Tips Jitu dan Ampuh Memulai Berinvestasi Di Reksadana

  • 2 min read
  • Sep 06, 2021
Reksadana

Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa kamu manfaatkan untuk kepentingan masa depan, salah satunya adalah reksadana. Instrumen satu ini oleh sebagian orang dianggap yang paling mudah dilakukan dan juga memiliki resiko yang terbilang sangat kecil. Karena untuk investasi di reksadana, kamu hanya cukup setor uang dan menetapkan jenisnya reksananya.

Tetapi itu semua tidak semudah membalikkan tangan dan perlu adanya tips yang benar-benar jitu. Berinvestasi tanpa adanya tips ini tentu hanya akan membuat kamu tidak akan mendapatkan keuntungan di masa depan. Justru yang terjadi adalah kamu akan merugi karena telah berinvestasi di instrumen tersebut. tentu hal ini tidak ingin dialami bagi kamu yang ingin memulai untuk berinvestasi di reksadana.

Cara Kerja Reksadana

Sebelum memulai pada memilih jenis reksadana ada baiknya kamu memahami cara kerja dari investasi satu ini. Jadi cara kerjanya sebenarnya simpel sekali yaitu kamu menyetorkan dana di sekuritas tertentu lalu uang tersebut akan diputar oleh manager keuangan. Untuk proses pemutaran uang tergantung dari jenis reksadana yang kamu pilih.

Misalnya saja kamu memilih untuk reksadana saham syariah untuk perusahaan tertentu. Tentu kamu akan menerima keuntungan ketika manager keuangan tersebut mendapatkan keuntungan. Tetapi jika tidak maka hasilnya pun tetap yaitu uang kamu tidak akan hilang pada saat itu. Begitupun ketika memilih reksadana jenis lainnya, dimana setiap keuntungannya berbeda-beda sesuai syarat dan aturan yang ada.

Menentukan Tujuan

Salah satu hal yang perlu kamu lakukan sebelum investasi ini adalah menentukan tujuan berinvestasi reksadana. Tujuan ini sangatlah penting karena berinvestasi tanpa tujuan akan membuat kamu tidak maksimal dalam mendapatkan hasilnya. Misalnya saja kamu investasi reksadana ini untuk pendidikan anak ketika masuk di bangku kuliah.

Ketika tujuannya sudah seperti itu tentu kamu bisa investasikan uang terjun dalam jangka waktu 5 hingga 7 tahun mendatang. Dengan jangka waktu tersebut tentu besar kemungkinan uang tersebut akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat dari modal awal. Untuk besar kecilnya keuntungan tentu tergantung pada jenis reksadana yang kamu pilih untuk masa depan.

Mengenal Jenis Reksadana

Untuk memulai berinvestasi di reksadana ada baiknya kamu memahami jenis-jenisnya. Ada banyak sekali jenis reksadana yang kamu pilih dan tentunya keuntungan yang akan diberikan pun juga bervariasi. Hal ini tentu sesuai dengan seberapa beresiko kamu memilih jenis reksadana ini di masa depan.

Contohnya saja seperti reksadana pasar uang dengan reksadana pendapatan tetap. Hal ini tentu lebih beresiko reksadana pasar uang tetapi jika mendapatkan untung tentu jauh lebih besar. Tetapi jika kamu ingin main aman maka memilih reksadana pendapatan tetap bisa jadi pilihan. Hal ini tidak lain karena reksadana jenis ini akan memberikan kamu keuntungan sebesar 10% pertahunnya.

Itulah berbagai hal yang perlu kamu pahami sebelum terjun di investasi reksadana. Jadi sebelum kamu memutuskan untuk terjun hal yang paling penting dipahami adalah modal yang digunakan merupakan uang dingin dan bukan hasil meminjam dari bank. Jika kamu nekat pinjam dari bank tentu akan sangat kesulitan ketika akan melakukan cicilan.

Selain itu, kamu juga perlu menetapkan tujuan dari investasi itu untuk apa dan dalam jangka waktu berapa lama. Hal seperti ini sangat penting ditentukan karena dalam jangka waktu tersebut apapun yang terjadi uang itu tidak akan bisa diambil. Jikalau diambil tentu kamu tidak akan mendapatkan keuntungan dari uang yang di investasikan. Jika kamu ingin membaca seputar artikel lain tentang reksadana bisa kunjungi semuatahu.web.id.