Film anime memiliki gaya khas yang membedakannya dari film dan kartun animasi konvensional. Meskipun tampaknya ditargetkan pada penonton muda, genre anime memiliki sesuatu untuk semua orang. Film-film anime aksi terbaik, khususnya, memiliki alur cerita yang mencekam, grafik, dan karakter yang akan memikat bahkan penonton yang paling menuntut sekalipun. Daftar anime movie terbaik ini terdiri dari film petualangan, film shounen, dan film pertempuran antara lain. Sub-genre aksi dari anime ini dikenal untuk film-film dengan alur cerita yang serba cepat dan menegangkan yang sering membuat penonton berada di ujung kursi mereka.

  1. Highlander: The Search for Vengeance (2007)

Highlander: The Search for Vengeance mengikuti petualangan Colin MacLeod dalam usahanya mencari balas dendam. Dia bepergian dengan hantu jenaka, Amergan, mencari seorang lalim abadi bernama Marcus Octavius. Octavius   bertanggung jawab atas pembunuhan kekasih Colin bertahun-tahun yang lalu. Dalam usahanya mencari Marcus, Colin menemukan bahwa kota New York sekarang tenggelam, dan hanya satu menara menonjol di atas air. MacLeod terbelah antara menyelamatkan mereka yang selamat dari perendaman dan mengejar musuhnya yang abadi, Octavius. Selain itu, Colin dihantui oleh fakta bahwa ia tidak pernah mengalahkan Marcus dalam duel satu lawan satu. Akankah Colin mengikuti dahaga untuk membalas dendam atau memilih untuk menyelamatkan orang-orang New York? Film ini disutradarai oleh Yoshiaki Kawajiri yang terkenal, yang juga dikenal dengan film-film terlaris lainnya seperti Wicked City dan Ninja Scroll.

  1. Appleseed (2004)

Appleseed disutradarai oleh Shinji Aramaki dan didasarkan pada manga dengan judul yang sama yang diproduksi oleh Masamune Shirow. Film ini berlatar dunia pasca-apokaliptik dan mengeksplorasi tema-tema fusi dan perang teknologi manusia.

Appleseed mengikuti kisah Deunen Knute, seorang pejuang wanita yang menemukan bahwa mantan kekasihnya, Briareos, sudah berbeda tidak seperti dulu. Dia sekarang menjadi makhluk hibrida, sebagian manusia dan sebagian robot. Ketika keduanya melakukan perjalanan ke Olympus, mereka bertemu Hitomi, seorang manusia yang cerdas, rekayasa genetika yang klannya telah mengambil alih kota. Hitomi, Deunen, dan Brirareos bergabung untuk mempertahankan Olympus dari serangan pemberontak. Kemudian, Deunen menyadari bahwa aliansinya lebih terletak pada mereka yang ingin mengambil alih kota daripada mereka yang membelanya. Appleseed menggabungkan ilustrasi pena dan tinta konvensional Jepang dengan animasi digital modern.Appleseed tidak diragukan lagi adalah anime aksi yang baik, terutama jika Anda baru memulai genre ini.

  1. Fist of the North Star (1986)

Fist of the North Star adalah anime aksi teratas yang diadaptasi dari manga dengan nama yang sama. Film ini diproduksi oleh Toei Animation pada saat serial televisi dengan nama yang sama ditayangkan. Para pemain dan kru sama untuk film dan seri. Film ini berlatar dunia pasca-apokaliptik di mana para penyintas yang kuat memangsa yang lemah. Plot menceritakan kisah Kenshiro, penerus ke-64 dari Divine Fist of the North Star (Hokuto Shin Ken). Divine Fist of the North Star adalah gaya seni bela diri yang memungkinkan praktisi untuk menghancurkan lawan dengan menyerang titik-titik penyaluran internal rahasia mereka. Kenshiro menggunakan kekuatan ini untuk melindungi yang lemah dari penjahat yang mengancam kelangsungan hidup mereka. Pada tahun 2007, film ini adalah anime shounen terlaris ke-7 sepanjang masa.

  1. paprika (2006)

Film 2006, Paprika , didasarkan pada manga tahun 1993 dengan nama yang sama. Ini mengikuti kisah seorang psikolog yang menemukan perangkat yang memungkinkan pemegangnya untuk mengakses impian orang lain. Yasutaka Tsutsui menyutradarai dan menulis bersama Paprika. Sekelompok ilmuwan dari Foundation for Psychiatric Research menemukan alat yang dikenal sebagai DC Mini, yang memberi orang kemampuan untuk merekam impian mereka dan menontonnya nanti. Para penemu gagal mengamankan mesin, dan berakhir di tangan seorang pencuri yang menggunakannya untuk mengalihkan perhatian orang-orang dengan impian mereka sendiri ketika mereka terjaga.