Ragam Keuntungan Hadirnya Aplikasi Kesehatan Yang Memungkinkan Konsultasi Dokter Jarak Jauh

  • 2 min read
  • Jun 22, 2020
Aplikasi Kesehatan

Tidak bisa dipungkiri jika seandainya peran teknologi sangatlah besar dalam kehidupan manusia. Termasuk diantaranya juga berkontribusi dalam dunia kesehatan. Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi seputar kesehatan secara lebih mudah online tanpa harus melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter. Telekonsultasi dokter lewat aplikasi ini belakangan memang cukup populer di tengah-tengah masyarakat, apalagi bagi yang sudah melek internet.

Anda sendiri pastinya juga sudah banyak yang mulai memanfaatkan hal tersebut bukan untuk menunjang kepentingan sehari-hari, apalagi ketika sudah mulai terserang penyakit. Pasalnya memang tidak dapat dipungkiri bahwa semakin kesini beragam jenis penyakit memang lebih rentan untuk menyerang manusia, apalagi untuk mereka yang terbiasa menerapkan gaya hidup yang tidak sehat. Tentunya seiring dengan bertambahnya usia, maka resiko terjangkit penyakit-penyakit berbahaya juga jadi semakin tinggi bukan.

Tak hanya penyakit-penyakit berbahaya, melainkan terkadang juga ada beragam penyakit ringan. Dimana untuk masalah kesehatan ringan ini sendiri, maka alternatif pengobatannya juga tidak harus ke dokter. Melainkan cukup dengan membeli obat yang ada di apotek ataupun juga ada beberapa alternatif lebih mudah lainnya. Anda bahkan bisa melakukan telekonsultasi dokter, meminta saran atau bertanya dengan dokter spesialis secara online tanpa harus datang secara langsung ke rumah sakit. Tentunya ada banyak sekali manfaat atau keuntungan yang bisa dirasakan disini, diantaranya adalah:

  1. Hemat waktu, datang berobat atau konsultasi ke rumah sakit memang membutuhkan waktu yang cukup luang, dimana nantinya Anda masih harus mengambil nomor antrian dan juga menunggu giliran untuk pengobatan. Sehingga bagi beberapa orang yang sibuk hal ini tentunya kurang begitu membantu. Namun dengan konsultasi secara online pastinya akan lebih efisien dari segi waktu. Dimana memang Anda tidak harus datang ke rumah sakit yang bersangkutan. Apalagi konsultasi secara online ini dokternya juga jauh lebih responsif, jadi semakin menghemat waktu bukan.
  2. Mudah dilakukan, konsultasi secara online ini juga sangat mudah dilakukan, karena Anda hanya cukup mendownload dan juga install aplikasi yang bersangkutan, maka secara langsung nantinya aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk konsultasi dengan dokter yang bersangkutan, karena bidang spesialisasinya juga dapat dipilih sesuai dengan masalah yang Anda alami.
  3. Hemat biaya, berapa besarnya biaya yang harus Anda keluarkan untuk konsultasi dengan dokter secara langsung di rumah sakit? Pastinya besar jika tidak mengandalkan asuransi, ditambah lagi juga masih ada biaya untuk transportasi dan lain sebagainya. Namun dengan adanya fasilitas konsultasi yang dilakukan secara online ini. Pastinya akan jauh menghemat biaya pengeluaran bukan jika dibandingkan dengan konsultasi secara langsung.
  4. Bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja, bahkan jika seandainya Anda butuh untuk melakukan konsultasi secara online di malam hari juga tetap bisa untuk dilakukan, apalagi dalam kondisi yang darurat, pastinya hal ini akan jauh lebih membantu dibandingkan harus datang langsung ke rumah sakit.

Jadi Anda sendiri juga bisa mencoba menggunakan aplikasi semacam ini untuk kebutuhan konsultasi dengan tenaga medis secara online. Tidak perlu khawatir karena mereka sudah bekerjasama dengan dokter dari rumah sakit yang terpercaya dan juga berpengalaman. Sehingga jaminan informasi yang diberikan kepada Anda juga jauh lebih akurat. Hanya saja untuk masalah kesehatan serius lebih dianjurkan berobat langsung ke rumah sakit.