5 Manfaat Mengetahui Tipe Kepribadian Dirimu

  • Riaupos
  • Jun 25, 2022
Tipe Kepribadian

Ada banyak tes yang bisa kita lakukan untuk mengetahui tipe kepribadian diri kita. Mengetahui diri sendiri dapat membantu diri kita mengambil keputusan lebih baik. Namun tidak banyak orang yang mengetahui tipe-tipe kepribadian manusia berdasarkan MBTI, dan manfaatnya bagi diri kita jika kita mengetahui jenis kepribadian kita.

Tapi sebelum memasuki penjelasan mengapa hal ini penting bagi dirimu, agar penjelasan kami tidak bias, tipe-tipe kepribadian yang disajikan dalam MBTI tidak hanya sekedar tentang Ekstrovert atau Introvert. Atau aktor atau aktris yang memiliki tipe kepribadian yang sama dengan dirimu. Ini lebih dari itu. 

Jika kamu sebelumnya belum pernah mencoba, kamu bisa mencoba tes kepribadian online gratis untuk mengetahui tipe kepribadian dirimu. Setelah itu mari kita simak apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mengetahui secara mendalam karakter kepribadian diri kita.

1. Memahami Diri Sendiri dan Orang Lain

Tipe kepribadian dapat membantu Anda lebih memahami diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Pada tingkat paling dasar, mengetahui tipe kepribadian Anda dapat membantu Anda menjawab pertanyaan “Apa yang membuatmu seperti ini?” atau “Kenapa orang-orang disekitar bertingkah seperti ini?”. 

Anda berpikir dengan cara tertentu dan merasakan cara tertentu, tetapi seringkali sulit untuk memahami mengapa terutama ketika orang lain tidak berpikir atau merasakan hal yang sama. Mengapa Anda merasa lebih nyaman merencanakan liburan Anda sementara orang lain merasa tidak nyaman atau bahkan cemas merencanakan perjalanan mereka. 

Disini kamu akan memahami kenapa seseorang lebih condong dalam mengambil keputusan tertentu.

2. Bekal Dalam Menjalani Kehidup Dengan Orang Lain

Sekarang setelah Anda mengetahui alasannya, Anda dapat menggunakan informasi itu untuk diterapkan pada situasi sekarang dan masa depan (dan bahkan melihat kembali ke masa lalu) untuk lebih memahami bagaimana Anda dapat mencapai lebih dari yang Anda miliki. 

Mengetahui tipe kepribadian Anda dapat membantu Anda menemukan jawaban yang lebih baik untuk pertanyaan seperti, “bagaimana saya bisa lebih bahagia”, “bagaimana saya menemukan karier yang saya sukai”, “bagaimana saya bisa berkomunikasi lebih baik dengan (suami, istri, saudara perempuan saya) , ibu, saudara laki-laki, ayah, teman, pacar, pacar, bos, rekan kerja, dll.)”, “bagaimana saya tetap termotivasi?” atau “bagaimana saya bisa membuat keputusan yang lebih baik.” 

Hal yang menakjubkan tentang memahami kepribadian Anda adalah bahwa wawasan dapat ditindaklanjuti dan berlaku untuk hampir setiap situasi dalam hidup Anda dan dapat membantu Anda berubah menjadi lebih baik.

3. Mampu Memprediksi dan Mengontrol Situasi

Anda tidak dapat memprediksi situasi seperti apa yang akan Anda alami sepanjang hidup Anda, tetapi Anda mungkin memiliki gagasan yang baik bahwa pada suatu saat akan ada konflik, pada suatu saat Anda akan stres, tetapi mudah-mudahan sebagian besar waktu situasinya akan positif. 

Apa yang dapat Anda pelajari tentang diri Anda adalah kepribadian Anda, dan kemudian mengetahui kepribadian Anda dan membaca tentang situasi yang berbeda, Anda dapat mulai memprediksi perilaku Anda sendiri. Kemudian Anda dapat mengubah perilaku Anda – yang pada akhirnya banyak dari kita ingin lakukan untuk menjadi lebih bahagia. 

Misalnya, mungkin ketika Anda stres, Anda cenderung makan, menonton dan makan hal-hal yang Anda tahu tidak boleh, atau Anda mulai membuat bencana yang mungkin terjadi di masa depan dalam pikiran Anda. Mengetahui kepribadian Anda dan perilaku umum apa yang terkait dengan situasi tertentu (konflik, stres, perubahan, cinta), Anda dapat belajar menghentikan perilaku yang tidak Anda inginkan terjadi dan mencoba perilaku lain alih-alih membiarkan perilaku ini berjalan secara otomatis.

4. Memulai Hidup Yang Bahagia

Ada hal-hal yang dapat Anda ubah, dan hal-hal yang tidak dapat Anda ubah. Ketika Anda mencari cara untuk meningkatkan hidup Anda dan pada akhirnya menjadi lebih bahagia, Anda harus melihat hal-hal yang dapat Anda kendalikan. Anda tidak memiliki kendali atas bagian-bagian tertentu dari kepribadian Anda, tetapi Anda memiliki kendali atas perubahan lingkungan Anda, jadwal Anda dan bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda, dan apa perilaku Anda. 

Mengetahui lebih banyak tentang kepribadian unik Anda dapat membantu Anda menjadi lebih bahagia dengan terlebih dahulu memberi tahu Anda bagaimana Anda paling nyaman berdasarkan preferensi kepribadian Anda dan kedua cara terbaik untuk memainkan kekuatan Anda sendiri dan mengatasi kelemahan Anda sendiri, baik itu dalam karier Anda, dalam waktu luang Anda, dalam hubungan Anda.

5. Hubungan Dengan Orang Lain

Mempelajari preferensi kepribadian Myers-Briggs Anda dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang diri Anda, banyak tentang diri Anda jika kita jujur. Tetapi manfaat tambahan lain dari mengetahui tentang tipe kepribadian Anda adalah untuk lebih memahami mereka orang-orang di sekitar Anda yang bekerja dengan Anda, berinteraksi dengan Anda, pergi ke pertemuan keluarga, berkelahi dengan, berkencan, menikah, merawat, hampir semua orang yang Anda miliki. 

Dengan memahami kepribadian Anda, Anda juga memahami apa yang bukan kepribadian Anda, dan dapat mulai melihat perbedaan orang-orang di sekitar Anda secara lebih mendalam. Anda memiliki bahasa untuk dipikirkan dan dibicarakan tentang perbedaan dalam hal apa yang memberi Anda energi, bagaimana Anda membuat keputusan, bagaimana Anda menerima informasi, dan banyak lagi. 

Demikian beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengetahui tipe kepribadian dirimu. Mengenali diri sendiri juga membantu kamu mengenal orang lain!

Related Post :