5 Tips Keuangan Keluarga Agar Terhindar dari Kemelaratan

  • 2 min read
  • Sep 13, 2020
Tips Keuangan Keluarga

Sebenarnya salah satu kunci sukses dalam hal finansial tak lain adalah dari diri sendiri, bagaimana Anda mengelola keuangan tersebut dengan benar. Sehingga keluarga tidak sampai kekurangan, bahkan sebenarnya kondisi finansial ini juga dapat menunjang kebahagiaan di dalam hidup. Anda pastinya akan lebih bahagia jika seandainya semua yang diinginkan terpenuhi bukan. Apalagi ketika sudah membangun sebuah keluarga, maka krisis keuangan adalah hal yang benar-benar diwaspadai jangan sampai nantinya terjadi pada keluarga Anda.

Agar tidak sampai hidup melarat atau susah, maka berikut ini diantaranya tips keuangan keluarga yang agaknya bisa Anda terapkan, yaitu:

  1. Jangan takut untuk mencoba hal baru, termasuk diantaranya adalah dengan berbisnis, Anda tidak bisa selamanya hanya mengandalkan gaji yang berasal dari pekerjaan utama tersebut, apalagi sejalan dengan berjalannya waktu maka kebutuhan akan senantiasa meningkat, khususnya ketika sudah memiliki buah hati, tentunya mereka juga butuh pendidikan terbaik dan lain sebagainya. Jadi hanya dengan mengandalkan satu pekerjaan belum tentu bisa mencukupi bukan.
  2. Bijak dalam membelanjakan uang, sejalan dengan pemasukan yang bertambah, bukan berarti Anda juga dapat meningkatkan pengeluaran untuk gaya hidup. Salah satu kesalahan yang sering kali dilakukan oleh masyarakat saat ini dan hendaknya memang harus Anda hindari. Tetap pertahankan gaya hidup Anda yang dulu, bijak di dalam berbelanja dengan mempertimbangkan harga barang tersebut, carilah yang paling murah, namun tetap berkualitas.
  3. Mengevaluasi setiap pengeluaran, orang kaya selalu memiliki catatan untuk pengeluaran keuangan mereka. Berapa jumlah yang diterima atau masuk biasanya akan dibandingkan juga dengan jumlah yang keluar. Evaluasi yang dilakukan ini nantinya akan membuat mereka mengenali bagaimana posisi atau kesehatan keuangan, jika seandainya ada masalah yang terjadi maka juga akan lebih mudah mencari sumber penyebabnya dan juga solusi untuk mengatasinya.
  4. Wajib memiliki tabungan dan juga investasi, diantara hal wajib yang hendaknya juga dilakukan agar keuangan jadi semakin sehat adalah menabung, selain tabungan biasa maka mereka juga berinvestasi. Karena bagaimanapun investasi ini adalah cara untuk memutar modal atau uang Anda sehingga kelak nilainya bisa bertambah jadi lebih banyak, tanpa harus melakukan apapun, misalnya berinvestasi pada sektor properti maupun yang lainnya.
  5. Melakukan kontrol diri, sah-sah saja jika seandainya Anda berbelanja ketika ada tawaran promo atau potongan harga, namun harus tetap melakukan kontrol diri dengan sebaik-baiknya, sehingga tidak berlebihan dalam mengeluarkan uang. Khususnya pada hal-hal yang tidak begitu dibutuhkan.

Cukup terapkan tips keuangan keluarga di atas jika seandainya Anda tidak ingin hidup melarat. Gaya hidup yang sehat secara keuangan juga akan membuat Anda menjadi lebih bahagia.