Biarpun statusnya masih tergolong baru, HP Realme 3 Pro telah mencuri perhatian para pecinta gadget di Tanah Air. Tidak tanggung-tanggung, bahkan HP ini sudah bersistem operasi Android Pie atau versi 9.0. Baik dari segi desain, performa, dan harganya sangat layak untuk dimasukkan ke daftar beli di tahun 2019.

  1. Bisa Menyunting Screenshot

Fitur screenshot cukup sering digunakan karena sangat multifungsi. Bisa dipakai untuk menyimpan tulisan di internet ke dalam versi gambar, menangkap kilasan peristiwa, menyimpan bukti, dan lain sebagainya. Sayangnya, belum banyak HP yang menerapkan fitur editing seperti yang ada pada ponsel Realme 3 Pro ini.

Begitu tangkapan layar sudah Anda ambil, maka akan muncul tombol “edit” pada bagian preview screenshot. Adapun fitur penyuntingan memang tidak bisa mengubah apa yang ada di dalamnya, terutama teks karena bentuknya gambar. Sedangkan untuk fitur crop, highlight, serta menggambar pola atau menambahkan objek lain masih bisa.

  1. Baterai Lebih Hemat dengan Adanya Kolaborasi AI

Dengan kapasitas baterai sebesar 4000-an mAh, HP Realme 3 Pro sudah bisa digunakan dalam waktu puluhan jam. Baik saat digunakan untuk menonton video, main games, internetan, ataupun memotret objek berkali-kali. Apalagi ketika dibiarkan saja atau dalam mode siaga. Tidak hanya 24 jam, tapi bisa bertahan lebih dari itu.

Untuk mengoptimalkan kontrol penggunaan baterai, HP ini sudah difasilitasi dengan teknologi AI. Tujuannya untuk melacak bagaimana pola saat menggunakan suatu aplikasi. Begitu pula waktu pemakaiannya. Ketika didapati suatu aplikasi digunakan berkali-kali, maka akan memperoleh prioritas resource. Alhasil, baterai pun lebih hemat dari biasanya.

  1. Rotasi Bisa Anda Kunci

HP jadul hanya memiliki layar portrait. Sebab belum banyak yang menggunakan fitur terbaru dari Android dan layar sentuh alias masih berbasis tombol keypad. Kalau toh memiliki fitur layar landscape, harus dirotasi secara manual dengan beberapa kali klik tombol. Untuk HP layar sentuh terbaru sudah bisa serba otomatis.

Jika sistem Android versi sebelumnya hanya memiliki tombol “on” dan “off”, maka yang versi Android Pie lebih lengkap lagi. Saat Anda merotasi layar, pada orientasi tertentu, secara otomatis terkunci. Jadi, layar tidak mudah berubah-ubah dari landscape ke portrait atau sebaliknya. Efektif sekali ketika Anda tengah asyik menonton video favorit sambil tiduran.

  1. Laris Manis di Pasaran

Di antara alasan lainnya, barangkali poin keempat inilah yang paling banyak mempengaruhi para pecinta gadget. Efek “tren” sejauh ini sangat efektif untuk menggaet minat dari berbagai kalangan. Bahkan di India, sebanyak 170 ribu unit HP Realme ini terjual dalam waktu kurang dari 8 menit. Di Indonesia juga mendapat sambutan yang tak kalah heboh.

Pasalnya, hanya dengan menyisihkan uang 3 jutaan Rupiah, Anda sudah bisa memiliki HP murah nan canggih ini. Layarnya saja sebesar 6,3 inci yang resolusinya sudah Full HD Plus. Anak muda mana yang tidak tertarik? Pilihan warnanya sendiri ada nitron blue, lightning purple, dan carbon gray. Wajar jika laris manis di pasaran, bukan?

  1. Spesialis Selfie dan Nge-Vlog

Siapa yang suka selfie dan nge-vlog? HP ini juga sangat mendukung kedua aktivitas tersebut. Dari selfie, Anda bisa mendapatkan gambar yang sangat jernih karena resolusi kameranya sebesar 25 MP. Sedangkan dari nge-vlog, Anda bisa menghasilkan pundi-pundi Dolar dengan bikin video sehari-hari dan posting di Youtube, misalnya. Banyak yang sudah praktik.

HP Realme 3 Pro sangat ringan karena hanya memiliki bobot 172 gram saja. Dengan sejumlah fasilitas eksklusif di atas, sangat-sangat wajar jika Anda masukkan ke daftar beli HP di tahun 2019 ini. Tapi, kalau beli via daring, pastikan pilih lapak yang aman dan nyaman, ya. Misalnya di Blibli karena 100% mendukung para merchant dan pembeli asal Indonesia.