Tidak hanya digunakan untuk menunjang penampilan, pemasangan behel gigi pun bisa membantu meningkatkan kesehatan. Lantaran, ketika gigi berantakan atau susunannya jarang, maka akan semakin memudahkan pertumbuhan bakteri. Kalau di mulut banyak bakteri, tentu bisa mengganggu kesehatanmu, bukan? Karena itu, merapikannya dengan behel gigi adalah pilihan yang tepat untukmu.

Nah, bicara mengenai behel gigi, ternyata ada beberapa macam behel gigi yang bisa kamu pilih ketika berencana memasangnya. Di antaranya adalah sebagai berikut ini, check it out:

  1. Behel gigi lepasan. Yang namanya behel lepasan, tentu pemasangannya tidak akan permanen sekaligus nantinya bisa dibuka pasang. Biasanya, behel ini ditujukan untuk kasus-kasus yang ringan sekaligus pemasangannya menggunakan bahan metal. Meskipun behel lepasan pastikan kamu memilih behel yang memang rekomendasi dari dokter bukan yang abal-abal karena ditakutkan nanti malah bisa merugikanmu.
  2. Behel gigi cekat. Beda halnya dengan behel lepasan, untuk begel gigi cekat ini dipasang secara permanen pada gigi selama masa perawatan. Behel ini umumnya digunakan untuk kasus yang ringan sampai tersulit sekalipun. Behel ini juga terbuat dari beberapa bahan seperti sapphire, metal, hingga ceramic.
  3. Behel metal. Bisa dikatakan, behel metal ini paling umum digunakan karena harganya yang terjangkau sekaligus bisa digunakan untuk kasus yang ringan hingga tersulit. Yang menarik, behel metal ini bisa dikombinasikan dengan karet elastis berwarna-warni sehingga membuat behel tampak lebih menarik sekaligus bisa membantu meningkatkan penampilan. Meskipun demikian, sayangnya jika menggunakan behel satu ini, kamu harus rutin mengeceknya karena seiring waktu keelastisan karet bisa hilang dan melonggar.
  4. Behel transparan. Kalau diperhatikan, memakai behel transparan memang seperti tidak menggunakan kawat gigi karena warnanya yang sangat mirip dengan warna gigi. Behel satu ini terbuat dari bahan sapphire dan ceramic sehingga warnanya terlihat transparan.
  5. Behel damon. Dan, masih ada behel lainnya yaitu behel damon. Menariknya, behel damon ini menggunakan teknologi sehingga ketika pemasangannya pasien tidak perlu mencabut gigi layaknya behel konvensional. Yang paling menguntungkan, pemasangan behel ini pun tidak sesakit behel konvensional sehingga sangat direkomendasikan.
  6. Behel lingual. Tidak cukup sampai disitu, kamu juga bisa memasang behel lingual atau dikenal pula dengan produk clear aligner. Behel ini cocok untuk kamu yang benar-benar tidak ingin terlihat memakai behel karena warnanya yang sangat transparan dibanding behel berbahan sapphire. Rata, The First Indonesian Clear Aligner merupakan brand yang memiliki produk clear aligner Metode yang dimiliki ini akan membantu meratakan gigi kamu. So, tunggu apalagi, langsung deh aplikasikan di gigimu!

Itulah beragam behel yang bisa kamu gunakan untuk merapikan gigimu yang berantakan.