Si Kecil enggan Makan Buah dan Sayur? Coba beberapa Trik ini!

  • 2 min read
  • Jun 29, 2020
Si Kecil enggan Makan Buah dan Sayur

Masa kanak-kanak adalah masa-masa emas. Di usia ini, anak akan mengalami sejumlah fase pertumbuhan dan perkembangan pada dirinya. Pada fase ini tentunya anak membutuhkan asupan gizi yang cukup. Zat gizi yang dibutuhkan bermacam-macam, mulai dari protein, karbohidrat, lemat, vitamin dan mineral.

Semua zat gizi dapat diperoleh dari berbagai bahan pangan. Tentu saja anak harus mengkonsumsi sejumlah jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Namun realitanya tidak semua anak mau memakan semua jenis makanan. Tidak jarang anak cenderung hanya mau memakan makanan tentu dan menolak jenis makanan lain.

Jenis makanan yang umumnya umumnya kurang disukai anak adalah sayuran, dan adapula buah-buahan. Padahal kedua jenis makanan tersebut adalah sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak. Dan juga bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Nah, jika anak anda memiliki kasus demikian ini, bagaimana cara mengatasinya?. Berikut beberapa trik yang bisa anda lakukan saat si kecil tidak doyan sayur ataupun buah:

  1. Orangtua memberi teladan

Anak adalah peniru ulung. Segala hal yang dilakukan oleh orang tua dan terlihat oleh si kecil, bukan tidak mungkin pasti juga akan ditiru. Begitupula dengan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi orang tua saat bersama ananda. Anak akan cenderung ingin tau dan mencoba apa yang dikonsumsi oleh orang tuanya.

Apabila anda tidak terbiasa mengkonsumsi sayur dan buah, maka demikianlah anak anda. Oleh sebab itu, langkah awal untuk membuat anak anda mau mengkonsumsi sayur dan buah adalah dengan memulai dari orangtua terlebih dahulu. Biasakan anda mengkonsumsi sayur dan buah saat makan bersama ananda, maka kemungkinan anak akan mulai mau mencoba mengkonsumsi jenis makan tersebut pula.

  1. Kreasikan buah dan sayur menjadi menu yang enak

Sayur dan buah segar merupakan sumber vitamin terbaik untuk anak, maka membuat anak mau mengkonsumsi makanan ini harus diusahkan. Umumnya anak tidak tertarik dengan sayuran jika diolah secara sederhana, misalnya di buat sup atau di tumis. Namun anda bisa membuat kreasi masakan dengan mencampurkan sayur pada makanan kesukaan anak. Misalnya anak suka bakso, maka anda bisa membuat kreasi bakso sayur.

  1. Libatkan anak untuk membuat makanan

Melibatkan anak dalam membuat menu makanannya selain akan memberikan kesan menyenangkan, tentu saja anak juga lebih antusias untuk makan hasil kreasinya.

  1. Jangan paksa anak makan sayur dan buah

Membiasakan anak makan sayur dan buah umunya susah-susah gampang. Kebanyakan anak cenderung suka memilih-milih makanannya. Maka sebaiknya mengajarkan anak makan buah dan sayur, mulai dengan memberinya sedikit demi sedikit. Jangan pernah memaksakan anak untuk makan, apabila anda memaksa untuk makan, maka justru anak anda akan enggan mengkonsumsi.

  1. Berikan suplemen

Apabila anda telah melakukan banyak cara  untuk membuat anak makan sayur dan buah, namun si kecil tetap enggan. Anda bisa memberikan tambahan suplemen makanan pada anak. Berbagai jenis suplemen anak yang bisa didapatkan di toko-toko obat maupun secara online.

Salah satu suplemen anak yang bagus adalah madu nutriday. Suplemen ini mengandung berbagai jenis bahan sumber vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh, seperti madu, propolis, meniran, daun kelor, temulawak, blueberry, dan lainnya.

Madu nutriday memiliki manfaat yang baik bagi anak, diantaranya adalah menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, merangsang kecerdasan, memenuhi nutrisi, mengatasi telat bicara, dan menambah nafsu makan.

Produk madu nutriday cukup mudah untuk didapatkan. Anda bisa membeli melalui Shopee dan juga melalui Instagram, dan Madunutriday.co.id.