4 Lokasi Wisata Religi Makam Di Riau Yang Terkenal

  • 2 min read
  • Feb 13, 2021
Masjid Agung Madani Islamic Center

Wisatawan dari berbagai daerah khususnya di daerah provinsi Riau memilih wisata religi sebagai pilihannya. Biasanya wisatawan religi terdapat pada kelompok agama yang memiliki kegiatan perkumpulan rutin di waktu tertentu.

Dalam perkumpulan rutinan itu akan terdapat program wisata religi yang mengunjungi beberapa tempat suci atau makam tokoh agama yang terkenal di daerahnya.

Di daerah Riau ini juga terdapat beberapa tempat wisata religi yang dapat kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin liburan dengan nuansa religi.

4 Daftar Wisata Religi Di Riau

Wisata yang berkarakter unik seperti wisata religi dengan rombongan bis yang banyak terutama pada hari-hari libur sering terlihat di daerah Riau. Rombongan mereka mendatangi beberapa tempat suci yang sudah diagendakan sebelumnya oleh panitia dari rombongan wisata religi tersebut.

Kebanyakan anggota rombongan dari wisata religi tersebut tergolong dari kalangan orang dewasa yang religius mencari tempat wisata religi untuk menambah pengetahuan dan pengalamannya. Maka dari ituTidak ada salahnya Anda untuk menyimak beberapa daftar wisata religi di Riau berikut ini.

1.     Vihara Seribu Patung

Vihara Seribu Patung

Tempat pertama yang dapat menjadi tujuan wisata religi untuk Anda yang bertempang tinggal di Riau atau sekitarnya adalah Vihara Seribu Patung. Lokasi tempat ini berada di Pangkalpinang, Riau.

Ciri khas dari tempat ini adalah memiliki banyak patung yang saling berjejer dengan rupa dan bentuk yang sama. Vihara Seribu Patung dapat menjadi tujuan lokasi wisata religi Anda dan keluarga ketika sedang menentukan akan kemana berwisata dengan nuansa religi.

2.     Masjid An-Nizham

Masjid An-Nizham

Apabila tempat pertama menjelaskan tentang vihara, sedangkan tempat kedua ini menjelaskan tentang wisata masjid. Masjid An-Nizham ini berlokasi di daerah Kampar, Pekanbaru.

Masjid ini terbilang unik dalam segi arsitekturnya sehingga digunakan untuk wisata religi warga sekitar maupun yang datang dari luar daerah. Apabila Anda sedang melewati daerah Pekanbaru khususnya jalur yang menuju Teluk, Kuantan maka akan melihat masjid ini di perjalanan.

3.     Masjid Jami Air Tiris

Masjid Jami Air Tiris

Sama seperti di poin kedua yang membahas wisata masjid, poin ketiga juga akan membahas tentang wisata religi masjid Jami Air Tiris.

Masjid ini dibuat dari kayu yang disusun sedemikian rupa dengan bantuan pasak kayu. Bahan kayu ini membuat masjid Jami Air Tiris terlihat unik sehingga menjadi salah satu wisata religi di Riau.

Ramainya masjid ini saat dikunjungi wisatawan biasanya terdapat pada hari raya idul fitri dan saat bulan ramadhan juga.

4.     Masjid Agung Madani Islamic Center

Masjid Agung Madani Islamic Center

Pembahasan daftar wisata religi yang terakhir di riau adalah masjid Agung Madani Islamic Center. Masjid ini bentuknya mirip dengan masjid Nabawi yang berada di Madinah, Arab Saudi.

Selain fungsinya sebagai tempat ibadah, nyatanya masjid ini juga digunakan untuk wisata religi yang didatangi oleh wisatawan sekitar maupun dari luar daerah. Jadi, masjid Agung Madani Islamic center ini merupakan salah satu daftar wisata religi yang berada di Riau.

Begitulah beberapa daftar wisata religius yang terkenal di daerah Riau yang dapat dijadikan referensi untuk Anda semua yang sedang berminat untuk melakukan wisata religi. Selain wisata makam yang terdapat di beberapa makam terkenal seperti San Diego Hills, Al Azhar, dll juga dapat mengunjungi wisata religi di tempat ibadah seperti di daerah Riau.

Penjelasan mengenai daftar wisata religi yang sudah dijelaskan tersebut dapat menjadi referensi untuk Anda. Hal dasar yang tidak kalah penting untuk disimak sebelum melakukan wisata religi di daerah Riau adalah mengetahui terlebih dahulu beberapa tempat wisata religi yang ada disana.

Tentunya Anda dan rombongan ini berwisata religi dengan kesan dan pengalaman yang tidak dapat dilupakan dalam hidup Anda semua. Semoga membantu.