Kalian Ingin mencoba cara baru liburan ke Labuan Bajo atau Pulau Komodo di Flores Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur tetapi dengan cara Backpackeran ? Atau kalian ingin mencoba Backpackeran Murah ke Labuan Bajo Dari Jakarta Atau dari Surabaya? Tenang saja guys, saya sudah mencoba beberapa kali rute dan alternatif ini dan semoga saja bisa menjadi refrensi kalian jika memang ingin benar-benar kesana.

Hal pertama yang perlu kalian siapakan buat Backpackeran ke Labuan Bajo adalah Persiapan mulai dari perlengkapan yang akan dibawa selama Trip dan juga selama diperjalanan meliputi Persiapan perbekalan dan juga persiapan Mental dengan PO Tiara Mas Anda bisa mendapatkan fasilitas yang bagus. Mengapa mental perlu dipersiapkan itu karena Mental yang akan mempengaruhi kekuatan dan keyakinan kalian melewati berbagai hal selama diperjalanan.

Cara Ke Labuan Bajo Lewat Jalur Darat

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari rute atau jalur terdekat menggunakan kendaraan bus dari Jakarta menuju kota terdekat di Labuan Bajo. Sebenarnya ada 2 kota tujuan yang bisa kalian pilih yakni Jakarta – Lombok dan dilanjutkan Lombok – Bima atau dari Jakarta langsung Hajar ke kota Bima Sumbawa menggunakan Bus Umum.

Dari Jakarta ke Kota Bima Naik Bus Umum

Tahukah kamu jika dari Jakarta ada bus yang melayani Tujuan Jakarta – Lombok bahkan dari Jakarta – Bima pulau Sumbawa. Nah bus yang melayani rute Jakarta ke Lombok & Kota Bima adalah Bus Tiara Mas dan juga Bus Dunia Mas.

Kedua Bus ini berangkat setiap hari sekali dengan jam keberangkatan berbeda. Total perjalanan 26-28 Jam atau sejauh 1300 KM hingga samapi tiba di Lombok atau 35 jam lebih untuk sampai tiba di kota Bima Sumbawa.

Untuk Bus Tiara mas akan berangkat dari Terminal Pulau Gadung pukul 17.00 sore dan akan tiba dipelabuhan Lembar lombok sekitar pukul 21.00 Malam hari keesokan harinya.

Sedangkan jadwal bus Dunia Mas dari pulau Gadung Jakarta akan berangkat pukul 14.00 Siang dan tiba dipelabuhan Lembar Lombok Barat adalah sekitar pukul 17.00 sore – 19.00 Malam dikeesokan harinya. Untuk harga tiket bus dari Jakarta ke Lombok sama yakni masih diangka Rp 550.000 / penumpang dan Jakarta ke Bima adalah Rp 800.000.

Bagaimana Traveling ke Labuan Bajo dari Jakarta Menggunakan PO Tiara Mas?

Dari Kota Bima Pelabuhan Sape Bima Naik Bus Umum

Satu-satunya cara menuju pelabuhan Sape di Ujung pulau Sumbawa atau Kota Bima adalah melalui Bus umum seperti halnya Metromini yang beroperasi setiap hari dari Terminal Bima. Pastikan kalian memilih keberangkatan paling pagi sekali yakni pukul 05.00 subuh menuju pelabuhan Sape sebab kapal Ferry yang akan menuju Labuan Bajo berangkat pagi pukul 08.00.

  • Tiara Mas didirikan untuk mengakomodir banyaknya permintaan masyarakat atas sarana transportasi yang menunjang mobilitas antar daerah, khususnya dari wilayah Sumbawa di Nusa Tenggara Barat ke daerah lainnya di pulau Bali maupun Jawa. Selain melayani penumpang, Tiara Mas juga melakukan pelayanan pengiriman barang/paket serta pariwisata dan charter.
  • Tiara Mas melayani rute regular meliputi : Bima–Jakarta, Bima–Mataram, Bima-Denpasar, Bima-Malang, Bima–Surabaya, Bima-Cirebon, Sumbawa-Jakarta, Sumbawa-Malang, Sumbawa-Surabaya, Sumbawa-Mataram, Sumbawa-Denpasar, Sumbawa-Cirebon, Surabaya-Cirebon, Surabaya-Jakarta, Bajo-Jakarta, Jakarta-Bajo.

Untuk bus pariwisata, PO. Tiara Mas memiliki armada-armada terbaru yang dengan fasilitas dan performa yang menjanjikan kenyamanan serta ditunjang dengan para pengemudi yang handal, ramah dan terlatih demi keamanan selama anda melakukan perjalanan.

  • Tiara Mas juga melayani charter dengan menyediakan armada bus dengan ukuran sedang dan besar dengan berbagai fasilitas yang nyaman guna kepuasan para pelanggan. Saat ini PO Tiara Mas juga telah mengembangkan diri dan menjalin kerja sama dengan beberapa agent yang kedepannya diperuntukkan agar memudahkan Anda dalam melakukan reservasi bus PO Tiara Mas.