www.domainesia.com

10 Perlengkapan Naik Gunung Buat Pemula

  • Riaupos
  • Aug 01, 2023

Naik gunung adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan sangat digemari oleh anak-anak muda. Namun demikian, untuk naik gunung kamu memerlukan beberapa perlengkapan selain untuk keselamatan juga untuk kenyamanan saat berada di puncak gunung atau berkemah berkemping di sekitar pegunungan.

Perlengkapan naik gunung memang cukup terbilang mahal karena kualitas yang ditawarkan sepadan.  Selain itu biasanya bahan perlengkapan naik gunung memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan bahan biasanya sehingga lebih awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Jadi untuk harga sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan lagi, apalagi kamu bisa menggunakan cicilan 12 bulan dari paylater seperti yang ditawarkan oleh Kredivo. Dengan bunga hanya 2,6% saja perbulan kamu bisa mencicil perlengkapan naik gunung seperti tenda, matras, sleeping bag, hingga ransel atau carrier sekaligus. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan naik gunung yang wajib kamu miliki untuk para pemula.

1. Ransel atau Carrier

Belum sah rasanya disebut pendaki gunung tapi tidak memiliki ransel yang tepat. Ransel naik gunung bahkan banyak digunakan oleh para backpacker untuk traveling keliling dunia. Jadi, fungsinya tidak hanya untuk naik gunung saja.

Ransel naik gunung didesain secara khusus agar tahan air serta tetap enteng untuk digembol meskipun bebannya cukup berat. Paling tidak, dengan memilih ransel yang baik, akan mencegah risiko cedera pada punggung atau bagian tubuh lain yang harus menerima beban bawaan. 

Sesuaikan postur tubuh dengan ukuran ransel yang sesuai dengan kemampuan kamu dalam membawa beban. Sehingga kamu akan tetap nyaman saat melakukan pendakian dan meminimalisasi gangguan dari ransel saat mendaki gunung.

2. Sepatu Gunung

Saat naik gunung tentu kamu akan kesulitan jika menggunakan sepatu lari atau sepatu sport lainnya. Sepatu gunung didesain dengan bahan yang kuat serta sol yang tebal dan bergerigi agar bisa mencengkram tanah untuk segala medan baik saat cuaca cerah maupun saat hujan sehingga membuat permukaan tanah menjadi licin. Maka, jangan sembarangan memilih sepatu gunung yang murah tapi tidak bisa diandalkan di segala medan.

3. Pakaian Sesuai Kondisi Medan

Pilih bahan yang tepat, cepat menyerap keringat dan juga bisa cepat kering. Sehingga terhindar dari lembab yang akan menimbulkan jamur. Gunakan juga jaket atau sweater untuk menghindari kedinginan saat berada di puncak gunung. Pastikan memilih pakaian yang nyaman serta bisa melindungi kamu dari segala cuaca saat pendakian.

4. Tenda untuk Berkemah

Tenda berfungsi untuk tempat berlindung dan berteduh saat berada di perjalanan atau saat sampai tiba di badan gunung untuk mencapai puncak. Tenda dapat digunakan untuk tempat istirahat dan memulihkan energi agar bisa melanjutkan perjalanan dengan baik dan aman. Pilih tenda yang kuat tapi ringan agar mudah untuk dibongkar pasang. Sesuaikan ukuran tenda dengan kapasitasnya.

5. Sleeping Bag untuk istirahat yang nyaman

Sleeping bag berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat selama berada di dalam perjalanan maupun saat berkemah di gunung. Sleeping bag akan memberikan kehangatan pada tubuh sehingga kamu bisa beristirahat dengan baik dan memulihkan energi agar bisa melanjutkan perjalanan baik itu naik maupun turun gunung.

6. Senter atau Headlamp  

Senter atau headlamp sangat berguna untuk memberikan penerangan jalan saat mendaki. Biasanya beberapa orang akan mendaki di tengah malam agar bisa sampai di puncak gunung saat matahari terbit. Praktis penerangan menjadi hal krusial saat melakukan pendakian maupun saat berkemah agar tetap bisa melakukan aktivitas seperti membangun tenda atau memasak untuk memulihkan energi setelah seharian mendaki.

7. Matras untuk alas di Tenda

Beberapa orang ada yang lebih nyaman menggunakan matras sebagai alas saat berkemah di dalam tenda. Sehingga tidak perlu bersentuhan langsung dengan permukaan tanah yang tidak rata atau berkelombang karena akar pohon ataupun bebatuan.

8. Perlengkapan Memasak

Para pendaki biasanya menyiapkan logistik agar bisa memasak pada saat melakukan pendakian. Perlengkapan memasak wajib dimiliki jika durasi pendakian lebih dari satu hari. Memasak juga lebih hemat dan lebih nikmat karena disajikan dalam kondisi hangat di tengah cuaca yang dingin di atas gunung. Selain bisa digunakan untuk memasak, juga bisa digunakan untuk merebus air untuk ngopi atau ngeteh sambil menikmati matahari terbit.

9. Kompor Portable

Perlengkapan memasak tidak akan lengkap dengan adanya kompor portable. Kompor bisa menggunakan bahan gas atau briket. Kompor portable biasanya berukuran kecil, compact dan ringan sehingga mudah untuk dikemas dan dipacking dalam carrier.

10. Peralatan P3K

Salah satu perlengkapan yang tidak boleh diabaikan adalah peralatan P3K untuk pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan. Beberapa peralatan P3K yang umumnya digunakan seperti plester, perban, obat-obatan, alat steril untuk kecelakaan kecil yang terjadi pada saat pendakian.

www.domainesia.com
Related Post :