Sistem Keamanan Gedung Semakin Terjaga dengan HikCentral Enterprise

  • 3 min read
  • Sep 07, 2021
HikCentral Enterprise

Perkembangan zaman dan teknologi yang terus berinovasi mengubah kehidupan masyarakat dalam menjalankan kehidupannya. Rasa ingin hidup aman dan nyaman menjadi perhatian yang sangat penting seiring dengan meningkatnya kriminalitas dan kecelakaan. Keamanan gedung atau bangunan adalah kondisi bebas dari resiko yang berkaitan dengan nyawa manusia di dalamnya dan aset bangunan yang ada di dalam bangunan akibat adanya tindakan kriminal. Standar keamanan gedung bermanfaat untuk mengurangi resiko dengan mengidentifikasi beberapa ancaman untuk menentukan tindakan antisipasi. Membentuk sistem keamanan yang berlapis dikarenakan berbagai kejadian yang kurang menyenangkan seperti perampokan, kebakaran, kecelakaan bahkan pelecehan yang sering terjadi. Demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, para pengelola gedung memprioritaskan keamanan dan melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir resiko.

Mengandalkan petugas keamanan saja tidak cukup karena keterbatasan dalam mengawasi keamanan gedung. Saat ini banyak sistem yang dapat diterapkan pada gedung untuk pencegahan dan penanggulangan terhadap tindakan kriminal secara mudah dan efisien. Tidak hanya tindakan kriminal saja, sistem keamanan gedung digunakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Peletekan perangkat perlu diperhatikan agar sistem keamanan gedung dapat berjalan dengan optimal. Memastikan semua perangkat yang terpasang masih cocok dengan perangkat lunak yang tersedia juga penting, hal ini untuk menghindari ketidaksinkronan sistem dalam membaca sinyal dan kode dari sistem keamanan karena perangkat yang digunakan sudah lama.

Sistem keamanan gedung yang kompleks menuntut adanya sistem keamanan yang terintegrasi agar mudah dalam hal pengendalian dan pengawasan, seperti CCTV, gerbang otomatis, sistem akses kontrol, alarm kebakaran, pemindai gerak dan thermal detection di pintu masuk lobi untuk memudahkan pemeriksaan suhu setiap tamu dan pengunjung, apalagi kondisi pandemi Covid-19 dimana prosedur kesehatan salah satunya adalah pengecekan suhu. Agar sistem keamanan berjalan lancar, diperlukan perangkat yang mumpuni dan mudah terintegrasi dengan perangkat pendukung lainnya tanpa perlu ada akses terlebih dahulu. HikCentral Enterprise dari Hikvision menjawab kebutuhan untuk sistem keamanan gedung yang terintegrasi. Seri HikCentral Enterprise merancang perangkat lunak platform untuk memenuhi kebutuhan seperti gedung komersial, ritel, kawasan industri dan pendidikan. Dengan video sebagai kompetensi inti, HikCentral Enterprise menawarkan kombinasi teknologi IoT, pengenalan wajah, AI, analisis data besar dimana untuk memenuhi kebutuhan manajemen perusahaan dengan aplikasi terpadu dan cerdas. HikCentral Enterprise sangat mudah untuk diintegrasikan dengan sistem pihak ketiga karena memiliki konsep platform yang terbuka. Dengan fitur yang sudah dilengkapi Artificial Intelligence, membuat sistem keamanan gedung semakin meningkatkan rasa aman bagi para pengguna gedung.

HikCentral Enterprise dapat diaplikasikan untuk sistem keamanan gedung komersial, retail, industri dan pendidikan. Untuk kepentingan komersial, HikCentral Enterprise mengintegrasikan informasi keamanan dengan menyatukan keamanan video, kontrol akses, tempat parkir dan sistem lainnya. Fungsi pemetaan interaktif memungkinkan manajemen mengarahkan sumber daya manusia untuk memperketat keamanan gedung. Sementara untuk penggunaan retail, HikCentral Enterprise akan meningkatkan layanan di dalam toko dan meningkatkan keuntungan toko. HikCentral Enterprise – Retail menyediakan berbagai macam fungsi seperti analitik lalu lintas pelanggan, analitik grup pelanggan, peta panas, analitik popularitas area, dan audit jarak jauh sehingga memudahkan pengecer dalam hal manajemen inventory. Ada pula fitur remote audit dimana HikCentral Enterprise– Retail dapat memenuhi keluhan pelanggan yang merasa tidak efektif dengan sistem audit tradisional.

HikCentral Enterprise memberikan solusi menyeluruh bagi kawasan industri untuk membangun taman industri yang cerdas dan berfokus pada empat komponen penting seperti manajemen personel, manajemen kendaraan, manajemen barang dan manajemen lokasi. Terdapat kamera ANPR dan panduan tempat parkir untuk meningkatkan efisiensi waktu serta memudahkan manajemen kendaraan. Tidak hanya itu, alat ini juga menjadi solusi untuk Human Access Management mulai dari visitor management hingga kehadiran karyawan dengan berbagai autentifikasi. Solusi ini tidak hanya meningkatkan keamanan, tetapi juga membantu meningkatkan efisiensi operasional melalui adaptasi fungsional yang didukung oleh Artificial Intelligence sehingga HikCentral Enterprise mampu membangun kawasan industri yang aman dan lebih cerdas.

Bagi sektor pendidikan, baik itu dari sekolah Taman Kanak-Kanak hingga Universitas,  HikCentral Enterprise menyediakan fungsi seperti kehadiran pengenalan wajah di kelas, keamanan video, kontrol akses dan manajemen alarm untuk keselamatan dan manajemen instruksional. Hal ini dilakukan demi menjaga siswa dan staf  tetap aman di lingkungan sekolah maupun kampus. Tantangan sistem keamanan gedung pada sektor pendidikan adalah instalasi keamanan di sekolah atau kampus dimana integrator sistem harus menentukan apakah mereka dapat menangani kampus terbuka atau tertutup, serta memadukan lokasi semua bangunan, memasukkan sistem yang ada dalam platform terpadu dan lainnya. Namun hal ini bukanlah suatu ancaman, karena HikCentral Enterprise dapat membantu untuk proses instalasi. Dengan demikian, keamanan lingkungan pendidikan tercipta dengan baik.

Kualitas paket keamanan HikCentral Enterprise terbukti berkualitas dan membantu menjaga keamanan, hal ini dikarenakan produk-produk dari Hikvision terkenal tahan lama dan tidak mudah rusak. Anda dapat melakukan uji coba HikCentral Enterprise secara gratis dengan detail informasi melalui website Hikvision.com dan follow media sosial di melalui Facebook Page Hikvision Indonesia dan Instagram @hikvisisonindonesia.