Resep Nasi Jagung yang Bisa Menjadi Menu Andalan

  • 2 min read
  • Dec 16, 2020
Resep Nasi Jagung

Resep nasi jagung, sudah tidak asing dengan nasi jagung ini. Dengan mudah teman-teman bisa memasak nya di rumah yak. Tidak juga untuk membeli di café-café ataupun juga di restoran terdekat teman-teman yak.

Sebelum kita masuk ke resep nya kita bahas beberapa manfaat dari menu nasi jagung tersebut. Yang pertama diawali dengan nasi. Nasi ini biasa nya juga sebagai sumber energi pastinya. Akan tetapi selain dari sebagai sumber energi manfaatdari nasi ini juga yang bisa di dapatkan dari kandungan nutrisi yang lain.

Nutrisi yang lain nya juga yaitu vitamin B1 (tiamin), dengan vitamin B1 ini untuk membantu metabolisme karbohidrat. Magnesium, dengan komponen penting yang terdapat dari membentuk struktur tulang kita dan mengatur kontraksi oto kita juga. Seperti itulah kandungan yang terdapat dari nasi. Sangat bagus bukan.

Selanjutnya ialah jagung, jagung ini memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung dari jagung tersebut. Jagung yang mengandung bagi kesehatan teman-teman semua ini ialah beberapa kandungan yang terdapat ialah sebagai berikut.

Bisa juga melancarkan saluran pencernaan kita semua, dengan mengandung serat yang terkandung dalam biji jagung tersebut. Bisa menyehatkan mata kita semua loh teman-teman. Bisa juga meningkatkan kepadatan tulang, bisa juga mencegah depresi, bisa juga mengendalikan tekanan darah.

Cara Membuat Nasi Jagung Sebagai Berikut

Cara membuat nasi jagung, dengan berikut ini:

Sebelum masuk ke cara pembuatan dari nasi jagung tersebut alangkah baik nya di jelaskan terlebih dahulu. Nasi jagung ialah makanan tradisional Indonesia yang terpopuler di daerah tertentu. Daerah tertentu yang sering menggunakan nasi jagung sebagai menu makan mereka ialah di daerah Madura dan juga Bagian Jawa Timur.

Mengapa demikian, karena hidangan tersebut terbuat dari beberapa campuran nasi yang sering kita buat dan juga jagung yang telah di pipil kering yang sudah di tumbuk kasar.

Selain itu biasanya juga menggunakan jagung giling agar lebih mudah. Anda dapat menggiling jagung menggunakan mesin giling jagung agar hasil jagung giling berkualitas dan nasi jagung anda enak.

Nasi jagung ini ketika siap di hidangkan, sebagai lauk pauk yang jenis nya seperti urap, beberapa ikan yaitu ikan asin, yang pastinya menu andalan teman-teman ya tempe gore, tahu goring, bakwan jagung sayur lode tahu, sambal bajak, rempeyek.

Mari kita masuk kebagian resep, dengan resep ini kita semua dapat membuat nasi jagung:

Dengan beberapa bahan yang harus di siapkan berikut bahan-bahan tersebut:

  • Siapkan lah beras sebanyak 500g ataupun kebutuhan kalian yak.
  • Yang pasti nya jagung ya. Dengan ketentuan tidak ada hanya saja sesuaikan kebutuhan.
  • Lalu beras jagung sebanyak 400g yang telah di rendam air, lalu rendam selama 2 jam saja.
  • Lalu siapkan yang bersih sebanyak setengah ( ½ ) liter saja yak.

Lalu ke tahap cara pembuatan nasi jagung :

  • Yang pertama, dengan kalian bisa campur dan masak beras, beras jagung dengan air.
  • Yang kedua, Jika air telah menyusut habis, lalu lanjutkan di kukus hingga nasi matang. Proses pengukusan ini membutuhkan beberapa waktu kurang lebih sampai 30 menit.
  • Yang ketiga, setelah sudah di rasakan matang, sisihkan terlebih dahulu yak.
  • Yang keempat, silahkan kalian hidangkan kedalam piring. Dan nasi jagung siap untuk di santap.

Nasi jagung yang sudah di masak sebelum nya bisa teman-teman hidangkan bersama dengan lauk pauk nya dengan bakwan jagung, bisa juga dengan sayur lodeh tempe tahu, urap tentunya, ikan asin goring tepung dan juga sambal bajak.

Beginilah artikel dari resep nasi jagung. Nasi jagung ini sangatlah cocok dengan tambahan lauk lain nya dengan semisal bakwan jagung, sayur lodeh tempe tahu, urap, ikan asin goring tepung, dan juga sambal bajak. Silahkan di coba di rumah ya!