak sel-sel tubuh anda. Jadi untuk mendapatkan ani-oksidan ini anda bisa mengonsumsi sayur dan buah-buahan dengan warna-warna yang berbeda, seperti putih (pisang, jamur), kuning (nanas, mangga), orange (jeruk, pepaya), merah (apel, stroberi, tomat, semangka), hijau (alpukat, jambu, seledri, mentimun, selada), ungu/biru (buah berry, buah plum, terong). Selain itu, buah dan sayuran juga sangat baik untuk menjaga diet yang menyehatkan dan membentuk tubuh yang ideal. Selain dengan memperhatikan asupan makanan, cara menjaga kesehatan lainnya adalah dengan mengonsumsi suplemen multivitamin.

Mengonsumsi Suplemen Vitamin

Diperkirakan sebagian besar orang dewasa mengalami kekurangan vitamin C, D, A, folat, serta mineral kalsium dan magnesium. Sehingga dengan mengonsumsi multivitamin dianggap bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin-vitamin tersebut. Orang yang mengonsumsi multivitamin beranggapan bahwa pola makan yang sehat sekalipun masih belum mencukupi kebutuhan tubuh akan beragam nutrisi. Bahkan ada juga orang yang berniat mengonsumsi multivitamin dengan alasan supaya tercegah dari penyakit tertentu.

Cara Memilih Multivitamin

Sekarang ini sudah banyak pilihan suplemen tubuh multivitamin yang diresepkan atau dijual bebas di pasaran. Lalu bagaimana cara memilih multivitamin itu? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

  1. Cermati Persentase

Tips memilih suplemen pertama dalah cermati persentase. Dalam hal ini, pilihlah multivitamin yang mencantumkan tulisan 100% of the Daily Value (DV) atau yang memenuhi hampir seluruh kebutuhan harian tubuh.

  1. Baca Label Pada Kemasan Dengan Seksama

Tips berikutnya baca label pada kemasan dengan seksama. Nah, sebelum akan membeli multivitamin, pastikan anda memilih multivitamin yang mengandung vitamin dan mineral dasar, seperti vitamin A, C, D, E, asam folat, serta zat besi. Hal ini dimaksudkan supaya multivitamin bisa bermanfaat secara maksimal, dan untuk meminimalkan risiko terjadinya efek samping.

  1. Formula Untuk Kelompok Tertentu

Dalam memilih multivitamin pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anda. Contohnya, bagi wanita yang sedang hamil akan membutuhkan asupan asam folat dan zat besi lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang tidak sedang hamil. Oleh karena itu, selalu sesuaikan multivitamin yang akan dikonsumsi dengan kebutuhan anda.

  1. Cek Tanggal Kadaluarsa

Yang tidak kalah pentingnya yang harus anda perhatikan saat memilih multivitamin adalah dengan mengecek masa kadaluarsanya pada label kemasan. Hal ini bertujuan supaya anda tidak membeli produk multivitamin yang sudah habis masa kadaluarsanya yang tentunya kualitas multivitamin tersebut sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

  1. Hindari Konsumsi Yang Berlebihan

Yang namanya berlebihan memang tidaklah baik, begitu juga dengan mengonsumsi multivitamin yang berlebihan. Karena hal ini bisa ketergantungan terhadap multivitamin.