Rahasia Membuat Desain Rumah Impian yang Mudah, Ini Triknya!

  • Riaupos
  • Aug 16, 2021
Desain Rumah Impian

Terlepas dari pemakaian jasa desain rumah atau arsitek, kemampuan untuk bisa mengutarakan gagasan dan ide dalam gambar denah rumah sangatlah bermanfaat bagi anda. Baik untuk mengkomunikasikan keinginan serta kebutuhan personal pada desainer pilihan anda, maupun untuk memperoleh gambaran bagaimana realisasi ide yang anda inginkan dalam bentuk denah.

Trik Rahasia Membuat Desain Rumah

Berikut ini beberapa langkah praktis yang dapat anda terapkan untuk membuat sketsa denah rumah impian dengan mudah.

  • Kumpulkan referensi dan inspirasi

Langkah pertama dalam membuat desain rumah adalah memperbanyak inspirasi dan referensi dari berbagai sumber karya. Anda juga bisa mencari ide dan inspirasi dengan datang ke pameran, jalan-jalan atau membaca majalah agar menemukan denah rumah yang mempunyai gaya desain dan tipe mendekati keinginan anda.

  • Menentukan kebutuhan serta membuat program ruang dalam denah rumah

Memahami kebutuhan ruang merupakan hal wajib yang perlu diperhatikan sebelum menggambar denah. Anda dapat mendaftar aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan di rumah maupun ruangan apa saja yang dibutuhkan untuk mengakomodir kegiatan tersebut.

Disamping itu, lengkapi juga dengan berbagai area sevice misalnya dapur, kamar mandi, ruang laundry, ruang penyimpanan dan lainnya.

  • Membuat sketsa denah dengan garis

Sekarang anda sudah mempunyai referensi dena rumah serta mengetahui ruangan apa saja yang dibutuhkan untuk denah rumah impian. Mulailah dengan membuat sketsa denah dengan garis. Anda bisa menggambarkan lahan atau tapak yang sudah anda sediakan secara skalatis.

Agar lebih mudah, anda dapat memakai kertas khusus milimeter block yang bisa membantu anda untuk membuat setiap tarikan garis menjadi sesuai dengan skala yang diharapkan.

  • Mengimplementasikan program ruang dalam denah rumah

Masukkan setiap keperluan ruang yang anda butuhkan pada lahan yang sudah anda gambar dengan membuat garis serta menggambar ruang-ruang di dalam denah. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan berapa ukuran ruang yang anda butuhkan sesuai standar ukuran terbaik. Dengan demikia, setiap ruang yang digambar pada denah bisa mempunyai ukuran yang cukup dan layak ditempati.

  • Melakukan uji coba serta membuat alternatif denah rumah

Ketika memasukkan ruang sekaligus mengatur ukuran yang tepat di dalam denah mungkin anda akan menemukan beberapa kendala. Misalnya untuk meletakkan posisi ruang agar bisa pas maupun lahan yang ternyata tidak muat. Oleh karena itu, anda mungkin perlu merombak sketsa denah rumah beberapa kali sampai mendapatkan formula serta susunan denah yang paling pas.

  • Menambahkan detail rumah serta menata perabot pada denah

Jika anda sudah menemukan susunan atau tatanan yang paling pas, selanjutnya adalah memberikan detail rumah pada sketsa denah yang sudah anda buat. Mulailah dengan menambahkan ketebalan dinding, model jendela, desain pintu, hingga menata furnitur maupun perabot pada masing-masing ruang yang anda gambar di denah.

  • Mengevaluasi kembali sketsa denah yang sudah dibuat

Ada baiknya anda mengevaluasi kembali hasil sketsa denah yang sudah anda buat per-detailnya dengan cara membandingkan antara denah tersebut dan denah lain. Anda juga bisa mengimajinasikannya dengan ruang nyata. Pastikan anda mencocokkan setiap ukuran sesuai standar.

Tahapan akhir ini bisa anda diskusikan bersama tenaga profesional misalnya jasa desain rumah atau arsitek yang anda tunjuk untuk membantu mewujudkan denah rumah impian anda.

Itulah beberapa trik rahasia membuat sketsa denah rumah yang sangat penting untuk mengimajinasikan bagaimana komposisi dan suasana rumah impian anda kelak. Denah ini juga mempermudah arsitek dalam menvisualisasikan seperti apa keinginan dan ide anda. Jangan ragu untuk memakai jasa desain rumah profesional terpercaya untuk mewujudkan pembangunan rumah impian anda!

Related Post :