Apa Saja Jenis Layanan Web Hosting yang Tersedia?

  • 2 min read
  • Jan 06, 2021
Web Hosting

Ada berbagai jenis layanan web hosting yang tersedia untuk menghosting situs web Anda. Sebelum mendaftar untuk layanan hosting web, penting untuk memahami jenis layanan yang dibutuhkan situs web Anda, jenis server yang Anda atau bisnis Anda butuhkan, anggaran Anda, dan jenis layanan apa yang ditawarkan oleh host web.

Pilihan hosting yang tersedia adalah:

  • Shared Hosting
  • Hosting Email
  • Website Builder
  • VPS Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Collocated Hosting

Shared Hosting

Di lingkungan Shared Hosting, Anda dan pemilik situs web lainnya berbagi satu server. Ini termasuk berbagi server fisik dan aplikasi perangkat lunak di dalam server. Layanan Shared Hosting terjangkau karena biaya untuk mengoperasikan server dibagi antara Anda dan pemilik lainnya. Namun, ada sejumlah sisi bawah, seperti lebih lambat.

Hosting Email

Hosting email adalah layanan yang menjalankan server email. Sederhananya, jika Anda memiliki nama domain dan menginginkan layanan email pada nama domain tersebut, Anda perlu mendaftar untuk layanan hosting email terbaik.

Sebagian besar perusahaan web hosting juga menyediakan hosting email; namun, layanan hosting email yang disediakan oleh perusahaan hosting web sebagian besar hanya memberi Anda email POP3 dan dasar-dasar perlindungan spam / virus dan fitur lainnya. Selain itu, beberapa penyedia hosting email gratis didukung iklan. Sekali lagi, jika Anda memiliki bisnis kecil atau menengah (UKM), Anda tidak boleh menjalankan email bisnis menggunakan salah satu penyedia ini karena layanan email biasanya di bawah standar dibandingkan dengan layanan hosting email profesional.

Website Builder

Layanan Website Builder adalah jenis layanan penginangan yang melayani pemula yang perlu meng-host situs web, tetapi tidak memiliki keterampilan teknis dan pengetahuan untuk membangunnya. Layanan Website Builder biasanya memberi Anda antarmuka berbasis browser online untuk membangun situs web Anda, dan juga menghosting situs web untuk Anda tanpa penyiapan tambahan apa pun.

VPS Hosting

VPS adalah singkatan dari “virtual private server”. Ini adalah mesin atau wadah virtual, artinya Anda tidak mengontrol server fisik khusus. Ini dilakukan dengan perangkat lunak hypervisor tipe 1 atau 2 (misalnya Virtuozzo atau VirtualBox) yang membagi server fisik menjadi lusinan, atau bahkan ratusan, server virtual.

Setiap server virtual dapat menjalankan OS-nya sendiri dan diberi bagian tertentu dari memori dan sumber daya penyimpanan server fisik. Anda memiliki sebagian besar fitur yang sama dari server khusus, tidak termasuk kemampuan untuk memodifikasi kernel. Setiap VPS menghosting file, database, dan pengaturannya sendiri.

Sedang mencari VPS Hosting? Berikut adalah daftar vps indonesia terbaik (selengkapnya bisa Anda simak melalui link tersebut.

Jika Anda kesulitan membayangkan cara kerjanya, pikirkan townhouse. Ada satu struktur fisik keseluruhan yang dipecah menjadi beberapa unit terpisah. Meskipun penduduk secara teknis mendiami dan mengelola daerah mereka sendiri, tidak ada dari mereka yang memiliki akses ke barang-barang pribadi atau tempat tinggal orang lain.

Dengan adanya townhouse, ada hal yang harus dibagi seperti tempat parkir. Hal yang sama berlaku untuk VPS. Data Anda adalah milik Anda untuk dikonfigurasi, tetapi beberapa sumber daya dibagikan dengan orang lain atau dibatasi untuk mengakomodasi orang lain dalam server fisik.

Dedicated Hosting

Dalam lingkungan Dedicated Hosting, Anda memiliki seluruh server web untuk Anda sendiri. Hal ini memungkinkan kinerja yang lebih cepat, karena Anda memiliki semua sumber daya server sepenuhnya, tanpa berbagi dengan pemilik situs web lain. Namun, ini juga berarti Anda akan bertanggung jawab atas biaya operasi server sepenuhnya. Ini adalah pilihan yang bagus untuk situs web yang membutuhkan banyak sumber daya sistem, atau membutuhkan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Collocated Hosting

Dalam jenis hosting ini, Anda akan membeli server Anda sendiri dan menyimpannya di fasilitas host web. Anda akan bertanggung jawab atas server itu sendiri. Keuntungan dari layanan hosting jenis ini adalah Anda memiliki kendali penuh atas server web. Anda dapat memasang skrip atau aplikasi apa pun yang Anda butuhkan.