5 Tips dan Trik Menyusun Proposal Penelitian yang Baik Agar Mudah di ACC Dosen

  • 2 min read
  • Jan 22, 2021
Proposal Penelitian

Bagian sebagian mahasiswa proposal penelitian merupakan tugas tersulit yang harus dilewati. Hal tersebut akan terasa sulit bagi mereka yang kurang mengerti apa tujuan membuat proposal penelitian. Namun bagi sebagian mahasiswa yang sudah mempelajari tips membuat proposal penelitian akan mudah untuk melewatinya.

Dalam menyusun proposal penelitian bukan hanya sekedar menyusun namun bagaimana penelitian yang dilakukan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan tersebut selain itu ciri-ciri proposal penelitian yang baik juga dapat digunakan dan di manfaat kan oleh peneliti selanjutnya.

Pada umumnya hampir setiap peneliti memiliki gaya meneliti yang berbeda-beda, begitu pula dengan kamu yang masih mahasiswa tentu memiliki gaya penelitian yang berbeda sehingga sangat penting bagi kamu untuk menyesuaikan pembawaan kamu terhadap penelitian yang kamu buat. Berikut ini 5 tips cara menyusun proposal penelitian yang baik dan benar:

  1. Pemilihan topik dengan metode Yang Akurat

Sebelum membuat sebuah proposal penelitian kamu harus memilih topik yang akan kamu jadikan pokok pembahasan di dalam proposal penelitian kamu nantinya, topik pada sebuah proposal penelitian merupakan hal yang sangat penting untuk di perhatikan, jika kamu salah memilih topik kamu akan kesulitan dalam menyusun proposal penelitian.

  1. Menyusun Judul Dengan Baik dan Benar

Setelah melakukan pemilihan topik langkah selanjutnya adalah membuat judul proposal penelitian. Ciri-ciri judul proposal yang baik dan benar adalah dapat memberikan inspirasi bagi pembaca, dapat mewakili gambaran isi pembahasan di dalam proposal penelitian, singkat padat dan jelas dan yang terakhir adalah click bait maksudnya adalah menarik perhatian pembaca sehingga pembaca tertarik untuk membaca isi dari penelitian proposal kamu.

  1. Memilih Literatur Yang Terpercaya Dan Terbaru

Langkah selanjutnya adalah memilih literatur yang terpercaya dan terbaru karena di dalam proposal penelitian yang baik dan benar tercantum literatur-literatur yang memang sudah terbukti kebenarannya selain itu literatur yang digunakan juga harus literatur yang terbaru, pada umumnya literatur yang baik memiliki waktu publish mulai 5 hingga 10 tahun terakhir. Untuk mendapat kan literatur yang sesuai dengan topik pembahasan kamu, kamu harus rajin mengunjungi situs penyedia jurnal atau berkunjung langsung ke perpustakaan.

  1. Memilih Metode Yang Digunakan Untuk Menjawab Rumusan Masalah

Yang paling penting di dalam pembuatan sebuah proposal penelitian adalah metode yang digunakan yang menjawab rumusan masalah yang sudah ditentukan sebelumnya yang didapatkan dari topik yang sudah di temukan. Pemilihan metode harus benar-benar di perhatikan agar nantinya kamu tidak kesulitan dalam menjawab rumusan masalah dan jangan sampe penelitian yang kamu buat tidak membahas topik tanpa arah dan tujuan.

Ada dua metode yang harus kamu ketahui yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif. Kuantitatif adalah penelitian yang bersifat ilmiah dan sistematis terhadap penomena yang ada. Sedangkan metode kualitatif adalah metode penelitian yang bersifat deskriptif yang cenderung menggunakan analisis.

Namun bagi kamu yang ingin mengembangkan pembahasan proposal penelitian yang lebih luas sebaiknya kamu menggunakan metode kuantitatif karena dengan metode kuantitatif kamu dapat mengembangkan kesimpulan agar dapat dibuat dengan menarik.

  1. Menggunakan Format Penulisan Yang Baik dan Benar

Format penulisan di dalam proposal penelitian cenderung tidak di perhatikan di dalam membuat proposal penelitian, namun format penulisan merupakan bagian yang sangat penting di dalam membuat proposal penelitian. Walaupun pembahasan proposal kamu lengkap namun tidak memperhatikan penulisan, proposal kamu akan terlihat berantakan dan dosen tidak akan berminat untuk memeriksanya dan kamu akan sia-sia membuat proposal.