Pada masa sekarang pulsa sudah menjadi pendamping hidup di kehidupan sekarang dan bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat sekarang ini.

Bagaimana tidak?

Jika dihitung pengeluaran anggaran untuk pembelian pulsa anggota keluarga dengan anggaran belanja beras dalam sebulan, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, pasti anggaran lebih besar diambil alih oleh pulsa.

Bisa kita lihat bahwa setiap harinya, jumlah pengguna telepon genggam atau handphone sudah semakin bertambah. Bahkan satu orang bisa menggunakan 2 sampai 4 handphone sekaligus.

Bahkan bagi orang-orang tertentu bisa menggunakan handpone lebih dari empat. Kebanyakan pengguna telepon seluler lebih memilih menggunakan kartu prabayar dibanding pascabayar. Dan tentu jenis kartu seperti ini memerlukan pengisian pulsa sebelum penggunaannya.

Seiring pertumbuhan pengguna handphone, konter penyedia pulsa, sulap pulsa. Isi ulang pun bermunculan dimana-mana terutama di kota-kota besar seperti Jakarta misalnya, konter pulsa dapat kita jumpai hampir disetiap tepi jalan begitu juga dengan kota-kota besar lainnya.

Contohnya yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pulsa memiliki dua jenis tipe pembayaran adalah pascabayar dan prabayar. Sampai sekarang, masyarakat banyak yang berminat menggunakan pulsa pascabayar, dikarenakan harganya yang lebih murah. Lagian,kita tidak perlu takut tiba-tiba kehabisan pulsa.

Jika kita melihat koran, majalah, televisi ataupun media semacamnya, pasti banyak iklan provider disertai promo-promo yang ditawarkan. Mulai dari bonus sms, bonus nelpon, bonus paket internet dan lain sebagainya.

Masing-masing operator pulsa perang tarif untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Dan dengan adanya perang tarif tersebut, tentu yang diuntungkan adalah pengguna dan pembeli.

Pada saat ini masalah harga sudah jauh berbeda sekali pada saat baru pertama keluar telepon selular.

Waktu dulu tarif tiap smes bisa sampai 500 dan sudah dianggap murah. Tetapi, jika tarif ini dipasang pada saat ini, pastinya banyak orang yang pindah ke operator yang lebih murah.

Sekarang mendapatkan pulsa prabayar sangat mudah, mungkin itu juga yang menjadi salah satu faktor yang mendorong banyak orang beralih menggunakan pulsa prabayar.

Dulu, jika kita menggunakan pulsa prabayar dan pulsa tiba-tiba habis, kita harus mencari konter pulsa yang jaraknya belum tentu dekat dengan rumah kita, namun sekarang sangat banyak cara yang bisa kita gunakan untuk membeli pulsa.

Apalagi untuk berbisnis pulsa, sekarang, siapa saja bisa terjun di bisnis ini, mulai dari ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, karyawan, pemilik kios, bengkel, outlet, PNS, wirausahawan, pengangguran dan lain sebagainya.

Pembelian pulsa melalui ATM pun sekarang sudah bisa dilakukan dengan tarif pulsa yang sudah semakin murah. Pembelian pulsa juga bisa dilakukan melalui ATM atau Mobile Banking tetapi hanya saja hanya dapat membeli pulsa yang elektrik saja. Sangat berbeda dengan konter pulsa yang sudah bisa melayani pelanggannya pulsa yang berbentuk elektrik maupun yang fisik.

Kentungan dari pulsa prabayar ini dapat digunakan sesuai kebutuhan tanpa repot-repot lagi memikirkan bayar tagihan pulsa setiap bulannya. Adapun kelemahannya adalah bila anda tinggal jauh dari keramaian kota maka anda akan sulit mendapatkan pulsa prabayar (elektrik maupun fisik/voucher).

Adapun perbedaan dari pulsa elektrik dan voucher, sebagai berikut:

  • Pulsa elektrik bisa atau dapat dikirim via sms, ATM dan internet.
  • Voucher yaitu berupa kartu isi ulang yang memiliki beberapa nomor digit yang akan dimasukan ke dalam telepon selelur anda dan terdapat angka yang tertera.