Apa Saja Sih Manfaat Olah Fisik bagi Kesehatan Tubuh

  • 2 min read
  • Aug 19, 2021
Manfaat Olah Fisik

Ada banyak manfaat yang ditawarkan saat Anda melakukan olah fisik secara teratur seperti menjaga fungsi organ sehingga daya tahan tubuh serta stamina pun meningkat. Bahkan, dari segi kesehatan mental akan juga terjaga dengan aktivitas yang satu ini.  Sekarang ini Anda dengan mudah melakukan olahraga karena memang cukup praktis dan tidak ribet. Meski demikian, bukan berarti hal ini mudah dilakukan karena tidak sedikit yang mengabaikannya. Padahal, dengan melakukan olahraga serta aktif secara intensif dan rutin maka tubuh bisa menjadi bugar dan kesehatan akan selalu terjaga.

Manfaat Olahraga Bagi Organ Tubuh

Meskipun Anda ingin memulai olahraga bukan berarti hal ini sudah terlambat. Apalagi, jika dikaitkan dengan usia dimana faktor ini bukan penentu. Yang penting lakukan secara teratur maka tubuh akan jauh lebih kuat dan sehat. Berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan jika Anda rutin melakukan olahraga seperti :

  • Mencegah penyakit stroke dan jantung

Tahukah Anda bila melakukan olahraga secara rutin atau setidaknya 3 kali dalam seminggu maka otot jantung akan jauh lebih kuat. Selain itu, aliran darah juga menjadi lancar serta meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Enaknya lagi, kadar kolesterol jahat atau LDL juga akan menurun.

  • Mengendalikan kadar gula dalam darah

Melakukan aktivitas fisik secara teratur akan membuat kadar gula darah menjadi stabil terlebih bagi Anda yang menderita diabetes tipe 2. Selain itu, olahraga juga mampu mencegah terjadinya resistensi insulin yang bisa memicu penyakit diabetes.

  • Menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Dengan olah fisik yang tepat dan rutin bisa mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi bahkan membuatnya lebih stabil.

  • Meringankan nyeri punggung

Nyeri punggung merupakan keluhan yang kerap dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Biasanya, yang menjadi penyebabnya adalah saraf terjepit, posisi tidur yang salah, cidera dan kebiasaan jarang beraktivitas.  Nah, dengan melakukan olahraga maka penyakit tersebut bisa dicegah dikarenakan otot tubuh seperti otot punggung, kaki hingga perut akan jauh lebih kuat.

Adapun jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah Yoga, bersepeda, pilates, jalan kaki dan berenang. Namun, jika nyeri punggung tak kunjung hilang maka sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli.

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan olahraga secara teratur tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik namun mampu memberi kekuatan pada kesehatan mental seperti :

  • Suasana hati yang stabil

Dengan olahraga yang dilakukan bisa menstimulasi pembentukan zat kimia pada otak seperti endorfin dan serotonin yang pastinya akan membuat Anda merasa santai dan bahagia. Sebaliknya, jika perasaan buruk tentu saja sangat berpengaruh pada kinerja sehari hari. Jadi, jika situasi ini terjadi maka lakukan olahraga setidaknya 30 menit dengan gerakan ringan.

  • Mampu menumbuhkan rasa percaya diri

Dengan olah fisik secara teratur bisa membuat berat tubuh menjadi lebih ideal. Dimana hal ini sangat berpengaruh pada rasa percaya diri terhadap penampilan pastinya.

  • Mampu atasi stres

Salah satu manfaat dari berolahraga adalah mengurangi stres serta mencegah terjadinya depresi. Hal ini disebabkan tingkat hormon stres seperti kortisol, norepinefrin dan adrenalin bisa dikurangi. Sebaliknya, hormon serotonin serta dopamin akan meningkat yang berpengaruh pada suasana hati sehingga Anda lebih bahagia dan rileks. Bagaimana, siap untuk berolahraga atau latihan fisik secara teratur agar memberi manfaat besar bagi kesehatan tubuh?