Bagi anda yang pernah mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya maka sesudah permohonan pinjaman tersebut disetujui maka anda akan merasa sangat lega. Saat anda memiliki sejumlah dana, tidak jarang pasti akan muncul godaan menggunakan dana tersebut untuk berbelanja atau membeli keperluan lainnya. Bila anda membiarkan hal tersebut maka dampaknya akan membuat cicilan perbulan dari pinjaman tersebut menjadi tersendat. Untuk itulah pastikan menggunakan dana pinjaman sebaik mungkin dan persiapkan dana cicilan pembayaran sebelum jatuh tempo.

Dampak Jika Terlambat Membayar Cicilan Pinjaman

Membayar cicilan perbulan dari dana yang telah dipinjam merupakan kewajiban bagi para peminjam uang. Hal tersebut berkaitan dengan perjanjian di awal bahwa pihak peminjam sanggup membayar cicilan setiap bulannya. Bila anda memang tidak sanggup membayar cicilan sebaiknya sejak awal silakan mempertimbangkan ulang untuk mengajukan pinjaman tersebut.

Hal ini berkaitan dengan keterlambatan atau penunggakan cicilan pembayaran yang bisa berdampak buruk. Saat anda terlambat membayar maka anda akan memperoleh riwayat hutang yang buruk sehingga dapat mempersulit pengajuan pinjaman berikutnya. Selain itu untuk pinjaman online ada juga yang menerapkan penagihan melalui debt collcetor terutama yang tidak diawasi oleh OJK. Lebih parahnya lagi ada lembaga yang melakukan penyitaan pada asset berharga anda sehingga perlu diwaspadai.

Tips Agar Cicilan Perbulan Berjalan Lancar

Agar cicilan perbulan dari pinjaman yang anda ajukan bisa berjalan lancar tanpa tersendat maka berikut ini akan dijelaskan beberapa tips yang bisa anda terapkan.

  1. Sisihkan Dana untuk Tagihan Beberapa Bulan Ke depan

Sebaiknya ketika anda belum mengajukan pinjaman, silakan hitung jumlah uang yang anda butuhkan untuk membayar cicilan tersebut. Ketika dana pinjaman tersebut cair maka segera sisihkan sejumlah dana yang akan dipakai untuk membayar cicilan selama beberapa bulan ke depan. Meskipun nantinya anda bisa membayar dari gaji bulanan, tapi dengan menyisihkan sejak awal akan membuat anda semakin tenang.

  1. Alokasikan Dana Sesuai Rencana

Biasanya pengajuan pinjaman dilakukan sesuai kebutuhan yang mendesak sehingga nantinya dana tersebut harus anda pakai sesuai kebutuhan. Jangan sampai dana pinjaman dipakai untuk hal-hal diluar kebutuhan awal karena akan memperburuk kondisi keuangan anda nantinya.

  1. Sesuaikan Tanggal Jatuh Tempo dan Tanggal Gajian

Tips ini bisa anda terapkan untuk memberikan shock terapu serta membuat anda lebih tepat waktu untuk membayar cicilan pinjaman. Mindset anda akan tertanam bahwa saat gajian anda harus membayar hutang.

  1. Autodebet
    Biasanya banyak orang yang menggunalan alasan klise lupa membayar hutang sehingga membuat mereka tidak tertib membayar cicilan setiap bulan. Supaya terhindar dari kebiasaan lupa maka anda bisa memakai fitur autodebet supaya tidak ada alasan untuk lupa membayar cicilan setiap bulannya.
  2. Jangan Mengambil Hutang Baru

Saat anda bisa membayar tagihan dengan lancar, masih ada sisa gaji dan tagihan kartu kredit aman maka bukan berarti anda bisa membuat hutang baru. Dalam hal ini anda harus belajar bersabar sampai hutang anda lunas barulah mengajukan hutang yang baru. Pada dasarnya setiap orang harus bisa menyisihkan 30% penghasilan perbulan untuk membayar tagihan. Bila jumlah tersebut ternyata lebih maka kondisi keuangan anda justru akan semakin buruk.

Demikianlah penjelasan mengenai tips agar cicilan perbulan berjalan lancar yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang sedang mencari lembaga pinjaman online yang resmi dan tidak kejam saat menagih cicilan maka silakan pilih Tunaiku saja. Sebab Tunaiku sudah terdaftar di OJK sehingga pastinya lebih aman dan memiliki prosedur sesuai peraturan yang berlaku. Aplikasi tunaiku bisa Anda download disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tunaikumobile.app.